PROGRAM HAMIL
28 September 2020

5 Posisi Berhubungan Agar Dapat Memiliki Bayi Kembar, Bisa Dicoba!

Posisi seks berdiri ini dipercaya memungkinkan Moms hamil bayi kembar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Banyak sekali pasangan yang mendambakan hamil anak kembar, bahkan tak sedikit dari mereka yang melakukan program hamil untuk mendapatkan bayi kembar. Moms bisa mencoba posisi berhubungan agar dapat bayi kembar.

Dari kalangan artis pun sudah banyak yang berhasil mengikuti program hamil bayi kembar ini. Memiliki bayi kembar memang sangat menggemaskan ya, Moms.

Memiliki anak kembar memiliki kelebihan. Tentu saja, tidak dapat disangkal bahwa memiliki dua bayi dalam waktu bersamaan jauh lebih berat daripada memiliki satu bayi pada satu waktu.

Tapi bayangkan bagaimana Moms bisa menghindari rasa sakit saat hamil sekali lagi. Jika pemikiran Moms sejalan dengan hal ini dan ingin memiliki kebahagiaan berlipat, maka memiliki bayi kembar bisa jadi pilihan.

Sayangnya, untuk mendapatkan kehamilan kembar tentunya tidak semudah yang dibayangkan, apalagi jika kita tidak memiliki faktor genetik baik dari Moms ataupun Dads.

Dikutip dari jurnal Genetics Home Reference, genetik menjadi salah satu faktor kehamilan kembar tidak identik.

Melalui sebuah penelitian, ditemukan bahwa beberapa gen spesifik pada manusia telah dikaitkan secara pasti dengan hiperovulasi atau kemungkinan peningkatan kembaran kembar tidak identik dari dua sel telur.

Lalu Jika Moms atau Dads memiliki saudara kembar, kemungkinan untuk hamil anak kembar akan tinggi, dan bisa mencoba posisi berhubungan agar dapat bayi kembar ini.

Moms akan memiliki kemungkinan hiperovulasi yang lebih tinggi (melepaskan dua sel telur selama proses ovulasi). Beberapa gen spesifik bergabung dengan hiperovulasi dan dengan demikian meningkatkan frekuensi kembar non-identik.

Selain genetik, faktor-faktor tertentu yang dapat memengaruhi peluang memiliki anak kembar fraternal adalah sebagai berikut:

Baca Juga: 7 Penyebab Program Bayi Tabung Gagal

1. Etnis atau Ras

Tidak hanya mengetahui posisi berhubungan agar dapat bayi kembar, dari mana Moms dan Dads berasal juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap peluang memiliki anak kembar.

Orang Asia dan Hispanik memiliki lebih sedikit peluang untuk memiliki anak kembar, sedangkan orang Afrika sangat besar kemungkinannya untuk menghasilkan anak kembar, diikuti oleh orang Eropa.

2. Jenis Tubuh (Tinggi dan Berat)

Ya, mungkin hal ini terdengar aneh, tetapi wanita yang lebih tinggi lebih mungkin hamil anak kembar daripada wanita yang pendek. Selain itu, wanita yang lebih gemuk memiliki peluang lebih tinggi daripada wanita yang lebih kurus.

Wanita yang memiliki pola makan bergizi baik memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk hamil anak kembar daripada mereka yang memiliki diet rendah lemak dan rendah.

Sebuah studi penelitian yang diterbitkan oleh American College of Obstetrics and Gynecology menyatakan bahwa peningkatan angka kelahiran kembar disebabkan oleh peningkatan angka obesitas.

Ditemukan bahwa wanita dengan indeks massa tubuh (BMI) 30 ke atas lebih cenderung menghasilkan anak kembar. Ini berlaku hanya untuk saudara kembar fraternal

3. Usia Ibu

Selain mengetahui posisi berhubungan agar dapat bayi kembar, kesempatan Moms untuk memiliki bayi kembar atau lebih meningkat dengan bertambahnya usia.

