NEWBORN
27 September 2019

7 Ide Nama Bayi Laki-laki Terinspirasi dari Ilmuwan dan Sastrawan

Buah hati adalah anugerah dan nama adalah doa
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Orami

Lahirnya buah hati merupakan momen paling berharga bagi para orang tua.

Setiap orang tua sebelumnya pasti telah mempersiapkan segala kebutuhan Si Kecil, hingga daftar nama pun telah dipersiapkan. Layaknya doa, orang tua akan pasti ingin memberikan nama yang bermakna bagi anaknya.

Dilansir dari Boldsky, orang tua perlu memiliki pertimbangan sebelum memberikan nama seperti pengucapan nama, keunikan nama, ejaan yang tepat, hingga arti dari nama yang telah dipilih.

Pemilihan nama juga dapat diambil dari nama-nama orang yang berpengaruh terhadap perkembangan dunia. Berikut ini merupakan ide nama bayi laki-laki yang terinspirasi dari ilmuwan dan sastrawan dunia.

1. Sanai

Ide Nama Bayi Laki-laki Terinspirasi dari Ilmuan dan Sastrawan.jpg

Nama Sanai dapat menjadi ide nama bayi laki-laki yang memiliki makna baik, yakni kecerdasan atau kecemerlangan.

Sanai merupakan salah satu penyair yang karya-karyanya memiliki pengaruh besar terhadap sastra Persia-Muslim.

Abu Al-Majd Majdud Sanai merupakan nama lengkapnya. Semasa mudanya, Sanai dianggap sebagai penyair madah (pujian).

Sanai menjadi penyair pertama yang menggunakan qasidah (ode), ghazal (lirik), dan Masnawi (kuplet berirama) yang mengekspresikan ide-ide filosofis, mistis, dan etika tasawuf. Karya-karyanya mengajarkan berbagai kebaikan.

Nah, nama Sanai ini menjadi ide yang bagus untuk nama bayi laki-laki agar menebarkan kebaikan.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Mengenai Growth Spurt Pada Bayi

2. Farabi

Ilmuwan serba bisa, begitulah sosok Al-Farabi dikenal. Ia juga diakui sebagai filsafat Muslim yang sangat mumpuni.

Kiprah, jasa, dan dedikasinya menjadikan ia menjadi filsuf dan ilmuwan terbaik pada masanya. Al-Farabi juga didaulat sebagai Aristoteles kedua.

Di dunia barat ia lebih dikenal dengan sebutan Alpharabius. Namanya dapat menjadi inspirasi bagi anak laki-laki, agar memiliki kemampuan serba bisa seperti Al-Farabi.

3. Haruki

Ide Nama Bayi Laki-laki Terinspirasi dari Ilmuan dan Sastrawan 2.jpg

Haruki memiliki makna yang indah, yakni cahaya matahari. Nama bayi laki-laki ini menjadi inspirasi yang cukup menarik dan memiliki makna yang baik.

Haruki dapat menjadi pilihan yang tepat agar anak mengalami masa-masa cemerlang seperti sastrawan asal Jepang ini.

Baca Juga: 10 Nama Anak Laki-laki Terinspirasi dari Alam

4. Tsabit

Nama Tsabit memiliki arti ‘tetap’. Tsabit merupakan salah satu ilmuwan yang menemukan penemuan penting seperti ilmu eksak dan juga merupakan penulis buku dari Composition of Ratio mengenai rasio kuantitas geometri. Nama bayi laki-laki ini dapat menjadi pilihan yang baik agar anak dapat tumbuh menjadi sosok yang cerdas.

5. Rumi

Ide Nama Bayi Laki-laki Terinspirasi dari Ilmuan dan Sastrawan 3.jpg

Seperti salah satu nama anak laki-laki dari penyanyi Maia Estianty, Jalaludin El-Rumi. Nama ini merupakan bentuk lain dari nama Rumy yang memiliki arti yang berkata indah tentang Tuhan.

Nama yang indah bukan? Sudah dapat ditebak dari namanya, Rumi diambil dari nama seorang penyair sufi yang tersohor, hingga karya-karyanya telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa di dunia.

Nama bayi laki-laki ini tentu menjadi pilihan yang baik untuk orang tua yang menginginkan anak-anaknya memiliki pandangan yang luas, cerdas dengan tetap mengingat Tuhan.

Baca Juga: Religius, Ini 10 Inspirasi Nama Anak Laki-laki Islam dengan Awalan Huruf A

6. Razi

Nama ini terinspirasi dari nama seorang ilmuwan asal Persia, Zakariyya Ar-Razi. Ia terkenal mahir di bidang kedokteran yang berhasil menjadi penulis buku pertama mengenai campak, alergi, cacar, dan imunologi.

Razi dalam bahasa Arab memiliki arti kepuasan. Para orang tua yang ingin anaknya memiliki kemampuan dalam bidang medis, dapat menggunakan nama ini layaknya doa.

7. Nizami

Ide Nama Bayi Laki-laki Terinspirasi dari Ilmuan dan Sastrawan 4.jpeg

Nizami merupakan salah satu nama bayi laki-laki yang terinspirasi dari seorang penyair terkenal, Nizami Ganjavi.

Ia merupakan penyair romantis dari Persia dengan pengetahuannya yang luas dalam berbagai bidang seperti matematika, astronomi, hingga botani.

Bagi para orang tua yang ingin memiliki anak dengan sikap manis namun juga berpengetahuan luas, nama ini menjadi doa yang baik untuk anaknya.

(PSF/ERW)

Artikel Terkait