NEWBORN
15 Desember 2017

Ingin Membuat Makanan Bayi Sendiri? Ini Manfaat dan Langkah Mudahnya

Membuat makanan bayi sendiri tidak hanya lebih ekonomis, tetapi juga lebih sehat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (andia.ratna)
Disunting oleh (andia.ratna)

Membuat makanan bayi sendiri bisa menjadi kegiatan yang mengasyikkan lho, Moms. Selain mendorong Moms untuk bisa membuat kreasi makanan bayi yang kreatif setiap harinya, aktivitas ini juga memiliki beragam manfaat. Dengan cara yang tepat, Moms juga akan merasakan bahwa membuat makanan bayi sendiri ternyata tak sesulit yang dibayangkan.

Manfaat Membuat Makanan Bayi Sendiri

Menurut Gina Shaw, seorang jurnalis kesehatan senior di Washington, D.C, ada beberapa keuntungan yang diperoleh sang Moms ataupun buah hati saat Moms memutuskan membuat makanan bayi sendiri, yaitu:

  • Moms bisa mengetahui secara persis jenis nutrisi dan makanan yang dikonsumsi si kecil.
  • Lebih ekonomis dan hemat.
  • Moms bisa memilih beragam jenis buah atau sayuran sesuai dengan kebutuhan dan rasa yang ingin dihasilkan.
  • Membuat buah hati terbiasa mengonsumsi jenis makanan yang sama seperti anggota keluarga lainnya dalam bentuk bubur.

Langkah Mudah Dalam Membuat Makanan Bayi Sendiri

Untuk memaksimalkan manfaat tersebut, Moms bisa menerapkan beberapa langkah mudah untuk membuat makanan bayi sendiri setiap harinya tanpa perlu repot. Para ahli nutrisi, dokter hingga bidan yang tergabung dalan Medical Advisory Board merekomendasikan beberapa langkah berikut yang bisa Moms ikuti saat menyiapkan makanan bayi:

  1. Memilih Alat Memasak Makanan Bayi yang Tepat

Si kecil memiliki sistem pencernaan yang belum sempurna sehingga membutuhkan asupan makanan dengan tekstur lembut. Alat memasak yang tepat dapat membantu Moms menghaluskan tekstur makanan dengan lebih cepat. Anda bisa menyiapkan alat berikut:

  • Blender atau food processor
  • Penggiling makanan serba guna yang bisa diputar dengan tangan dan dilengkapi mata pisau yang berbeda
  • Garpu khusus yang bisa digunakan untuk menghancurkan alpukat, kentang, dan pisang
  1. Memilih Bahan Makanan Bayi yang Terbaik

Pilihlah buah-buahan dan sayuran terbaik yang masih segar dan bebas pestisida. Moms bisa membeli beragam jenis buah dan sayuran seperti aprikot, avokad, pisang, mangga, wortel, kacang, hingga ubi jalar yang sangat baik untuk kesehatan dan pencernaan si kecil.

  1. Siapkan Makanan Secara Tepat

Untuk menyiapkan makanan bayi secara sempurna, cucilah semua jenis bahan hingga bersih dan terbebas dari zat kimia maupun bakteri. Moms bisa menerapkan teknik merebus, mengukus, hingga memanggang, tetapi pastikan tekstur makanan yang dihasilkan tetap lembut dan mudah dicerna dengan melakukan tahap penggilingan atau penghancuran makanan dengan tepat. Cobalah beragam resep makanan bayi sehat yang dirancang oleh para ahli nutrisi untuk menyajikan menu yang menggoda selera.

Baca juga: 3 Resep MPASI Pertama Untuk Bayi 6 Bulan
  1. Cermat Saat Menyajikan Makanan Bayi

Untuk menyajikan makanan bayi secara tepat, Moms harus memastikan suhu makanan tidak lebih tinggi daripada suhu tubuh si kecil. Selain itu, pastikan juga untuk menyediakan porsi yang tepat dan hindari menghangatkan atau memasukkan makanan yang sudah terkontaminasi air liur si kecil ke dalam lemari es.

Apakah saat ini Moms sedang bersemangat untuk mencoba berbagai resep makanan bayi dan membuatnya sendiri di rumah? Yuk, berbagi resep makanan bayi di kolom komentar di bawah ini.

(ARK)

Artikel Terkait