KESEHATAN
13 September 2019

Ikuti Cara Ini untuk Menghilangkan Kapalan di Kaki

Kulit kaki yang menebal dan mengalami kapalan jelas tidak menyenangkan dilihat. Berikut ini beberapa cara yang bisa menghilangkan kapalan di kaki!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ryo

Kapalan alias kalus adalah kondisi yang umum dialami orang-orang. Tidak peduli usia dan jenis kelamin. Bekas luka yang kadang menyakitkan dan kurang menarik dilihat ini, sulit hilang dan kadang menjelma jadi cacat.

Sekadar info, Moms. Kapalan muncul iritasi dan tekanan yang terjadi secara terus-menerus di area kulit tertentu. Dan biasanya dalam waktu menahun. Kebiasaan rutin yang berulang-ulang bisa menyebabkan kapalan. Semisal, menggunakan sepatu sempit, menulis dengan pulpen, dan bermain gitar.

“Penyebab lain bisa juga disebabkan oleh kulit yang terlalu kering, atau kekurangan lapisan lemak pada kulit. Biasanya sih, alasan ini yang memunculkan kapalan di kalangan lansia,” kata dokter kulit Nada Elbuluk, MD, FAAD, asisten profesor dermatologi, NYU Langone Medical Center.

Baca Juga: 5 Penyebab Kapalan di Kulit

Bagaimana Gejala Kapalan Pada Kulit?

dry-and-cracked-soles-of-feet-on-white-background-157437956-5bfd7dee46e0fb005182040a.jpg

Foto verywellhealth.com

Beberapa gejala kapalan adalah sebagai berikut!

  • Kulit mengeras dan tumbuh benjolan.

Kulit sebenarnya elastis, tapi akan berubah jika terkena kapalan. Area yang terkena akan menebal, menjadi keras, dan membentuk tumpukan kulit keras yang menyerupai benjolan.

  • Kulit menebal dan kasar.

Jika kulit mengalami kapalan, area tersebut akan mengalami penebalan kulit yang signifikan. Selain menebal, area yang mengalami kapalan akan terasa lebih kasar daripada kulit di sekitarnya.

  • Timbul rasa nyeri dibawah kulit.

Pada kondisi tertentu, di bawah kulit yang mengalami kapalan akan terasa nyeri. Terasa saat beraktivitas.

  • Muncul cairan dan terasa sakit.

Kapalan yang telah mengalami infeksi biasanya akan terasa sakit. Sering diikuti munculnya cairan bening atau nanah, dan bisa menyebar ke area sekitarnya. “Hindari untuk memecahkan kalus karena bisa menyebabkan infeksi lebih berat.Segera ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat,” terang Dr Elbuluk.

  • Kulit terkelupas.

Kapalan yang telah menahun suatu saat bisa terkelupas. Namun, biasanya kulit akan tumbuh lagi dan kembali menebal seperti semula.

Baca Juga: Kulit Kapalan? Atasi dengan Batu Apung!

Cara Menghilangkan Kulit Kapalan

$_57.PNG

Foto: picclick.com

  • Rendam kaki dalam air hangat. Lakukan ini selama sekitar 5-10 menit atau hingga kulit melembut.
  • Gosok bagian kulit yang kapalan dengan batu apung. Pertama-tama celupkan batu apung ke dalam air hangat, dan kemudian gunakan batu itu dengan lembut untuk menggosok kulit. Gunakan gerakan memutar atau menyamping untuk menghilangkan sel kulit mati.
  • Oleskan losion atau krim pelembap ke daerah tersebut setiap hari. Cari losion atau krim pelembap dengan asam salisilat, amonium laktat, atau urea. Bahan-bahan ini akan membantu melunakkan kapalan secara bertahap.
  • Gunakan bantalan atau pelapis. Untuk melindungi kapalan dari iritasi lebih lanjut selama aktivitas, gunakan bantalan atau semacam plester. Hal ini dapat mengurangi gesekan dan mencegah kapalan kontak langsung dengan sepatu.
  • Kenakan sepatu dengan ukuran yang tepat.

Kapalan di kaki akan berangsur sembuh jika dirawat dengan baik. Namun, jika Moms memiliki gangguan yang tidak terselesaikan, langsung saja

Baca Juga: Coba Cara Ini untuk Hilangkan Kapalan di Tangan

(RYO/DIN)

Artikel Terkait