DI ATAS 5 TAHUN
7 Juni 2019

4 Ide Permainan Balita di Pantai Supaya Liburan Makin Seru!

Tetap perhatikan aturan keselamatan saat bermain di pantai ya, Moms
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Saat menikmati liburan dengan segarnya suasana tepi laut, sayang sekali rasanya kalau Si Kecil tidak mencoba berbagai permainan balita di pantai.

Apalagi menurut Sandra Crosser Ph.D., profesor di Ohio Northern University, suasana pantai bukan hanya cocok untuk mendorongnya bergerak aktif, tapi juga bermanfaat bagi berbagai aspek perkembangan balita.

Yuk Moms, coba beberapa permainan balita di pantai berikut supaya liburan makin seru!

Baca Juga: Berencana Libur Lebaran ke Pantai Dengan Bayi? Perhatikan Hal ini

1. Berburu Barang

Permainan Balita di Pantai

Untuk Si Kecil yang usianya lebih dari 2 tahun, permainan balita di pantai yang bisa dicoba adalah menjelajah berburu barang.

Berbekal tas atau ember kecil, Moms bisa mengajak buah hati berkeliling pantai sambil mencari barang sesuai dengan kriteria tertentu. Misalnya saja, 3 buah kulit kerang, 2 benda segitiga, 5 buah koral, dan semacamnya.

Permainan balita di pantai ini juga bisa memberikan banyak manfaat, seperti menambah kosakata, mengenalkan angka, bentuk, dan warna, juga menambah pengetahuan tentang berbagai hal seputar kehidupan laut dan pantai.

Baca Juga: 5 Tips Agar Liburan Ke Pantai Bersama Balita Tetap Aman dan Menyenangkan

2. Menggambar di Pasir

Permainan Balita di Pantai

Dengan hamparan pasir pantai yang begitu luas, sayang sekali kalau tidak mengajak Si Kecil menggambar dengan ukuran jauh lebih besar dari biasanya ya, Moms?

Selain bisa dilakukan dengan bantuan ranting atau sekop, permainan balita di pantai ini juga bisa jadi aktivitas sensori yang menyenangkan bila dilakukan dengan jari, kedua tangan, bahkan kaki.

Menggambar di pasir bukan hanya menenangkan, tapi juga membantu melatih koordinasi mata dan tangan, mengendalikan otot halus, juga menstimulasi indera balita.

3. Main Layangan

Permainan Balita di Pantai

Permainan balita di pantai berikutnya adalah layangan. Mumpung ada angin yang berhembus kencang di pantai dan tidak ada halangan kabel listrik atau bangunan, bermain layangan bisa jadi pilihan seru untuk balita yang umurnya sudah lebih dari 3 tahun.

Tentu saja bermain layangan harus tetap sambil didampingi orang dewasa ya, Moms. Supaya tambah seru, Moms bisa mengajak buah hati menempelkan ekor panjang beraneka warna di bagian bawah layangan.

Menurut Samir Becic dalam bukunya ReSYNC Your Life, bermain layangan di pantai juga baik untuk kesehatan mata dan kemampuan motorik balita lho, Moms.

Baca Juga: Yuk Intip, 6 Artis yang Sering Liburan ke Pantai

4. Membuat Istana Pasir

Permainan Balita di Pantai

Liburan di pantai memang terasa kurang lengkap tanpa membuat istana pasir, baik dengan tangan kosong maupun dengan bantuan sekop, ember, dan alat lain.

Selain menstimulasi sensori, permainan balita di pantai ini juga memberikan manfaat bermain konstruktif, seperti mengasah motorik halus, kemampuan pemecahan masalah, melatih fokus dan konsentrasi, juga mengembangkan imajinasi dan kreativitas.

Yang pasti, saat melakukan permainan balita di pantai Moms tetap harus memperhatikan aturan keselamatan agar Si Kecil tetap aman dan senang. Apalagi ya Moms, permainan yang seru untuk dimainkan di pantai bersama balita?

(WA/INT)

Artikel Terkait