KEHAMILAN
8 Juli 2020

Ingin Tetap Segar Selama Kehamilan? Simak Tipsnya Yuk Moms!

Yuk lakukan Senam Segar Mama!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, biasanya tubuh akan mengalami perubahan yang cukup terlihat dan signifikan ketika salama kehamilan. Biasanya memang, perubahan yang sering terjadi adalah pada bagian terluar tubuh Moms yaitu kulit, sehingga Moms tampak tidak segar selama kehamilan.

Namun bukan hanya kulit saja lho Moms yang mengalami perubahan saat hamil. Perubahan fisik dan bentuk tubuh pun bisa mungkin terjadi, misalnya seperti punggung terasa nyeri, berat badan bertambah, sampai cairan tubuh yang mengalami retensi.

Jangan panik ya Moms, karena semua gejala seperti di atas adalah hal yang normal terjadi pada semua Moms yang hamil. Kalau dibiarkan pun biasanya akan menghilang sendiri setelah Moms melahirkan.

Tetapi banyak juga dari Moms yang menginginkan untuk tetap segar selama kehamilan bukan? Lalu bagaimana caranya? Simak ya penjelasan di bawah ini, Moms!

Baca Juga: Ini 5 Jenis Olahraga yang Direkomendasikan Selama Kehamilan

Tetap Segar Selama Kehamilan: Diimbangi dengan Olahraga

segar selama kehamilan

Foto: medicalnewstoday.com

Makan makanan bergizi saja tidak cukup lho Moms, untuk membuat tubuh terasa dan terlihat segar selama kehamilan. Disarankan Ibu hamil melakukan olahraga minimal 150 menit per minggu pada kondisi kehamilan yang stabil.

Menurut jurnal Exercise in Pregnancy yang dipublikasikan dalam UN National Library of Medicine National Institute of Health, dijelaskan bahwa berolahraga mempunyai manfaat dalam periode kehamilan. Manfaat tersebut seperti kenaikan berat badan Moms dan janin yang tepat dan juga mengelola diabetes gestasional.

Masih menurut jurnal yang sama, olahraga dalam usaha tetap segar selama kehamilan juga efektif mencegah diabetes gestasional, preeklampsia, atau depresi perinatal sesudah kehamilan.

Yuk, Lakukan Senam Segar Mama di Rumah!

segar selama kehamilan

Foto: mamamia.com.au

Olahraga selama 150 menit per minggu bisa Moms lakukan dengan gerakan-gerakan yang tepat. Gerakan-gerakan yang disebut Senam Segar Mama yang tentunya dapat memberikan rasa segar selama kehamilan.

Apa saja gerakan Senam Segar Mama yang bisa Moms lakukan sendiri di rumah? Simak ya, Moms:

Mencegah Kaki Kram

Caranya:

  • Duduklah di atas matras, luruskan kedua kaki Moms, pergelangan tangan di samping, sejajar dengan bahu.
  • Gerakan telapak kaki kiri ke depan sambil buang napas. Gerakan ke belakang, tarik napas. Ulangi untuk sisi lainnya.
  • Lakukan sebanyak 3 set, 8 repetisi ya Moms.

Manfaatnya: Melatih otot pergelangan kaki dan otot betis. Mengurangi rasa lelah dan menghindari terjadinya kram di telapak kaki dan betis.

Mencegah Nyeri Pada Punggung dan Pinggang

Caranya:

  • Buatlah posisi meja di atas matras dengan punggung kaki ke bawah dan tangan tegak lurus. Tarik perut Moms ke atas dan pandangan ke bawah. Buang napas.
  • Pandangan ke depan. Turunkan perut, tarik napas, lemaskan otot-otot dinding perut.
  • Ulangi sebanyak 3 set, 8 repetisi

Manfaatnya: Melatih kekuatan dan kelenturan otot perut juga pinggang agar tak mudah mengalami nyeri pinggang dan badan terasa segar selama kehamilan.

Baca Juga: Atur Pola Makan Selama Kehamilan Dengan 4 Cara Ini

Mencegah Kekakuan Leher

Caranya:

  • Berdiri tegak, buka kaki selebar bahu, letakkan kedua tangan di belakang kepala. Gerakkan kepala secara perlahan ke arah bawah, tahan hingga 8 hitungan.
  • Letakkan kedua tangan di bawah dagu lalu tahan. Gerakkan kepala ke atas, lalu tahan 8 hitungan.
  • Letakkan tangan kanan di telinga kiri, lalu gerakkan kepala ke arah kanan secara perlahan ke arah bawah, tahan hingga 8 hitungan.

Manfaatnya: Mengurangi kekakuan dan nyeri pada daerah leher agar tubuh tetap segar selama kehamilan.

Mencegah Mual Muntah

Caranya:

  • Duduk bersila, luruskan punggung, kedua lengan di paha. Satukan ibu jari dan telunjuk, bernapas ringan sambil busungkan dada. Hembuskan napas, tahan hingga 8 hitungan ya Moms.
  • Ayun lengan ke atas, tarik napas, turunkan lengan. Hembuskan napas, letakkan tangan di dada dengan kedua telapak saling menyentuh.

Manfaatnya: Agar selama kehamilan, Moms terhindar dari mual dan muntah yang berlebihan.

Baca Juga: 5 Langkah Agar Tubuh dan Pikiran Tetap Positif Selama Kehamilan

Minum Frisian Flag Mama sebagai penunjang Rasa Segar Selama Kehamilan

segar selama kehamilan

Foto: doc/frisianflag

Agar Moms tetap segar selama kehamilan, selain mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga, Frisian Flag Mama hadir sebagai pelengkap. Frisian Flag Mama hadir dengan dua manfaat dalam satu kemasan, yaitu nutrisi untuk masa hamil dan menyusui, serta nutrisi untuk janin dan tubuh Moms.

Frisian Flag yang sudah berpengalaman lebih dari 90 tahun di industri susu, menghadirkan Frisian Flag Mama untuk pelengkap nutrisi Moms selama kehamilan. Mengandung Omega 3, Omega 6, DHA, ALA, LA, dan Asam Folat untuk mendukung pertumbuhan janin dan membuat Moms tetap segar selama kehamilan.

Yuk Moms, konsumsi secara rutin Frisian Flag Mama 1x dalam sehari selama periode kehamilan dan 2x sehari selama periode menyusui untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Moms tetap segar selama kehamilan, calon buah hati pun senantiasa sehat dalam janin dan setelah lahir.

(ADV)

Artikel Terkait