2-3 TAHUN
19 September 2017

Ingin Membuat Si Kecil Semakin Pintar? Kenalkan Saja dengan 6 Aktivitas Hobi Ini!

Mulai dari belajar bahasa sampai bermain catur
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Apa Mama pernah mendengar kalau hobi adalah salah satu jalan menuju sukses di masa depan? Hobi yang dijalani dengan tekun sedari kecil bukan hanya akan bermanfaat saat anak berusia balita, tapi akan terus membantunya hingga ia dewasa nanti. Hmm… tapi apa Mama sudah tahu cara membentuk hobi balita?

Karena kecerdasan spasial yang masih terbatas pada usianya, balita belum mengerti apa itu hobi. Tapi sebagai orang tua, Mama bisa mengarahkan si kecil agar memiliki hobi yang bermanfaat dan sekaligus membuat si kecil semakin pintar. Yuk, kita lihat apa saja hobi yang baik untuk balita!

  1. Menulis dan Membaca

ingin membuat si kecil semakin pintar kenalkan saja dengan 7 aktivitas hobi ini! 1

Foto: i.huffpost.com

Sudah tidak diragukan lagi kalau hobi menulis dan membaca akan membawa manfaat yang sangat besar. Saat si kecil membaca buku dan menulis, secara langsung dia akan menambah pengetahuan umum serta kosakata yang dimilikinya. Selain itu, membaca juga akan melatih otaknya untuk memproses informasi yang masuk dengan cepat.

Baca juga: 5 Aktivitas untuk Mempersiapkan Balita Belajar Menulis
  1. Aktivitas Fisik

ingin membuat si kecil semakin pintar kenalkan saja dengan 7 aktivitas hobi ini! 2

Foto: novakdjokovicfoundation.org

Tak hanya membuat tubuhnya sehat, hobi yang menyangkut aktivitas fisik seperti basket, menari, atau bela diri juga akan membuat kerja otak balita semakin optimal. Riset bahkan membuktikan bahwa balita yang sering melakukan aktivitas fisik lebih pintar dan lebih bahagia dibandingkan yang tidak. Aktivitas fisik yang rutin dilakukan juga akan membuat fungsi otak semakin optimal, membuatnya bekerja lebih cepat dan efisien.

  1. Bermain Alat Musik

balita main musik

Foto: Shutterstock

Si kecil mulai menunjukkan ketertarikannya pada musik? Wah, sebaiknya Mama segera memberikan dukungan dengan mengajari si kecil bermain alat musik. Sebab, aktivitas ini bisa membuat perkembangan fungsi dan struktur syaraf otak balita menjadi lebih sempurna.

  1. Bermain Video Games

ingin membuat si kecil semakin pintar kenalkan saja dengan 7 aktivitas hobi ini! 4

Foto: i.huffpost.com

Memang masih banyak orang tua yang anti dengan video games, padahal dengan permainan yang sesuai dan porsi waktu yang pas, balita bisa jadi semakin pintar lho, Ma. Bertolak belakang dengan pendapat negatif orang kebanyakan, video games juga punya manfaat seperti meningkatkan atensi dan memperkuat fokus mata balita. Belum lagi, dengan video games si kecil juga akan belajar multi-tasking, berpikir logis, serta meningkatkan kemampuan visuospasial.

Psst, saat ini pemain video game profesional adalah profesi yang sangat dihargai dalam dunia e-sport dan punya pendapatan yang luar biasa besar, lho, Ma. Bahkan gosipnya, e-sport akan jadi salah satu cabang yang dipertandingkan pada Asian Games 2022!

  1. Belajar Bahasa

balita belajar bahasa

Foto: Shutterstock

Para orang tua bilingual sadar betul kalau belajar bahasa akan membawa banyak sekali manfaat bagi anaknya kelak. Proses belajar bahasa baru akan meningkatkan kemampuan kognitif sekaligus memperkuat kinerja syaraf di otak balita. Pendeknya, belajar bahasa baru akan membuat si kecil dapat memproses informasi dengan sangat cepat.

  1. Bermain Catur

balita main catur

Foto: Shutterstock

Catur adalah salah satu jenis permainan kompleks yang membutuhkan koordinasi otak di atas rata-rata. Saat bermain catur, bukan hanya skill kognitif dan kemampuannya dalam membuat keputusan yang akan berkembang, tapi juga akan menstimulasi otak untuk berpikir kritis, logis, dan terukur.

Daripada hanya menghabiskan waktu luang dengan bermain gadget, Mama bisa mulai kenalkan berbagai jenis kegiatan positif yang kelak bisa menjadi hobi bermanfaat saat balita dewasa nanti. Kira-kira hobi apa yang cocok untuk balita Mama?

(WA)

Artikel Terkait