DI ATAS 5 TAHUN
1 Maret 2019

Ini 3 Alasan Wajibnya Anak Perempuan Belajar Bela Diri

Besar manfaatnya bagi kehidupan anak lho, Moms.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina
Disunting oleh Dina

Berbeda dengan anak laki-laki yang didorong untuk menguasai ilmu bela diri sejak kecil, banyak orang tua justru menggunakan berbagai alasan untuk mencegah anak perempuan belajar bela diri.

Padahal bila melihat maraknya kasus pelecehan, perundungan, maupun kekerasan yang belakangan banyak menimpa wanita, anak perempuan memang perlu belajar bela diri untuk melindungi dirinya dari situasi tidak terduga.

Jauh dari anggapan orang kalau bela diri membuat anak perempuan menjadi kasar, suka kekerasan, terlibat perkelahian, atau berbadan kekar, justru ada banyak manfaat positif yang akan dirasakan bila anak perempuan belajar bela diri sejak diri.

Mau tahu apa saja, Moms?

1. Menguatkan Karakter Pribadi

perlukah anak perempuan belajar bela diri 1

Foto: pmahavelock.com

Saat anak perempuan belajar bela diri, dia bukan hanya akan diajarkan gerakan fisik, tapi juga berbagai sikap positif yang dapat menguatkan karakter pribadinya lho, Moms.

Selain pengendalian diri dan kerendahan hati yang menjadi inti dari setiap aliran bela diri, anak juga diajarkan untuk fokus, disiplin, menghargai diri sendiri dan orang lain, mengendalikan emosi, serta bersikap tegas.

Menurut American Academy of Pediatrics, semua karakter tadi tidak hanya berguna dalam latihan bela diri, tapi juga akan terbawa ke rumah, sekolah, dan lingkup pergaulan, sehingga perilaku dan bahkan prestasi anak di sekolah ikut membaik.

Baca Juga: Cantik! Ini 7 Inspirasi Nama Bayi Perempuan dengan Arti ‘Harum’

2. Melatih Fisik

perlukah anak perempuan belajar bela diri 2

Foto: lookmagazine.com

Eits, kata siapa cuma olahraga yang bisa menjaga tubuh anak tetap sehat dan bugar, Moms?

Para trainer fisik dari Evolve Mixed Martial Arts berkata bahwa gerakan fisik yang dilakukan pada saat anak perempuan belajar bela diri bukan hanya membuat tubuhnya bergerak aktif.

Gerakan-gerakan tersebut juga melatih kekuatan tubuh, kecepatan dan kegesitan, ketahanan, kelenturan, koordinasi mata, serta keseimbangan tubuh.

Baca Juga: 5 Cara Membesarkan Anak Perempuan Agar Jadi Pemberani

3. Membela Diri

perlukah anak perempuan belajar bela diri 3

Foto: thoughtco.com

Tahukah Moms, kalau pelaku bully cenderung menyasar anak yang pasif dan tidak berani melawan?

Nah, anak yang belajar bela diri cenderung akan memiliki kepercayaan diri yang lebih besar dan tidak takut membela dirinya sendiri, baik dengan ucapan maupun bahasa tubuh yang tegas.

Moms juga pasti akan merasa tenang jika tahu anak perempuan bisa membela diri saat menghadapi situasi yang berpotensi membahayakan dirinya, seperti diganggu di jalan, berhadapan dengan pelaku pelecehan seksual, dan sebagainya.

Baca Juga: Didik Anak Perempuan dengan 5 Cara Ini Agar Dekat dengan Ibu Hingga Dewasa

Percayalah Moms, anak perempuan itu sebenarnya jauh lebih kuat dan tangguh dari anggapan orang selama ini.

Lagipula, membekali anak dengan kemampuan untuk melindungi dan membela dirinya sendiri adalah salah tugas terpenting orang tua, bukan?

Bagaimana menurut Moms, setujukah kalau anak perempuan belajar bela diri sejak kecil?

(WA)

Artikel Terkait