NEWBORN
5 Juli 2019

Infeksi Jamur pada Puting saat Menyusui, Bagaimana Mengatasinya?

Yogurt dapat membantu menangani jamur pada tubuh
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Infeksi jamur pada puting saat menyusui adalah kondisi yang tidak terlalu berbahaya, tetapi tentunya membuat Moms merasa tidak nyaman.

Jamur bahkan masih dapat berkembang setelah menyusui selama berminggu-mninggu atau berbulan-bulan. Kondisi ini ditandai dengan gejala awal seperti kemerahan pada puting yang biasanya terasa gatal dan dapat mengelupas.

Jika puting payudara Moms terkena infeksi jamur, dokter tidak menyarankan untuk berhenti menyusui. Sebaliknya, dokter dan ahli laktasi menyarankan agar Moms melakukan perawatan yang tepat untuk mengatasinya.

Beberapa cara yang dapat Moms lakukan untuk mengatasi infeksi jamur pada puting payudara adalah sebagai berikut ini:

Baca Juga: Meminimalisir Puting Lecet Karena Menyusui

1. Hindarkan Puting dari Kondisi Lembab

Infeksi Jamur Pada Puting Saat Menyusui, Bagaimana Mengatasinya 1.jpg

foto: momlovesbest.com

Menurut Laleche.org.uk, hal pertama yang penting dilakukan saat mengatasi infeksi jamur pada puting payudara adalah dengan menjaganya tetap kering, idealnya di antara waktu menyusui.

Dianjurkan pula untuk sementara waktu menghindari penggunaan breast pad. Jika terpaksa harus tetap menggunakannya, segera buang breast pad sekali pakai yang Moms gunakan atau segera cuci breast pad yang dapat digunakan kembali dan keringkan dengan suhu tinggi.

2. Oleskan Krim Antijamur

Infeksi Jamur Pada Puting Saat Menyusui, Bagaimana Mengatasinya 2.jpg

foto: getridofthings.com

Infeksi jamur pada puting payudara yang cukup serius dianjurkan untuk menggunakan krim antijamur. Moms dapat mengoleskan krim antijamur seperti mycostatin, clotrimazole, dan myconazole ke puting payudara Moms sebagaimana yang disarankan atau diresepkan oleh dokter.

3. Gunakan Handuk Terpisah

Infeksi Jamur Pada Puting Saat Menyusui, Bagaimana Mengatasinya 3.jpg

foto: bobvila.com

Selama mengalami infeksi jamur pada puting payudara, Moms juga perlu menggunakan handuk terpisah dengan setiap anggota keluarga yang tinggal serumah dengan Moms.

Jika tidak memungkinkan, setidaknya handuk untuk Moms dan Si Kecil tidak boleh digunakan oleh anggota keluarga lain.

Selain itu, sering-seringlah mencuci handuk menggunakan air dengan suhu sekitar 60 derajat Celcius.

Moms juga dapat menggunakan handuk kertas sebagai alternatif untuk mengeringkan tangan sebelum memegang payudara dan segera membuangnya setelah selesai.

Baca Juga: 4 Penyebab Puting Lecet dan Cara Agar Tetap Bisa Menyusui Si Kecil

4. Konsumsi Yogurt untuk Membantu Mempercepat Penyembuhan

Infeksi Jamur Pada Puting Saat Menyusui, Bagaimana Mengatasinya 4.jpg

foto: aarp.org

Dikutip dari Askdrsears.com, dokter anak William Sears menyarankan agar Moms yang terserang infeksi jamur pada puting payudara lebih banyak mengonsumsi yogurt. Yogurt dapat membantu mendorong bakteri baik yang hidup di dalam susu untuk mencegah pertumbuhan jamur di bagian tubuh yang lembab.

5. Jangan Lupa Mencuci Tangan

Infeksi Jamur Pada Puting Saat Menyusui, Bagaimana Mengatasinya 5.jpg

foto: today.com

Mencuci tangan dengan baik dan benar merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh seluruh anggota keluarga, terutama setelah mengganti popok Si Kecil atau menggunakan toilet. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum menyusui. Pastikan pula untuk mencuci tangan Si Kecil.

6. Hubungi Dokter untuk Mendapatkan Saran dan Resep Pengobatan

Infeksi Jamur Pada Puting Saat Menyusui, Bagaimana Mengatasinya 6.jpg

foto: parents.com

Jika infeksi jamur pada puting payudara resisten terhadap perawatan standar seperti yang dijelaskan di atas, segera hubungi dokter.

“Temui dokter dan biarkan dia membuat rekomendasi perawatan. Jangan mencoba membeli produk anti jamur yang dijual bebas di pasaran dan mengobati sendiri infeksi Moms,” kata dokter anak Audrey Naylor, MD., seperti dikutip dari Webmd.com.

“Meskipun beberapa produk (anti jamur dan pengobatan infeksi) aman untuk digunakan saat menyusui, yang lain tidak. Hanya dokter yang tahu pasti apa yang tepat untuk Moms dan Si Kecil,” tambahnya.

Baca Juga: Puting Payudara Gatal, Apa Penyebabnya?

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi infeksi jamur pada puting payudara. Jangan lupa konsultasikan dengan dokter ya!

(RGW)

Artikel Terkait