SELEBRITI
30 September 2019

Iis Dahlia Kehilangan Uang Rp225 Juta di Safety Box Hotel, Ini 5 Cara Aman Bawa Uang Saat Traveling

Membeli tas anti curi bisa menjadi investasi yang baik, terutama bila sering bepergian

Sumber: instagram.com/isdadahlia

Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kejadian tidak mengenakkan terjadi pada Iis Dahlia, yang kala itu sedang berada di London, Inggris. Iis Dahlia kehilangan uang yang ia simpan di safety box (brankas) hotel tempat ia menginap.

"Jadi uang aku 15.000 USD (sekitar Rp210 juta) dan Rp15 juta tuh hilang. Uangnya disimpan di safety box (brankas) kamar hotel," kata Iis Dahlia mengutip Kompas.com.

Selain itu, Iis Dahlia juga mengaku kesal karena pihak hotel tempatnya menginap, tidak mau bertanggung jawab atas uangnya yang hilang tersebut.

Mengutip USA Today, berikut tips aman membawa uang saat traveling agar tidak mengalami risiko uang hilang atau dicuri dan dicopet.

Baca Juga: 5 Tips Super Penting Sebelum Traveling ke Luar Negeri

1. Gunakan Uang Alternatif

kartu kredit.jpg

Moms bisa menggunakan jenis uang alternatif lain seperti e-money untuk keperluan menggunakan transportasi umum. Terutama di negara maju, yang sudah tidak menggunakan transaksi tunai.

Dengan cara ini, Moms akan mengurangi peluang kehilangan dompet yang bisa terjadi ketika sedang jalan-jalan.

2. Bawa Tas Anti Curi

tas anti curi.jpg

Membeli tas anti curi dapat menjadi sebuah investasi penting, terutama bila Moms sering melakukan kegiatan traveling.

Beberapa tas ini dirancang khusus dengan fitur-fitur seperti tali bahu yang diperkuat dengan kabel baja, kain tahan banting, dan ritsleting yang sulit dibuka, yang dapat memperlambat pencuri.

Baca Juga: Cara Menghemat Uang tanpa Mengorbankan Gaya Hidup

3. Bagi Uang di Tempat Berbeda

tips bawa uang aman.jpg

Jika memungkinkan, bagi uang saat traveling dan kartu kredit ke beberapa tempat aman. Bila Moms menaruh uang dan kartu kredit di tempat sama, keduanya akan langsung hilang sekaligus.

Moms dapat menerapkan ide ini dengan menyimpan sejumlah uang di tas lain, atau di kantong pakaian yang aman dan tidak terbuka.

Dengan begitu, skenario terburuk jika tas hilang atau direnggut, Moms masih memiliki cukup uang untuk ke kantor polisi atau kembali ke hotel.

4. Singkirkan Kartu-kartu yang Tidak Perlu

tips bawa uang aman-2.jpg

Moms mungkin menyimpan banyak kartu-kartu anggota di dompet, tetapi tentu saja hal ini tidak diperlukan ketika sedang traveling.

Sebelum pergi, luangkan waktu untuk memeriksa dompet dan menyingkirkan semua kartu kecuali yang dibutuhkan, seperti kartu kredit, kartu identitas, kartu asuransi, dan yang lainnya.

Baca Juga: Ketika Anak Diam-Diam Mengambil Uang Orangtua

5. Beradaptasi dengan Budaya Uang Lokal

tips bawa uang aman-3.jpg

Karena setiap negara punya budaya masing-masing dalam bertransaksi uang, kenali dulu jenis transaksi apakah yang kerap dipakai di negara tersebut.

Ada negara yang lebih mengandalkan penggunaan uang tunai dan koin, dan jarang menggunakan kartu kredit. Tetapi pada negara yang lebih maju, lebih sering melakukan transaksi cashless.

Penting juga untuk melakukan penukaran uang, karena di beberapa negara, dolar AS adalah mata uang sekunder resmi atau tidak resmi.

Nah, itu dia 5 cara aman membawa uang saat traveling ke luar negeri. Semoga perjalanan menjadi lebih menyenangkan ya, Moms!

Artikel Terkait