NEWBORN
8 Maret 2019

Ingin Mengajari Bayi Berenang? Perhatikan 6 Hal Berikut

Banyak manfaatnya untuk Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Mungkin Moms hobi berenang dan belakangan ini sangat ingin mengajak S Kecil untuk ikut bermain-main di kolam renang.

Berenang memang memiliki beberapa manfaat yang cukup signifikan, seperti mengatasi asma. membuat anak lebih bahagia, dan memiliki IQ tinggi. Tetapi apakah berenang aman untuk bayi? Bisakah Moms mengajari bayi berenang sejak usianya saat ini?

Dalam artikel ini, Moms bisa menemukan hal-hal penting yang perlu diketahui seputar mengajari bayi berenang. Apa saja hal penting tersebut? Yuk simak ulasan yang ada di bawah ini!

1. Kapan Bayi Boleh Mulai Diajari Berenang?

1 renangbaby

Dewan Keamanan Nasional AS merekomendasikan usia yang diperbolehkan untuk mulai mengajak bayi berenang adalah minimal 6 bulan.

Namun, kurangnya penelitian tentang usia yang sesuai untuk berenang kemudian mendorong orang tua membawa bayinya ke kolam renang sebelum usia yang direkomendasikan.

Sebenarnya, pada usia 6 bulan, Si Kecil sudah bukan lagi bayi baru lahir dan ia sudah memiliki ketangkasan otot yang jauh lebih kuat, seperti kemampuan untuk berguling atau duduk tanpa dukungan.

Selain itu, dengan mempertimbangkan faktor perkembangan bayi, maka usia 6 bulan dinilai merupakan waktu yang paling tepat untuk mulai mengajari bayi berenang.

2. Bayi Tidak Bisa Berenang Sendiri

2 renangbaby

Bayi tidak bisa berenang sendiri, sehingga membutuhkan bantuan Moms saat berada di air.

Bayi memiliki serangkaian refleks neonatal yang membuatnya nyaman berada di kolam renang, tapi refleks ini umumnya hilang setelah bayi berusia 1 bulan.

Bayi tidak secara fisik berkembang untuk berenang dan tidak bisa berenang secara mandiri, bahkan meskipun ia menghabiskan banyak waktu di kolam renang (sering diajak berenang).

Baca Juga: Ingin Anak Jago Berenang? Yuk Intip Rekomendasi Sekolah Renang Untuk Anak

3. Selalu Periksa Suhu Air di Kolam Renang

3 renangbaby

Jika tidak menggunakan kolam pribadi di rumah, sebaiknya telepon terlebih dahulu pengelola kolam renang yang akan Moms gunakan untuk memastikan suhu air kolamnya sudah sesuai untuk bayi.

Suhu air kolam renang yang baik untuk bayi setidaknya 30°C (bayi berusia lebih dari 12 minggu atau memiliki berat badan minimal 5 kg) dan di atas 32°C jika usianya lebih muda atau berat badannya lebih rendah.

Jika bibir dan kuku bayi mulai membiru, segera keluar dan bungkus tubuh Si Kecil menggunakan handuk, karena itu menandakan air kolam tidak cukup hangat.

4. Berapa Lama Bayi Boleh Berenang?

4 renangbaby

Tidak ada waktu pasti, tetapi durasi yang ideal adalah antara 15-20 menit. Waspadai tanda-tanda ketidaknyamanan yang ditunjukkan Si Kecil, seperti rewel dan mengigil.

Jika ia tampak kesal, segeralah ajak keluar dari air. Jangan lupa untuk menerapkan langkah-langkah keamanan saat berada di dalam kolam bersama bayi.

5. Gunakan Peralatan Bayi Berenang yang Tepat

5 renangbaby

Popok renang sekali pakai dirancang sedemikian rupa sehingga jika basah tidak akan mengembang untuk menyerap cairan seperti popok biasa.

Moms juga bisa mendapatkan penutup popok untuk mencegah kebocoran.

Jika Moms khawatir buah hati akan kedinginan saat berada di air, Moms bisa membeli pakaian renang khusus bayi yang dilengkapi dengan pelampung bawaan.

Baca Juga: Gemas! Ini 7 Foto Bayi Artis Sedang Berenang

6. Ajari Setahap Demi Setahap

6 renangbaby

Santai saja saat mengajari bayi berenang. Mulailah dengan duduk di tepi kolam bayi, pegang dan tunjukkan air kepada Si Kecil.

Kemudian perlahan-lahan ajak masuk ke dalam kolam, jaga intensitas kontak mata dan berbicaralah dengan tenang sementara Moms memegangnya dengan lembut di bawah ketiak Si Kecil.

Sangat penting bagi Moms untuk tetap tenang dan positif untuk membuatnya nyaman sekaligus mau menerima apa yang Moms ajarkan.

Demikianlah beberapa hal yang penting untuk Moms perhatikan saat mengajari bayi berenang.

Nah, Moms berencana mengajari Si Kecil langsung ke kolam renang atau cukup mulai dengan di fasilitas berenang yang ada di baby spa?

(RGW)

Artikel Terkait