RESEP
12 Agustus 2019

Icip-Icip Makanan Khas Pontianak yang Menggugah Selera!

Meski namanya agak unik, rasanya sangat lezat lho
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Carla Octama

Berkunjung ke Pontianak, rasa belum lengkap jika tidak berkeliling mencoba berbagai kuliernya. Memang kota ini terkenal dengan kulinernya yang nikmat dan lezat. Bahkan saking terkenalnya, ibu kota Kalimantan Barat ini sempat diangkat dalam film Aruna dan Lidahnya, sebagai salah satu kota yang penuh dengan kuliner enak.

Kuliner tradisional Pontianak sangat beragam, baik itu karena pengaruh budaya lokal atau pendatangnya, yang menjadikan makanan tradisional dari Pontianak cukup populer dan diburu oleh para pelancong.

Bahkan di pasar-pasar modern ataupun tradisional, seringkali kita melihat kedai makan bertajuk Pontianak banyak digandrungi oleh orang-orang. Ada apa saja sih kuliner khas kota satu ini? Yuk kita intip.

Baca Juga: 7 Kuliner Khas Malang yang Sayang untuk Dilewatkan

1. Mie Kepiting

kuliner khas pontianak, pontianak

Foto: travelingyuk.com

Mie atau bakmi merupakan salah satu makanan favorit sejuta umat. Pecinta mie pasti tidak akan menolak jika disodori seporsi bakmi kepiting, lengkap dengan tambahan daging kepiting yang memang enak banget!

Meski namanya bakmi kepiting, tentu tidak hanya kepiting yang menjadi daging pelengkap makanan ini. Ada juga campuran daging lain yang membuat rasanya semakin nikmat, seperti daging ayam.

Tidak ketinggalan bakso ikan yang lezat, tambahan kwetiau, pangsit rebus atau goreng yang membuat rasanya makin kaya. Hmm, siapa yang tertarik mencoba?

2. Ce Hun Tiau

kuliner khas pontianak, pontianak

Foto: deskgram.net

Kuliner khas Pontianak lainnya yang wajib sekali dicoba adalah ce hun tiau. Meskipun namanya identik dengan panganan khas Tionghoa, menu satu ini sebenarnya merupakan minuman yang mirip dengan es cendol.

Minuman yang terbuat dari cendol khas Pontianak ini dicampur dengan ketan hitam, cincau, kacang merah, kuah santan, gula merah, dan bongko.

Tekstur ce hun tiau membal dan lembut, sehingga cocok dipasukan dengan kacang-kacangan yang memiliki tekstur sedikit kasar. Begitu dikunyah rasa gurih dan manis serta lembut akan menyeruak di dalam mulut kita.

Baca Juga: Resep Pisang Goreng Pontianak dengan Kremes Crispy

3. Choi Pan

kuliner khas pontianak, pontianak

Foto: cookpad.com

Di kota asalnya, camilan satu ini dikenal juga dengan nama Chai Kwe. Makanan ringan khas Pontianak ini teruat dari kulit yang berasal dari campuran tepung beras dan tepung tapioka, lalu diisi dengan tumisan sayur seperti bengkoang, keladi, kucai, hingga rebung. Setelahnya ditutup dan dibentuk seperti pastel lengkap dengan pinggirannya.

Utamanya choi pan disajikan dengan cara dikukus, namun banyak juga yang mencoba cara lain, seperti digoreng.

Saking terkenalnya, makanan ini sudah bisa kita temui di berbagai pasar terdekat rumah. Namun jika ingin mencicipi rasa aslinya, Moms harus berkunjung langsung ke Pontianak.

4. Pengkang

kuliner khas pontianak, pontianak

Foto: febrinaamel.wordpress.com

Meski namanya terdengar kurang familiar, kuliner satu ini memiliki rasa yang luar biasa enak. Pengkang terbuat dari bahan dasar beras ketan atau beras pulut (sebutan ketan untuk masyarakat Kal-bar).

Bentuk pengkang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan lemper di daerah Jawa, hanya isiannya yang digunakan saja yang berbeda. Uniknya, kuliner satu ini berisi udang kering yang lebih dikenal dengan Ebi. Terbayang dong gimana rasa enaknya?

Aroma gurih santan yang tercium dari pengkang, akan membuat kita sulit berhenti makan ketan satu ini.

Baca Juga: Resep Bubur Ketan Hitam untuk Takjil yang Mudah Dibuat

5. Bubur Pedas

kuliner khas pontianak, pontianak

Foto: febrinaamel.wordpress.com

Bubur pedas khas Pontianak, cocok dijadikan sebagai menu sarapan. Bubur pedas banyak disukai dan digemari oleh masyarakat lho.

Bahan dasarnya sama seperti bubur biasa, namun dengan tambahan bumbu, rempah, dan sayuran seperti daun pakis, daun kesum, dan lainnya. Bubur pedas ini dijamin akan membuat kita ketagihan.

Taburan kacang goreng dan teri goreng semakin menambah kenikmatan makanan ini.

Terlihat menarik dan enak-enak kan Moms kuliner khas Pontianak di atas. Beberapa diantaranya bisa ditemui di sekitar kita lho. Yuk, cobain Moms!

Artikel Terkait