BAYI
18 Juli 2020

5 Ide Bermain dengan Bayi Ini Bikin Betah di Rumah!

Bukan hanya menyenangkan, ide bermain dengan bayi di rumah ini juga meningkatkan kemampuan Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Dina Vionetta

Bermain dengan bayi di rumah merupakan hal yang tampak biasa saja, tapi penting untuk Moms lakukan. Dengan kemampuan yang akan terus berkembang, bayi akan terus mengeksplor lingkungan di sekitarnya.

Buah hati pun akan terus mengembangkan berbagai keterampilan bayi, seperti keterampilan bahasa, kognitif, koordinasi dan sebagainya. Si Kecil akan berkembang dengan laju yang mengejutkan.

"Antara 12 bulan dan 2 tahun, anak-anak mulai melakukan sesuatu sendiri, melihat sebab dan akibat, dan secara aktif terlibat dengan orang lain di lingkungan mereka," kata Robert Myers, Ph.D., seorang psikolog anak dan remaja, pendiri Child Development Institute, dan asisten profesor klinis Psychiatry and Human Behavior di University of California, Irvine School of Medicine.

Keterlibatan Moms sangat penting untuk menunjang perkembangan tersebut.

"Orang tua harus merangsang mereka, berinteraksi dengan mereka, mengajarkan mereka, dan mengekspos mereka untuk tantangan dan pengalaman yang sesuai dengan usianya,” jelas Robert.

Ide Bermain dengan Bayi di Rumah

Meski hanya di rumah, Moms bisa tetap mengembangkan hal tersebut. Salah satunya, dengan menggunakan ide bermain bersama bayi di rumah ini yang bisa merangsang pertumbuhan bayi.

Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention, bayi perlu dirangsang kecerdasannya sesuai dengan kemampuan dan umurnya.

Apa sajakah permainan yang bisa kita lakukan di rumah?

1. Bermain Musik

5 Ide Bermain dengan Bayi Ini Bikin Betah di Rumah -1.jpg

Foto: Pinterest.com

Buat musik menggunakan instrumen perkusi seperti mainan kerincingan, sendok, pot dan wajan, bel, simbal, dan drum.

"Temukan nada-nada yang menyenangkan untuk dimainkan yang memiliki irama yang meriah. Bermainlah bersamanya dan juga dorong dia untuk bisa bermain sendiri," kata Robert.

Dikutip dari Parents.com, keterampilan yang dipelajari lewat permainan bayi ini adalah koordinasi, keterampilan mendengarkan, dan eksplorasi musik.

2. Bermain dengan Kardus

5 Ide Bermain dengan Bayi Ini Bikin Betah di Rumah -2.jpg

Foto: Miraculove.com

Moms bisa membuat benteng dari kotak kardus, bermain terowongan, atau rumah bermain. Sertakan pintu masuk dan pintu keluar, dan dorong Si Kecil untuk masuk dan keluar yang Moms tunjukkan caranya lebih dulu.

Tingkatkan rasa ketertarikan Si Kecil dengan permainan pura-pura, seperti mengetuk pintu atau membunyikan bel pintu.

"Saya bisa duduk dengan seorang anak dengan satu blok dan menghasilkan 100 aktivitas berbeda, karena ini semua tentang bermain-main dan berinteraksi dengan mereka," jelas Roni Cohen Leiderman, Ph.D., dekan Mailman Segal Center for Human Development di Nova Southeastern University, dan penulis Let's Play and Learn Together.

Si Kecil akan mempelajari keterampilan sosial, motorik kasar, dan menjelajahi lingkungan.

Baca Juga: 6 Manfaat Permainan Sensori untuk Bayi, Yuk Coba!

3. Bicara Melalui Tabung

5 Ide Bermain dengan Bayi Ini Bikin Betah di Rumah -3.jpg

Foto: Pregnanyandbaby.com

Bicaralah melalui tabung kardus dan lihat bagaimana bayi merespons perubahan suara dengan saat berbicara normal. Biarkan Si Kecil mengambil giliran untuk melihat suara apa yang bisa dibuat.

"Anak-anak usia ini suka bermain dengan bahasa, dan kegiatan ini memberi mereka kesempatan untuk berlatih suara baru," kata Roni.

Roni menambahkan bahwa bahasa benar-benar tentang meniru suara.

Mengoceh akan berubah menjadi kata-kata nyata yang memiliki arti.

Dengan ide bermain bayi di rumah ini, Si Kecil akan mendapatkan kemampuan pendengaran, artikulasi, penambahan kosa kata, dan menunggu giliran.

4. Berjalan di Kertas Perekat

5 Ide Bermain dengan Bayi Ini Bikin Betah di Rumah -4.jpg

Foto: Pinterest.com

Potong selembar kertas perekat hingga dua meter. Lepaskan penahan dan rekatkan kertas perekat dengan sisi lengket ke atas, ke lantai atau karpet.

Kemudian biarkan Si Kecil bersenang-senang dengan berlari, melompat, menari, atau hanya berdiri di atas kertas sambil menggoyangkan jari-jari kaki mereka di permukaan yang lengket.

"Ini adalah pendekatan baru untuk mempelajari tubuh. Sangat sering kita sebagai orang tua berpikir kita harus bersenang-senang dengan aturan untuk permainan dan melakukan sesuatu secara berurutan,” kata Roni.

Moms juga dapat meletakkan mainan kecil di atas permukaan yang lengket dan membiarkan Si Kecil mencoba mengambilnya.

Ide bermain bersama bayi di rumah akan meningkatkan kesadaran sensorik, kekuatan otot, dan kesadaran tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat Bermain di Depan Kaca untuk Bayi dan Emosinya

5. Hitung Jari

5 Ide Bermain dengan Bayi Ini Bikin Betah di Rumah -5.jpg

Foto: debbieshomechildcare.com

Bayi suka menghitung jari tangan dan kakinya, jadi tunjukkan kepada si kecil cara menyentuh setiap digit hanya sekali saat Moms menghitung dengan suara keras.

“Jangan khawatir jika anak Anda tidak teratur. Anak-anak yang menghitung dengan urutan tidak penting sama seperti Anda memberinya kata-kata baru, angka adalah bagian dari kehidupan,” jelas Roni.

Untuk variasi kegiatan belajar yang berbeda, Moms bisa mengajak Si Kecil untuk menghitung tangga saat naik turun, berhitung sambil menunggu lampu berubah menjadi hijau, dan hitung gelembung yang melayang di udara.

Si Kecil akan mempelajari kemampuan keterampilan angka dasar, keterampilan korespondensi satu lawan satu.

Jadi, ide bermain bersama bayi di rumah yang mana saja yang akan Moms coba?

Artikel Terkait