TREN
14 Agustus 2017

Ini 10 Istilah Di Dunia Kopi yang Sering Didengar

Istilah-istilah ini pasti sering Mama dengar di kedai kopi langganan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Kini kopi tidak hanya menjadi sebuah rutinitas semata. Banyak kalangan yang bahkan menjadikan proses meramu dan meracik kopi sebagai hobi baru. Hal ini tentu saja melahiran banyak istilah-istilah yang semakin beragam mulai dari penyebutan jenis proses meracik hingga nama minumannya sendiri.

Namun, ada beberapa istilah yang seringkali Mama dengar saat mengunjungi kedai kopi. Yuk cari tahu 10 istilah yang sering didengar di dunia kopi:

1. Espresso

espresso

Espresso adalah ekstrak kopi yang keluar saat air panas dicampur dengan tekanan tinggi ke serbuk biji kopi.

2. Affogato

affogato

Affogato adalah jenis minuman kopi yang dicampur dengan es krim. Satu gelas espresso dituang ke atas es krim, biasanya rasa vanilla.

3. Americano

americano

Jenis minuman ini yang paling sering didengar. Minuman ini merupakan satu gelas espresso yang dicairkan dengan air panas.

4. Latte

lattee

Minuman ini merupakan campuran antara espress dengan susu. Namun sebelum dicampur, susu akan lebih dulu dipanaskan. Terkadang barista menawarkan penambahan rasa seperti vanilla, caramel atau hazelnut.

5. Macchiato

macchiato

Macchiato merupakan paduan antara satu atau dua porsi espresso dengan buih susu yang dipanaskan.

Baca Juga : Mengenal Manfaat Kopi

6. Mocha

mocha

Mocha tidak jauh berbeda dengan Macchiato yakni paduan espresso dengan buih susu yang dipanaskan, hanya saja Mocha ditambahkan dengan sirup coklat.

7. Drip Coffee

drip coffee

Drip Coffe merupakan salah satu jenis brewing atau proses penyeduhan dimana kopi dihasilkan dari bubuk kopi yang diletakan di filter untuk kemudian disiram air panas.

8. French Press

french press

Proses penyeduhan ini menggunakan press pot. Kopi diletakan pada press pot berbentuk silinder untuk kemudian disiram air panas. Kopi tersebut ditekan sehingga menyisakan ekstrak kopi pada bagian atas press pot.

9. Vacuum Brewer

vacuum brewer

Metode penyeduhan ini disebut-sebut sebagai metode favorit karena mampu mengeluarkan rasa asli dari kopi tanpa meninggalkan banyak ampas kopi. Alat yang digunakan terdiri dari beberapa bagian yakni pot bawah yang berisi air untuk dipanaskan, pot atas yang juga berisi filter dan tabung siphon serta kopi dan pemanas elektrik.

10. Pour Over

pour over

Teknik ini merupakan teknik paling mudah dilakukan tanpa memerlukan alat. Kopi cukup ditaruh dalam gelas untuk kemudian disiram dengan air panas dan diaduk.

(DEN)

Artikel Terkait