KEHAMILAN
5 September 2019

Ingin Tidur Nyaman? Coba Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Berikut Ini

Posisi tidur untuk ibu hamil berikut ini bisa Moms praktikkan di rumah.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Waktu tidur yang berkualitas merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki ibu hamil. Ukuran janin yang terus membesar, secara tidak langsung membuat perut juga semakin membesar. Terkadang kondisi ini membuat tidur menjadi tidak nyaman.

Berbagai macam posisi tidur jadi serba salah sehingga banyak Moms tidak bisa mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas. Kurang tidur akhirnya menjadi masalah paling umum yang sering terjadi pada ibu hamil.

Baca juga: Ternyata Ini Pentingnya Tidur Siang untuk Ibu Hamil

Dilansir dari momjunction.com, menurut polling yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, 78 persen perempuan memiliki masalah kesulitan tidur selama masa kehamilan. Bagaimanapun juga, tubuh tetap memerlukan istirahat agar kehamilan berjalan dengan lancar dan nantinya Moms punya energi lebih untuk melakukan proses persalinan.

Yuk, simak informasi tentang posisi tidur yang baik untuk ibu hamil di bawah ini.

Tidur Menghadap ke Kiri

pregnant-woman-sleeping-on-side.jpg

(Foto: americanpregnancy.org)

Dilansir dari WebMD, banyak ahli yang menyarankan ibu hamil tidur dengan posisi menghadap ke kiri. Alasannya karena tidur menghadap atau menyamping ke kiri bisa memperlancar sirkulasi darah, dari jantung menuju ke plasenta hingga diterima oleh rahim dan janin.

Posisi tidur ibu hamil ini juga membuat sistem pencernaan Moms menjadi lebih baik. Pasalnya, lambung akan berada di posisi yang nyaman dan yang terpenting tidak menekan organ hati yang berada pada sisi kanan tubuh.

Supaya semakin nyaman Anda bisa tambahkan bantal atau guling sebagai penyangah di antara kedua kaki. Yuk, coba dilakukan, Moms.

Baca juga: Solusi Tidur Nyenyak Ibu Hamil

Setengah Duduk

470958141_wide.jpg

(Foto: babycenter.co.uk)

Selain tidur menghadap ke bagian kiri, posisi tidur setengah duduk juga bisa dilakukan oleh ibu hamil. Posisi tidur ini sangat disarankan apabila Moms merasa perut tidak nyaman atau sedang mengalami masalah pencernaan.

Moms bisa mencoba posisi tidur ini di sofa yang nyaman atau di tempat tidur. Siapkan beberapa bantal atau guling yang cukup empuk untuk menjadi sanggahan di belakang punggung.

Pilihan bantal atau guling yang empuk dan tepat bisa mendukung posisi tidur ini sehingga rasa nyaman pun bisa dirasakan oleh ibu hamil.

Baca juga: Kenapa Ibu Hamil Tidak Dianjurkan Tidur Telentang?

Angkat Kaki

yoga-for-3rd-trimester-05_orig.jpg

(Foto: torontoyogamamas.com)

Mengangkat kaki ternyata juga bisa termasuk ke dalam posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Apabila Moms sering menderita kaki bengkak atau kram, posisi ini sangat disarankan untuk menjaga sirkulasi darah di area kaki tetap lancar.

Letakkan bantal yang lebih tinggi dari tubuh pada bagian kaki. Selain melancarkan sirkulasi darah dan meredakan kram, posisi ini juga bisa membantu mencegah munculnya varises di area kaki.

Tidak hanya itu, posisi ini juga bisa merilekskan tubuh dan pikiran sehingga Moms bisa mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.

Baca juga: Ini 11 Manfaat Berolahraga Untuk Ibu Hamil

(MA/KM)

Artikel Terkait