KESEHATAN
14 Desember 2017

Info Buat yang Hobi Begadang, Ini Manfaat Tidur Cukup dan Berkualitas

Kalau kata lagu Rhoma Irama, jangan begadang kalau tiada artinya
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Siapa diantara Moms yang suka begadang? Mungkin memang karena berbagai alasan Moms begadang, entah karena pekerjaan menumpuk, atau mengurus Si Kecil.

Namun, untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, tidur cukup merupakan salah satu syarat utama. Agar manfaat tidur berkualitas dapat dirasakan optimal, tubuh minimal butuh delapan jam sehari untuk tidur, Moms.

Waktu Tepat Untuk Mendapatkan Tidur Berkualitas

shutterstock 524513014

Selain itu, tidur memiliki beberapa fase waktu yang penting untuk tubuh. Contohnya, tidur pukul 9-11 malam penting untuk metabolisme tubuh, sedangkan pukul 11-1 malam penting untuk peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Pada dini hari, pukul 1-3 merupakan fase tidur terdalam yang penting untuk detoksifikasi hati dan jantung. Tidur pada pukul 3-5 berguna untuk pelepasan racun di paru-paru. Sementara itu, pukul 5-7 pagi adalah waktu bagi usus untuk mengoptimalkan aktivitasnya.

Jam-jam tidur ini juga memiliki pengaruh penting pada keseimbangan emosi seorang manusia. Agar bisa merasakan semua manfaat tersebut, tidurlah pada pukul 9-11 malam dan bangunlah pada pukul 5-7 pagi.

Baca Juga : 8 Kebiasaan Sehat Sebelum Tidur

Manfaat Tidur Cukup dan Berkualitas

shutterstock 80758018

Selain mengetahui fase perbaikan tubuh saat tidur, Moms juga perlu tahu manfaat tidur itu sendiri. Tidur memiliki banyak sekali manfaat seperti meningkatkan memori, mengurangi stres, memperoleh berat badan ideal, menjauhkan Moms dari depresi, dan bahkan juga memengaruhi kualitas hidup. Bila tidur Moms cukup, maka aktivitas sehari-hari bisa dilakukan dengan baik.

Tak hanya itu, tidur juga meningkatkan daya ingat, lho. Saat tidur, terjadi proses yang dinamakan konsolidasi, dimana Moms memperkuat ingatan Moms atapun "melatih" keterampilan yang Moms pelajari ketika beraktivitas seharian.

Selain itu, tidur juga memengaruhi kualitas hidup. Menurut Director of Sleep Medicine dan Associate Director of Critical Care di St. Luke’s-Roosevelt Hospital Center New York, Raymonde Jean, MD, banyak hal baik yang orang dapatkan ketika tidur. Jika kita memiliki kualitas tidur yang lebih baik, maka pastinya akan memiliki kehidupan yang lebih baik pula.

Nah, untuk Moms yang ingin diet, tidur cukup juga membantu lho untuk menurunkan berat badan. Kok bisa?

Ternyata para peneliti dari University of Chicago menemukan bahwa orang-orang yang melakukan diet dan tidur cukup tenyata berhasil menurunkan lemak lebih banyak, 56% dari jumlah penurunan berat badan mereka dibandingkan dengan mereka yang kurang tidur, dimana lebih banyak kehilangan massa otot.

Selain itu, jika Moms begadang, maka akan lebih merasa lapar di malam hari, karena tidur dan metabolisme dikontrol di sektor yang sama di dalam otak. Ketika Moms mengantuk, hormon tertentu akan naik ke dalam darah, begitu pula hormon yang mendorong nafsu makan.

(SER/CAR)

Artikel Terkait