Ini karena wanita di atas 35 tahun menghasilkan lebih banyak FSH (follicle stimulating hormone) dibandingkan wanita yang lebih muda.

Hormon ini memungkinkan ovarium melepaskan sel telur untuk ovulasi. Semakin tinggi kadar hormon, semakin banyak telur yang dilepaskan selama ovulasi, sehingga menghasilkan banyak janin.

4. Lebih Banyak Kehamilan

Jika Moms pernah mengalami kehamilan ganda sebelumnya, kemungkinan besar Moms akan melahirkan anak kembar. Kemungkinan anak kembar juga bisa meningkat dengan meningkatnya jumlah kehamilan.

Namun, jika tidak memiliki keturunan hiperovulasi ini, banyak juga yang mendamakan anak kembar.

Maka, tak heran pasangan yang sangat mendambakan bayi kembar melakukan program kehamilan yang memungkinkan yaitu melalui proses bayi tabung (IVF). Namun selain itu, bisa juga dengan posisi seks lho, Moms.

Baca Juga: 9 Posisi Seks untuk Orgasme Maksimal, Perlu Dicoba!

Posisi Berhubungan Agar dapat Bayi Kembar

Moms sudah mengetahui faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan hamil bayi kembar.

Tapi, tidak ada hal yang tidak mungkin ya Moms. Keberuntungan bisa saja menghampiri Moms dan Dads yang mendambakan bayi kembar.

Sebagai permulaan, Moms dan Dads bisa mencoba posisi berhubungan agar dapat bayi kembar berikut ini.

Dilansir dari laman Steemit, posisi seks hanya membantu hal yang pasti akan memaksimalkan peluang yang akan memastikan bahwa sperma langsung masuk ke dalam telur dengan sedikit hambatan atau tanpa hambatan, melepaskan dua telur, atau membelah satu telur.

1. Doggy Style

posisi seks agar hamil bayi kembar 2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Doggy style termasuk dalam posisi berhubungan agar dapat bayi kembar. Hal ini dikarenakan saat Dads mengalami orgasme pada posisi ini, leher rahim Moms berada pada posisi yang sangat dekat dengan banyak sperma yang mencari sel telur.

Moms harus memposisikan diri membungkuk dan pasangan melakukan penetrasi dari belakang. Posisi seks ini juga merupakan posisi bercinta yang paling diminati agar cepat hamil.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, gaya seks ini menjamin penetrasi yang dalam dan membantu sperma semakin mendekati telur.

2. Standing Position

posisi seks agar hamil bayi kembar 3.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ada satu posisi yang dikenal sebagai posisi "pintu macet", yang melibatkan kita dan pasangan saling berhadapan dan menahan diri di pintu. Ini juga menjadi posisi berhubungan agar dapat bayi kembar.

Dengan satu sisi menopang punggung Moms, angkat satu kaki ke atas saat suami akan memasuki kita. Hal ini tidak hanya merangsang kesenangan, tetapi juga memungkinkan penetrasi yang dalam, yang dapat meningkatkan kemungkinan kehamilan kembar

Mengapa? Karena posisi ini sangat memudahkan sperma mudah masuk ke dalam sel telur.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengonsumsi Buah Zuriat Agar Cepat Hamil?

3. Posisi Misionaris

posisi seks agar hamil bayi kembar 4.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Posisi ini merupakan posisi paling umum yang banyak digunakan setiap pasangan, posisi paling sederhana ini tak hanya menjadi posisi berhubungan agar dapat bayi kembar, tetapi bisa mencapai keberhasilan kehamilan.

Sebab, jika Moms berbaring telentang dan vagina dimiringkan ke bawah menuju serviks, hal ini mempermudah sperma masuk melalui serviks dan ke dalam rahim. Jadi memungkinkan sperma masuk lebih banyak.

