2-3 TAHUN
14 November 2017

Ingin Anak Sukses di Masa Depan? Latih 5 Karakter Ini Sejak Dini

Sejumlah sifat yang melekat pada balita ini akan membuatnya tangguh di masa depan
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

Banyak yang bilang kesuksesan bisa terlihat dari langkah pertama anak saat masih bayi. Meskipun hal itu tidak selamanya benar, memang ada beberapa faktor kesuksesan yang dapat terlihat sejak dini.

Salah satu faktor ini adalah karakter balita yang akan membentuk cara ia bertindak dan bersikap terhadap masalah sendiri maupun orang lain.

Para ahli juga berpendapat bahwa karakter yang dimiliki oleh balita akan terbawa hingga ia dewasa nanti, jadi benar-benar harus diperhatikan.

Nah, agar Si Kecil dapat tumbuh sukses di masa depan, yuk latih 5 karakter berikut ini mulai sekarang!

1. Joei de Vivre

Dalam bahasa Perancis, joei de vivre mempunyai arti menikmati hidup, baik dalam keadaan senang maupun susah. Dalam perjalanan menuju dewasa, Si Kecil pasti akan merasakan banyak sekali rasa kecewa, sedih, marah, hingga rasa senang.

Ini akan melatih karakter balita untuk selalu bersyukur, tidak mudah putus asa, dan pantang menyerah mencari cara untuk memecahkan masalah. Sejak dini, ajarkan padanya bahwa ada berbagai rasa , dan sudah sepantasnya kita menikmati setiap rasa yang didapatkan.

Baca Juga: Karakter Anak di Usia 0-5 Tahun

2. Tangguh

Karakter tangguh berarti dia tidak mudah menyerah, dan terus mencari solusi saat dihadapkan oleh banyak masalah. Mom bisa mengajarkan karakter tangguh ini dengan cara membiarkan Si Kecil memecahkan masalahnya sendiri, baik saat bermain maupun saat beraktivitas.

Saat Mom mengajarkan balita untuk tangguh, nantinya dia dapat berpikir secara realistis dan fleksibel saat mencari solusi yang ada. Dia juga tidak akan mudah mengeluh, terus gigih dan pantang menyerah sebelum menemukan jalan keluarnya.

3. Disiplin Diri

Tanpa adanya disiplin diri, seseorang akan sulit mencapai sukses yang diimpikan. Karakter balita yang satu ini akan membuatnya dapat mengontrol jalan kehidupannya saat dewasa kelak, agar bisa meraih kesuksesan. Pembentukan karakter ini juga sangat bermanfaat untuk membuat balita lebih fokus saat dia sedang belajar.

Untuk melatih karakter balita ini, Mom bisa mulai dari hal sederhana seperti merapikan tempat tidur setelah bangun tidur atau menaruh sepatu pada tempatnya sebelum masuk ke dalam rumah. Kebiasaan kecil yang dipupuk secara rutin manfaatnya akan terus terasa hingga dia dewasa nanti.

Baca Juga: Hati-hati! Kekerasan Dapat Merusak Karakter Anak

4. Jujur

Sampai kapanpun, kejujuran adalah salah satu kualitas pribadi yang sangat bernilai, bahkan seringkali dihargai lebih mahal daripada uang. Agar bisa menjadi pribadi sukses di masa depan, karakter balita yang jujur harus dipupuk sejak kecil.

Untuk melatih kejujuran balita, Mom bisa mulai dengan tidak memarahinya saat ia melakukan kesalahan. Sebagai gantinya, berikan ia pemahaman mengenai hal yang dilakukannya, serta ditambah sedikit hukuman bila memang diperlukan. Cara seperti ini akan mendorongnya untuk jujur dan mengakui saat melakukan kesalahan di masa depan.

Baca Juga: Ini Ciri-ciri Mental Orang Kaya

5. Menghormati dan Kasih Sayang

Karakter menghormati dan belas kasih mutlak diperlukan agar balita tumbuh dewasa dengan kepribadian baik, bisa berempati, dan peduli pada sesama. Cara paling efektif untuk mengajarkan karakter balita ini sejak dini adalah dengan memberikan contoh nyata.

Sejak kecil biasakan balita untuk mencium tangan orang tua, memberi salam saat akan masuk ke rumah, serta menggunakan bahasa yang sopan. Mom juga bisa mengajaknya ikut berbagi dengan orang lain, seperti memberikan pakaian dan mainan bekas pada orang lain yang membutuhkan.

Membentuk karakter balita memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu waktu dan tenaga ekstra agar karakter positif dapat melekat pada pribadinya hingga dewasa nanti.

Baca Juga: 4 Kecemasan yang Kerap Dialami Orang Tua Baru

Setelah melihat beberapa karakter balita di atas, mana yang sudah dimiliki Si Kecil?

(WA)

Artikel Terkait