GAYA HIDUP
22 Januari 2020

Ini 3 Cara Membersihkan Bekas Jerawat, Sesuaikan dengan Jenisnya

Sesuaikan dengan jenis bekas jerawat yang dialami
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Cara membersihkan bekas jerawat ini bisa diikuti. Bila sedang bermasalah dengan jerawat, kita juga pasti akan menghadapi yang namanya bekas jerawat. Tergantung jenis jerawatnya, bekas jerawat yang ditinggalkan pun berbeda-beda.

Walaupun kita terkadang mungkin tergoda untuk memecahkan atau mengempeskan jerawat saat muncul, jangan dilakukan, karena menurut dokter kulit, dapat menyebabkan peradangan muncul.

Baca Juga: 5 Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

“Semakin sedikit aksi yang kita lakukan pada jerawat, maka semakin kecil jyga kemungkinan terjadinya peradangan,” Rachel Nazarian, asisten profesor klinis di Pusat Medis Dermatologi Mount Sinai.

Lalu adakah tips ampuh untuk membersihkan bekas jerawat? Yuk kita intip.

Jenis Bekas Jerawat

Bekas jerawat biasanya akan menimbulkan indentasi atau atrofi (berarti tipis dan datar) dan biasanya diklasifikasikan menjadi tiga jenis, simak di bawah ini ya.

1. Ice Pick

Bekas jerawat yang berbentuk seperti lubang yang dalam dan menyempit. Jenis bekas jerawat ini merupakan jerawat yang dalam karena mampu mencapai lapisan kulit yang bernama dermis. Bekas jerawat ini akan meninggalkan bekas seperti lubang pori yang membesar.

2. Boxed Scars

Bekas jerawat yang tidak terlalu dalam tetapi memiliki area yang lebih lebar dan batas-batas bekas jerawat umumnya lebih terlihat jelas.

3. Rolling Scars

Bekas jerawat yang akan membuat tekstur kulit naik dan turun seperti ombak. Bekas jerawat ini umumnya terjadi karena mengalami peradangan pada jerawat dalam kurun waktu yang lama.

Baca Juga: Jerawat di Punggung? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara Membersihkan Bekas Jerawat

Tidak ada batas waktu tertentu yang ditentukan untuk berapa lama bekas jerawat ini akan bertahan, meskipun seringkali berlangsung berminggu-minggu hingga berbulan-bulan, tetapi ada baiknya kita membersihkan bekas jerawat juga.

Ada banyak cara untuk membersihkan bekas jerawat, seperti di bawah ini.

1. Retinoid

cara membersihkan bekas jerawat

Foto: medicalnewstoday.com

Cara membersihkan bekas jerawat dapat dilakukan dengan retinoid topikal. Berdasarkan jurnalDermatology and Therapy, retinoid topikal akan memblokir peradangan, mengurangi lesi jerawat, dan mempercepat regenerasi sel.

Retinoid juga dapat membantu meringankan bekas jerawat yang menghitam, termasuk pada orang dengan warna kulit yang lebih gelap. Namun jika menggunakan retinoid, pastikan untuk menggunakan sunscreen ketika pergi ke luar ruangan juga.

2. Suntikan Steroid

cara membersihkan bekas jerawat

Foto: tarponpa.com

Jika merasa bekas jerawat sangat mengganggu penampilan, cara membersihkan bekas jerawat yang bisa dicoba adalah suntikan steroid yang proses tindakannya sangat cepat. Tidak hanya mengurangi peradangan jerawat, tetapi kortison juga dapat membantu bekas luka yang tebal (keloid) menjadi lebih lembut dan lebih rata.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Bekas Suntikan

"Namun, prosedur ini khusus untuk bekas luka yang timbul," kata Sejah Shah, dokter kulit. Menurutnya hal ini akan membantu meratakan bekas luka, tetapi tidak akan menunjukkan perbedaan dalam tekstur.

3. Menggunakan Laser

cara membersihkan bekas jerawat

Foto: timesofindia.indiatimes.com

Dermatologis sering mengubah bentuk kolagen menggunakan laser, yang tidak sepenuhnya menghilangkan bekas jerawat tetapi dapat memperbaikinya hingga 30 atau lebih.

Menurut Heather C. Woolery-Lloyd, dokter kulit, cara membersihkan jerawat ini dapat membantu dalam mengurangi kemerahan yang terkait dengan bekas jerawat dan bekas luka.

Itu dia Moms beberapa cara yang dicoba selain menggunakan bahan-bahan alami. Pastikan metode yang dipilih efektif ya, Moms.

Artikel Terkait