RUPA-RUPA
19 Mei 2020

4 Ide Bisnis Rumahan Selama Puasa Ramadan, Modalnya Kecil Lho!

Berada di rumah tetap dapat menghasilkan uang, lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Di bulan Ramadan ini, muncul beberapa bentuk bisnis yang mungkin sudah banyak diketahui orang. Nah, Moms bisa menggunakan kesempatan ini untuk membuat bisnis rumahan saat Ramadan.

Bisnis juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya lho, Moms. Apalagi, ada opsi untuk menjadi reseller. Berikut ini beberapa rekomendasi ide bisnis rumahan selama puasa Ramadan.

Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil Selama Puasa

Mendirikan bisnis tidak harus membutuhkan modal banyak. Moms bisa berjualan dengan mengeluarkan sedikit uang, dan produk yang dijual juga tetap berkualitas.

Berikut ini ide bisnis rumahan dengan modal yang kecil saat puasa di bulan Ramadan yang patut Moms coba!

Baca Juga: Yuk, Asah Jiwa Wirausaha Anak Sejak Dini

1. Berjualan Takjil

ide bisnis rumahan selama puasa-1

Foto: Orami Photo Stock

Bulan puasa erat kaitannya dengan berjualan takjil atau makanan buka puasa. Ide bisnis ini bisa menjadi salah satu pilihan, apalagi bagi Moms yang senang mengolah bahan makanan.

Moms bisa menyesuaikan modalnya dalam menentukan kira-kira takjil apa yang akan dijual. Misalnya seperti hendak menjual es buah, es timun suri, kolak, atau bahkan berjualan makanan jajan pasar.

Jangan lupa, pastikan bahan dan produk makanan atau minuman yang dijual tetap berkualitas ya, Moms. Siapa tahu akan ada pelanggan setia yang sering membeli dagangan takjil tersebut.

2. Berjualan Kurma

ide bisnis rumahan selama puasa-2

Foto: Orami Photo Stock

Berbisnis kurma juga merupakan salah satu ide bisnis rumahan dengan modal kecil di bulan Ramadan. Buah kurma tidak hanya menjadi makanan favorit untuk dikonsumsi di bulan puasa, tetapi kurma punya banyak manfaat.

Namun perlu diingat, karena ada banyak jenis kurma yang tersedia, sebaiknya Moms pelajari terlebih dahulu kira-kira jenis kurma apa yang memiliki kualitas terbaik untuk bisa dijual.

Baca Juga: Ketahui Aturan Ibadah Ramadan Selama COVID-19 dari Kementerian Agama

3. Berjualan Peralatan Salat

ide bisnis rumahan selama puasa-3

Foto: Orami Photo Stock

Dalam mendirikan bisnis bermodal kecil di bulan Ramadan, Moms tidak harus selalu menjadi pihak pertama yang menjual produknya. Salah satu strategi lain untuk berjualan adalah dengan menjadi reseller.

Moms bisa menjadi reseller dengan menjual peralatan salat seperti sarung, sajadah, mukena, peci, dan sebagainya. Apalagi, mudahnya jadi reseller adalah Moms bisa menyesuaikan harga jual dari harga asli produk tersebut.

Pastikan menjadi reseller dari penjual utama dengan produk yang berkualitas. Moms bisa membeli beberapa produknya untuk mengetahui seperti apa kualitas produk tersebut sebelum dijual.

Baca Juga: 3 Resep Kue Kering Berbahan Sayur untuk Balita

4. Berjualan Kue Kering

ide bisnis rumahan selama puasa-4

Foto: Orami Photo Stock

Ide bisnis rumahan dengan modal kecil saat bulan Ramadan lainnya adalah berjualan kue kering. Sama seperti dengan berdagang alat salat, Moms bisa menjadi reseller untuk kue kering.

Apalagi Moms bisa berjualan kue kering dengan mengunggah foto lewat media sosial seperti Instagram, Twitter, atau Facebook. Jangan lupa buat foto semenarik mungkin untuk menarik calon pembeli.

Selain itu, berjualan kue kering juga lebih menarik karena ada ragam jenis kue yang bisa dijual. Pastikan memilih produsen produk kue yang berkualitas juga, ya, Moms.

Nah, itu dia beberapa ide bisnis rumahan selama puasa bulan Ramadan yang bisa dicoba. Meskipun harus berada di rumah, tidak menghalangi Moms untuk mendapatkan uang saat berpuasa.

Baca Juga: 5 Jenis Kue Kering untuk Lebaran, Gampang Banget Bikinnya!

Artikel Terkait