Menempatkan bantal di bawah panggul saat bersenggama dalam posisi misionaris dapat meningkatkan kemiringan vagina dan berpotensi memperbaiki penetrasi, menurut ahli endokrin reproduksi Anate Brauer, MD

4. Side by Side

posisi seks agar hamil bayi kembar 5.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Penetrasi ini dilakukan dengan posisi menyamping saling bersebelahan dan bisa mencapai penetrasi lebih dalam, posisi ini juga nyaman dan rileks bagi Moms dan Dads.

Karena itu, posisi side by side juga termasuk dalam posisi berhubungan agar dapat bayi kembar.

Penetrasi lebih dalam ini sangat memungkinkan terjadinya pembuahan dan memungkinkan Moms hamil bayi kembar, karena serviks akan lebih mudah didekati oleh sperma.

5. Posisi Penetrasi dari Belakang

posisi seks agar hamil kembar

Foto: Orami Photo Stock

Jika pasangan melakukan penetrasi dari belakang saat Moms berbaring tengkurap, berlutut, atau menyamping, peluang hamil berpotensi meningkat karena sperma terejakulasi lebih dekat ke serviks.

Tips ini bukan sembarangan, lho, melainkan seperti yang dipublikasikan dalam Journal of Sex & Marital Therapy.

Sebenarnya menurut laman Closeronline tidak ada posisi seks yang benar-benar membantu mendapatkan anak kembar. Kecuali Moms dan Dads bisa menemukan beberapa posisi yang melibatkan melepaskan dua telur, atau membelah satu telur.

Keberhasilan besar posisi berhubungan agar dapat bayi kembar akan tercapai jika Moms memiliki faktor genetik keluarga dengan kehamilan kembar atau Moms melakukan program kehamilan kembar.

Baca Juga: Sebelum Melakukan Program Bayi Tabung, Ibu Hamil Wajib Pahami Dulu 5 Hal Ini

Peluang Lain untu Meningkatkan Hamil Anak Kembar

peluang meningkatkan hamil bayi kembar

Foto: Orami Photo Stock

Sembari mencoba posisi seks untuk hamil anak kembar, ada juga tumbuhan tertentu yang membantu meningkatkan kesuburan, khususnya dengan pembuahan kembar atau kelipatan, yaitu seperti di bawah ini.

1. Minyak Evening Primrose

Minyak primrose terkenal dengan khasiat peningkat kesuburannya selama berabad-abad. Ini membantu dalam mempromosikan produksi lendir serviks yang sehat yang mengalir di saluran reproduksi.

Lendir yang sehat memungkinkan sperma bertahan lebih lama di dalam ovarium. Dianjurkan untuk mengambil minyak evening primrose pada saat puncak menstruasi dan melanjutkannya hingga ovulasi.

2. Licorice

Ramuan manis ini mengatur siklus menstruasi dan memudahkan Moms melihat hari-hari ovulasi kita. Licorice membantu dalam mengontrol tingkat hormon testosteron dan estrogen, sehingga mendukung seluruh proses pembuahan.

3. Minyak Biji Rami

Minyak biji rami memiliki kemampuan hebat untuk meningkatkan kesuburan pada wanita dan meningkatkan peluang Moms untuk hamil anak kembar secara alami.

Ini mengatur produksi hormonal dan mempertahankan siklus menstruasi yang teratur. Ini memastikan keseimbangan hormon progesteron dan estrogen yang tepat.

4. Singkong Manis

Ini adalah suplemen herbal paling efisien, yang dikenal karena pengaruhnya terhadap kesuburan. Ini meningkatkan peluang kita dan pasangan memiliki anak kembar dengan sifat hiper-ovulasi.

Fitoestrogen ampuh yang ada dalam singkong membantu mengatur hormon wanita.

Tapi tidak semua posisi berhubungan agar dapat bayi kembar dan tanaman herbal bisa berhasil membantu Moms hamil anak kembar.

Namun, tidak menutup kemungkinan juga bahwa bisa berhasil. Jadi Moms tetap bisa berusaha dan berdoa, karena tidak ada hal yang tidak mungkin kan, Moms? Selamat mencoba!

Artikel Terkait