RESEP
23 Juni 2019

Ide Menu Makan Siang Anak yang Bisa Dibuat dengan Cepat

Sederhana dan mudah untuk disiapkan
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Menyiapkan makan siang untuk anak di sekolah merupakan salah satu hal yang wajib Moms lakukan sebagai salah satu cara untuk menghindari gangguan kesehatan pada anak.

Si Kecil bisa saja diberi uang jajan untuk makan siang, namun belum tentu bersih dan higienis kan?

Oleh sebab itu, membekalinya dengan makan siang adalah hal yang tepat. Namun hal ini bisa jadi sedikit merepotkan jika Moms adalah seorang ibu bekerja.

Tenang Moms, jangan khawatir. Di bawah ini ada beberapa rekomendasi menu makan siang anak yang bisa dibuat dengan cepat. Silahkan dicoba!

Baca Juga: 3 Bekal Sehat dan Praktis Saat Menitipkan Anak di Daycare

1. Madu, Selai Almond, dan Pisang

makan siang sehat untuk anak

Foto: parenting.com

Rekomendasi menu makan siang anak yang bisa dibuat dengan cepat yang pertama adalah roti isi madu, selai almond, dan pisang. Menu ini merupakan perpaduan yang bagus untuk bekal makan siang anak.

Caranyanya, siapkan 2 iris roti gandum, olesi salah satunya dengan selai almond atau selai kacang. Lalu iris pisang dengan tipis dan letakkan di atas selai.

Kemudian untuk irisan roti satunya, olesi dengan madu, kemudian satukan dengan bagian roti yang lain. Tada, sandwich roti dengan madu, selai, dan pisang pun siap disantap.

2. Buah Pir dan Avokad

makan siang sehat untuk anak, bekal anak

Foto: parenting.com

Rekomendasi menu makan siang anak yang bisa dibuat dengan cepat yang selanjutnya adalah roti isi pir dan avokad. Meski jarang terdengar, pir dan avokad bisa jadi perpaduan yang menggoda, lho.

Pertama-tama haluskan setengah potong buah alpukat dengan cara diblender agar cepat. Lalu tambahkan sedikit lemon dan berikan sedikit garam serta lada sebagai perasa.

Oleskan selai alpukat yang sudah siap pada dua iris roti secara merata. Iris tipis buah pir, dan letakkan di atas selai avokad. Tutup dengan menggabungkan keduanya dan menu makan siang sehat untuk anak.

Baca Juga: 4 Makanan yang Harus Dihindari Pada Menu Bekal Sekolah Anak

3. Stroberi dan Keju Kambing

makan siang sehat untuk anak, bekal anak

Foto: parenting.com

Rekomendasi menu makan siang anak yang bisa dibuat dengan cepat yang selanjutnya adalah roti isi stroberi dan keju kambing.

Untuk rotinya, Moms bisa menggunakan roti manis, roti bulat yang bisa dengan mudah kita temui di supermarket, atau croissant. Selanjutnya bagi roti menjadi dua, olesi keduanya dengan keju kambing atau krim kocok.

Sebagai isiannya, tambahkan selai stroberi lengkap dengan irisan buah stroberinya. Satukan keduanya, anak pun siap menyantap makan siang sehat.

4. Sandwich Salad Telur

makan siang sehat untuk anak, bekal anak

Rekomendasi menu makan siang anak yang bisa dibuat dengan cepat yang selanjutnya adalah sandwich salad telur. Sandwich ini bisa Moms sajikan dengan roti gandum.

Pertama-tama rebus dua buah telur. Setelahnya, haluskan kedua buah telur rebus jika sudah matang, campurkan dengan mayo atau yogurt tawar, garam, dan merica secukupnya.

Oleskan pada roti gandum, makan siang sehat dengn telur pun siap disantap.

Baca Juga: Nasi Bakar Ikan Peda, Bekal Praktis Untuk Anak

5. Mini Pizza

makan siang sehat untuk anak, bekal anak

Foto: thegirlonbloor.com

Rekomendasi menu makan siang anak yang bisa dibuat dengan cepat yang selanjutnya adalah pizza mini. Si Kecil pasti akan senang jika dibekali dengan pizza mini.

Moms bisa menyiapkan saus marinaranya di malam hari, untuk menghemat waktu di pagi harinya. Moms bisa menggunakan roti manis yang bulat, atau menggunakan roti tawar lalu dibentuk bulat.

Olesi roti dengan saus marinara, Moms bisa tambahkan brokoli kukus atau bayam dalam saus marinaranya. Taburkan parutan keju mozarella dibagian atasnya. Panggang dengan suhu 350 derajat celcius selama 5 menit.

Itulah beberapa rekomendasi menu makan siang anak yang bisa dibuat dengan cepat. Rekomendasi menu makan siang anak yang bisa dibuat dengan cepat ini juga bisa Moms lengkapi dengan camilan ringan seperti biskuit asin, kacang berprotein, gummies, atau buah-buahan segar favoritnya.

Selamat mencoba!

Artikel Terkait