KEHAMILAN
12 Mei 2020

Pasien COVID-19, Seorang Ibu yang Koma Melahirkan Bayi Kembar dengan Selamat

Sang ibu juga positif terinfeksi COVID-19
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Seorang ibu mengalami koma selama hari dan melahirkan bayi kembar. Kejadian langka ini terjadi di Atlanta, Amerika Serikat. Ibu tersebut bernama Monique Cook.

Mengutip Insider, hal terakhir yang diingat oleh Monique adalah dirinya yang pergi ke rumah sakit di usia kehamilan delapan bulannya, setelah mengalami kontraksi yang cepat dan sulit bernapas.

Selain itu, Monique juga diketahui dirinya positif COVID-19, dan ia dirawat di unit perawatan intensif. Baca lebih lanjut tentang kisah Monique Cook yang koma selama 5 hari dan melahirkan anak kembar ini.

Baca Juga: Tips Melindungi Diri dari COVID-19 untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Mendapatkan Hasil Tes Positif COVID-19

ibu koma melahirkan bayi kembar-2

Foto: Orami Photo Stock

Usia kehamilan Monique Cook sudah menginjak delapan bulan, dan ketika ia duduk di rumah dirinya mulai merasa seperti kesulitan bernapas. Ia pun merasa ada yang salah.

"Kontraksi saya mulai datang terpisah dua menit, jadi saya tahu ada sesuatu yang salah," katanya, mengutip Today.

Monique segera pergi ke Rumah Sakit Piedmont Atlanta, dan dirinya ditempatkan di unit perawatan intensif. Ia mengambil tes COVID-19 dan terkejut mengetahui hasilnya positif terinfeksi virus tersebut.

Baca Juga: Penelitian Tunjukkan Virus Corona Bisa Bertahan dalam Air Mani, Berikut Penjelasannya

Mengalami Koma Saat Proses Persalinan

ibu koma melahirkan bayi kembar-1.jpg

Foto: instagram.com/todayshow

Mengetahui kondisi ini, sang dokter mengatakan bahwa dia harus menjalani operasi caesar. Seseorang mengatakan kepada Monique untuk menghitung mundur dari 10, dan pandangannya memudar menjadi hitam.

Monique kemudian bangun dari koma lima hari kemudian.

"Bagian terburuk saat bangun itu, saya melihat ke bawah dan perut besar saya menghilang. Tidak ada bayi. Aku ingat bertanya, 'Di mana bayiku?' Lalu perawat muda berkata, 'Oh, bayimu, mereka baik-baik saja.'" cerita Monique.

Sebagai ibu yang koma dan melahirkan bayi kembar, Monique kemudian memberikan nama August Sky dan Angel Renee bagi kedua putri mungilnya tersebut.

Sayangnya, dengan kondisi Monique yang positif COVID-19, ia tidak bisa langsung menemui bayinya, dan suaminya, Andre, sebelum dirinya pulih dari penyakit tersebut.

Baca Juga: Dianggap Sukses, Ketahui Cara Jerman Menangani Pandemi COVID-19

Berterima Kasih kepada Para Dokter dan Perawat

ibu koma melahirkan bayi kembar-3

Foto: Orami Photo Stock

Lebih lanjut, Monique berkata bahwa dia sangat berterima kasih kepada para dokter dan perawat yang menyelamatkan hidupnya.

"Kisah ini bisa berakhir berbeda, mengetahui banyaknya kematian dari kondisi COVID-19, yang jumlahnya semakin tinggi setiap hari. Aku benar-benar selamat," ucap Monique.

Tak hanya itu, ia juga membagikan pesan yang penuh harapan kepada masyarakat di tengah pandemi.

"Orang-orang perlu tahu bahwa semua ini akan baik-baik saja. Ada kehidupan setelah ini," tutupnya.

Itu dia Moms, kisah tentang Monique Cook, seorang ibu asal Atlanta yang sempat koma dan melahirkan bayi kembar dengan selamat meskipun positif terinfeksi COVID-19.

Artikel Terkait