RUPA-RUPA
13 Juni 2019

Ikuti 5 Cara Mudah Agar Tidur Nyenyak di Malam Hari Ini, Yuk

Kualitas tidur yang baik itu penting lho. Makanya pastikan kita bisa tidur dengan nyenyak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline
Disunting oleh Dina

Tidur nyenyak sama pentingnya dengan olahraga teratur dan diet yang sehat. Kualitas tidur yang buruk akan mengganggu kinerja olahraga dan fungsi otak. Selain itu juga dapat menyebabkan berat badan bertambah dan meningkatkan risiko gangguan kesehatan pada orang dewasa dan anak-anak

Secara langsung kualitas tidur juga akan mempengaruhi kesehatan mental dan fisik kita. Oleh karena itu kita perlu mendapatkan kualitas tidur yang baik. Namun sayangnya banyak orang yang mengalami susah tidur. Mungkin salah satunya kita.

Tenang, ada beberapa cara mudah yang bisa Moms lakukan agar tidur nyenyak dengan mudah. Penasaran? Yuk cari tahu.

Baca Juga: 4 Rahasia Tidur Nyenyak Saat Perjalanan Jauh

1. Coba Terapkan Pola Tidur yang sama Setiap Hari

tidur nyenyak, tidur nyaman

Salah satu cara terbaik yang dapat kita lakukan adalah menerapkan pola jam tidur yang sama setiap harinya. Coba untuk tidur pada jam yang sama setiap harinya dan bangun tidur dengan jam yang sama juga setiap hari.

Usahakan pilih jam tidur di mana tubuhmu sudah benar-benar kelelahan setelah beraktivitas seharian. Jika waktu tidur yang di dapat sudah cukup, maka kita akan terbiasa bangun tanpa alarm. Tetapi jika masih memerlukan alarm, berarti butuh tidur di jam yang lebih awal.

2. Hindari Tidur Siang

tidur nyenyak, tidur nyaman

Agar tidur nyenyak di malam hari, hindari untuk melakukan tidur siang. Hal ini bisa menjadi faktor penyebab jam tidur kita terganggu. Biasanya bila kita sudah tidur siang, maka jam tidur malam kita akan mundur.

Tetapi jika tidak dapat menahan rasa kantuk, berilah waktu 15-20 waktu untuk tidur siang. Jangan terlalu lama ya.

Baca Juga: Normal atau Bahaya, Apa Penyebab Bayi Mendengkur Saat Tidur?

3. Lawanlah Kantuk setelah Makan Malam

tidur nyenyak, tidur nyaman

Bila sehabis menyantap makan malam tubuh terasa kantuk, jangan duduk saja. Berdiri dan lakukan aktivitas apa saja untuk menghilangkan rasa kantuk agar tidur nyenyak pada waktunya.

Moms bisa mencuci piring, menelepon keluarga atau teman, atau mempersiapkan kebutuhan anak dan suami untuk keesokan hari.

4. Hindari Minum Kopi di Sore Hari

tidur nyenyak, tidur nyaman

Ketika dikonsumsi sore hari, kopi akan merangsang sistem saraf dan dapat menghentikan tubuh kita dari relaksasi alami di malam hari. Kandungan kafein pada kopi dapat bertahan hingga 8 jam lamanya, sehingga kita akan tetap terjaga tanpa rasa kantuk.

Jika membutuhkan kopi di sore atau malah hari, Moms bisa mengonsumsi kopi tanpa kafein agar tidur nyenyak nantinya.

5. Optimalkan Kenyamanan Kamar Tidur

tidur nyenyak, tidur nyaman

Banyak orang percaya bahwa suasana kamar tidur merupakan salah satu kunci penting agar kita dapat tidur dengan nyenyak. Termasuk tingkat suhu kamar, lampu tidur pendukung, suara-suara, dan pengaturan posisi furniture.

Untuk memaksimalkan suasana kamar yang nyaman, coba minimalisir agar suara-suara di luar tidak masuk ke kamar. Pastikan kamar kita tenang, santai, bersih, dan tempat yang nyaman.

Baca Juga: Susah Tidur? Hadirkan 5 Tanaman Ini Di Kamar Tidur Agar Bisa Tidur Nyenyak

Itu dia beberapa cara efektif yang bisa Moms lakukan untuk mendukung kira mendapat kualitas tidur yang baik. Selamat berkreasi Moms!

(AWD)

Artikel Terkait