GAYA HIDUP
14 Juli 2020

Yuk, Coba 5 Ide Bisnis Rumahan Selama Pandemi COVID-19

Bisa jadi alternatif untuk mencari penghasilan saat pandemi COVID-19
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Bisnis rumahan bisa jadi alternatif untuk mencari penghasilan di tengah pandemi COVID-19. Terutama bagi Moms yang sedang mencari pendapatan sampingan ketika bekerja di rumah atau menjadi ibu rumah tangga.

Berikut ini beberapa ide bisnis rumahan saat pandemi COVID-19 yang bisa dilakukan.

Baca Juga: Hobi Yang Bisa Dijadikan Ide Bisnis

Ide Bisnis Rumahan Saat Pandemi COVID-19

Meskipun pandemi COVID-19 telah mengacaukan perekonomian Indonesia dan beberapa sektor bisnis lainnya, tetapi Moms masih bisa menjadikan masa-masa sulit ini sebagai peluang membuka bisnis rumahan yang aman dan sehat.

Berikut ini lima bisnis yang bisa Moms lakukan di rumah.

1. Frozen Food atau Makanan Beku

xx ide bisnis rumahan aman selama pandemi covid-19

Foto: Orami Photo Stock

Survei dan penelitian yang dilakukan oleh American Frozen Food Institute (AFFI) pada April 2020, menemukan bahwa jumlah permintaan untuk makanan beku alias frozen food bertambah hingga berkali-kali lipat selama pandemi COVID-19 dan diprediksi akan terus meningkat.

Tak hanya itu, ide bisnis rumahan saat pandemi ini juga mudah dimasak dan punya rasanya yang nikmat. Hal ini jadi alasan banyak orang memburu makanan beku.

Selain itu, pembuatannya pun cukup mudah dan menggunakan bahan-bahan yang sederhana juga gampang ditemui di mana saja. Moms bisa mulai dengan membuat makanan beku berupa cemilan sehat seperti risol isi sayur atau corndog yang sedang hits.

2. Minuman Kemasan 1 Liter

xx ide bisnis rumahan aman selama pandemi covid-19

Foto: Orami Photo Stock

Pandemi COVID-19 juga menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh para pengusaha makanan juga minuman.

Membuat minuman kemasan 1 liter jadi solusi para pelaku bisnis kopi, jus dan boba sebagai cara untuk meminimalisir kerugian dan bisnis tetap berjalan. Nah, ide bisnis rumahan ini juga bisa Moms praktikan saat pandemi.

Moms bisa meracik sendiri minuman kesukaan dengan kemasan 1 liter. Misalnya, Moms suka minum kopi, buatlah kopi bikinan sendiri dengan cita rasa unik dan berbeda.

Atau apakah Moms sedang mempraktikkan gaya hidup sehat? Moms bisa juga lho, membuat aneka jus dari buah dan sayuran. Jangan lupa berikan diskon kepada pembeli dengan minimal jumlah pembelian tertentu agar menarik pembeli untuk membeli kembali produk bikinan Moms.

Baca Juga: 5 Model Mukena yang Bisa Dijadikan Ide Bisnis

3. Lauk Pauk Siap Saji

xx ide bisnis rumahan aman selama pandemi covid-19

Foto: Orami Photo Stock

Apakah Moms hobi masak? Jika ya, maka ide bisnis lauk pauk siap saji ini bisa jadi alternatif pilihan untuk mendapatkan penghasilan selama di rumah saat pandemi.

Bahkan kini sudah banyak online shop yang menjual produk serupa seperti sambal cumi, oseng cumi, dan banyak makanan olahan rumahan lainnya.

Meski begitu, Moms tak perlu khawatir, mulailah dari membuat resep favorit keluarga yang sekiranya akan laris dan disukai banyak orang. Kemudian pasarkan produk melalui tetangga, teman terdekat hingga media sosial untuk jangkauan pelanggan yang lebih luas.

4. Berjualan Piyama dan Baju Tidur

ide bisnis rumahan saat pandemi-piyama.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Selama pandemi COVID-19, banyak orang menghabiskan hampir seluruh waktunya di rumah. Hal ini menyebabkan sebagian orang malas berpakaian rapi dan tentunya mencari kenyamanan dengan mengenakan baju tidur atau daster di rumah.

Kebutuhan masyarakat akan pakaian yang nyaman namun tetap trendi dan stylish meski berada di rumah kian meningkat. Moms bisa memanfaatkan momen ini untuk berbisnis piyama atau baju tidur sebagai ide bisnis rumahan saat pandemi.

Jika Moms tak bisa menjahit, tak perlu khawatir, kini banyak online shop yang menawarkan menjadi reseller dan dropship dengan potongan harga yang lumayan. Sehingga berbisnis dari rumah jadi lebih mudah dan tentunya aman.

Baca Juga: 4 Ide Bisnis Rumahan Selama Puasa Ramadan, Modalnya Kecil Lho!

5. Membuat Masker Kain

xx ide bisnis rumahan aman selama pandemi covid-19

Foto: Orami Photo Stock

Kebutuhan akan masker kain kian meningkat seiring penyebaran virus corona yang makin meluas dan belum bisa dihentikan. Karenanya, masker kain akan terus dibutuhkan dan hal ini bisa jadi ide bisnis rumahan saat pandemi COVID-19 untuk Moms coba.

Membuat masker kain pun sangat mudah dan hanya membutuhkan persediaan kain yang tidak banyak. Jika Moms memiliki sisa-sisa kain perca atau kain batik yang masih bagus namun tidak terpakai, mulailah untuk menyulapnya menjadi masker kain.

Itulah lima ide bisnis rumahan saat pandemi COVID-19 yang bisa jadi rekomendasi untuk Moms di rumah. Selamat mencoba!

Artikel Terkait