PROGRAM HAMIL
10 Maret 2019

Ini 10 Sumber Vitamin B6 Alami yang Aman untuk Kehamilan

Vitamin B6 sangat penting untuk fungsi otak dan sistem saraf yang sehat pada janin.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina
Disunting oleh Dina

Vitamin B6 sangat penting untuk fungsi otak dan sistem saraf yang sehat pada janin.

Ia merupakan vitamin yang larut dalam air yang fungsinya mencakup hampir seluruh aspek tubuh dan kesehatan, mulai dari produksi sel darah hingga fungsi otak.

Vitamin yang punya nama lain piridoksin ini juga sangat penting untuk fungsi otak dan sistem saraf yang sehat, sehingga memainkan peran penting dalam perkembangan bayi.

Zat gizi satu ini juga membantu tubuh Moms dalam memetabolisme protein dan karbohidrat, serta membantu membentuk sel darah merah baru, antibodi, dan neurotransmiter.

Dan tahukah Moms, beberapa gejala awal kehamilan yang mengganggu seperti mual dan muntah di pagi hari bisa terbantu dengan mengonsumsi vitamin B6 ini.

Banyak wanita hamil yang direkomendasikan untuk mengonsumsi suplemen vitamin B6 di awal kehamilan, terutama jika mereka mengalami mual dan muntah yang parah.

Baca Juga: Catat! Ini 7 Vitamin yang Dibutuhkan oleh Ibu Hamil

Dalam sebuah laporan kesehatan yang diterbitkan University of Michigan, seorang wanita hamil dapat mengatasi mual dan muntahnya di awal kehamilan setelah mengonsumsi 10 hingga 25 mg vitamin B6 tiga kali sehari.

Tetapi di luar kasus mual dan muntah, wanita hamil hanya membutuhkan 1,9 mg vitamin B6 per hari, sementara wanita menyusui membutuhkan 2 mg per hari.

Tapi, Moms pun harus waspada terhadap risiko asupan vitamin B6 yang berlebihan. Pasalnya, kelebihan asupan vitamin B6 yang ekstrim dapat menyebabkan kerusakan saraf, mati rasa, dan kondisi lainnya. Lalu, apa saja sumber vitamin B6 alami yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil?

1. Beras Merah

29186 basic brown rice

Foto: chowhound.com

Alih-alih mengonsumsi beras putih, ketika hamil Moms bisa memperbanyak konsumsi beras merah demi meningkatkan asupan vitamin B6 di tubuh.

2. Gandum

Pilihlah olahan gandum utuh seperti roti gandum, bukan roti putih.

Baca Juga: Vitamin Apa Saja yang Bisa Membuat Cepat Hamil?

3. Biji-bijian

sunflower seeds header

Foto: draxe.com

Camilan sehat selama hamil yang tinggi kandungan vitamin B6 bisa Moms dapatkan dari biji-bijian seperti biji bunga matahari, biji wijen, atau biji labu.

4. Kacang-kacangan

Selain biji-bijian, Moms juga bisa mencamil kacang-kacangan yang sehat seperti hazelnut, kenari, kacang tanah, dan kacang mede untuk mendapatkan vitamin B6.

5. Buah-buahan

ensalada de fruta con papaya platano y arandanos

Foto: mhunters.com

Buah yang tinggi kandungan pirodiksin di antaranya adalah pisang, pepaya, alpukat, bahkan buah kering seperti kismis atau aprikot

6. Ikan

Pilihlah ikan yang kaya asam lemak yang sehat. Misalnya ikan tuna dan salmon.

7. Daging tanpa lemak

nonfeatured beef labels

Foto: tastingtables.com

Daging yang Moms konsumsi selama kehamilan sebaiknya tanpa lemak, ya.

8. Unggas

Ada baiknya mengonsumsi unggas yang sehat seperti ayam dan kalkun selama kehamilan. Ingat, perhatikan kebersihannya, ya.

Baca Juga: 8 Vitamin Pra Kehamilan Terbaik Rekomendasi Dokter

9. Sayuran Berdaun Hijau

diet nutrition food safety how safe are pre washed greens 512993458 1024x768

Foto: drweil.com

Selama kehamilan, ada baiknya Moms mengonsumsi sayur-sayuran berdaun hijau, misalnya bayam, sawi, dan kale.

10. Umbi

Jika Moms bosan dengan nasi, gantilah dengan umbi berkarbohidrat tinggi seperti ubi dan kentang

Makanan-makanan yang kaya akan vitamin B6 ini sebaiknya Moms olah dengan cara yang sehat, seperti memanggang hazelnut atau kacang mede sebagai camilan, merebus ubi atau kentang, dan membuat jus sayuran dan buah-buahan.

Dan Moms wajib waspada pada tanda-tanda kekurangan vitamin B6, seperti peradangan pada lidah, luka atau sariawan, depresi, dan anemia.

Itulah sumber vitamin B6 alami yang bisa Moms perbanyak untuk konsumsi selama kehamilan. Yang mana favorit Moms?

(VAN)

Artikel Terkait