BALITA DAN ANAK
7 Juli 2019

Ini 3 Hal yang Perlu Disiapkan Orang Tua Saat Anak Pertama Kali Masuk PAUD/KB

Bukan hanya anak, Moms juga perlu tenang dan tidak panik
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Melepas Si Kecil untuk masuk sekolah pertama kali sama menegangkannya dengan momen menunggu kelahiran anak. Alih-alih berpikir anak tidak akan siap, malah sebenarnya bisa jadi kita sebagai orang tua yang tidak siap.

Ada hal-hal yang kita takutkan jika berbicara mengenai hari pertama anak menginjak sekolah. Sudah terlalu lama bersama dengan anak sehari-harinya, pasti akan terasa ada yang kurang begitu ia mulai masuk usia sekolah.

Menanggapi hal ini, lalu apa yang harus orang tua lakukan untuk mempersiapkan anak masuk sekolah?

Baca Juga: Anak Mama Masuk Sekolah untuk Pertama Kali? Perhatikan 5 Hal Berikut

Orang Tua Jangan Panik

Menurut Liza Djaprie, psikolog yang sekaligus seorang praktisi hipnoterapi, mengatakan bahwa yang harus dipersiapkan pertama kali justru orang tua sendiri. Terkadang, tanpa kita sadari, justru orang tua yang mudah panikan, cemas, khawatir, dan tidak percaya pada kemampuan anak untuk bisa menyesuaikan diri dengan kehidupan sekolahnya.

Bahkan mereka juga sering menjadi tidak percaya dengan guru yang membimbing serta sekolah itu sendiri. Pemikiran dan cara pandang seperti inilah yang harus segera diubah agar orang tua, bisa mendapatkan ketenangan lebih dulu.

Jika orang tua sudah tenang dan tidak panik lagi, maka anak pun akan ikut merasakan dan menangkap rasa tenang orang tua ketika melepasnya ke sekolah pertama kali.

Momen anak takut, diam, bahkan menangis di hari pertama sekolah merupakan hal yang wajar menurut Liza. Namun jika kita sebagai orang tua tetap tenang, maka anak pun akan mengikuti perilaku tenang yang kita tularkan. Dicoba ya Moms.

Baca Juga: Trik Mengatasi Anak yang Tidak Mau Sekolah

Memberikan Anak Trial

mempersiapkan anak sekolah pertama kali, anak sekolah, anak masuk sekolah

Foto: health.clevelandclinic.org

Untuk mempersiapkan anak sekolah pertama kali masuk sekolah, alangkah lebih baiknya Moms berikan trial terlebih dahulu. Hal ini bisa dilakukan langsung di sekolah, atau mungkin Moms mengajak Si Kecil berdiskusi mengenai hal tersebut.

Lakukan secara ringan, namun secara terus-menerus tentang apa yang akan dihadapi anak saat pertama kali masuk sekolah nantinya. Dengan begitu, Si Kecil akan merasa lebih siap dan tidak merasa dimasukkan dalam satu kondisi baru secara mendadak.

Hal ini berguna juga untuk menyiapkan mental anak nantinya ketika masuk dalam satu lingkungan yang baru.

Ajarkan Anak Bersosialisasi

mempersiapkan anak sekolah pertama kali, anak sekolah, anak masuk sekolah

Foto: additudemag.com

Nah, jika Moms sudah bercerita mengenai sekolah yang akan ia hadapi nantinya, dan ia sudah mulai memiliki kepercayaan diri dan keberanian, saatnya untuk mengajarkan anak bersosialisasi.

Menurut Mary Rooney, psikolog yang berspesialisasi dalam ADHD dan gangguan perilaku yang mengganggu, keterampilan sosial tidak datang secara alami ke semua anak. Sifat impulsif dan hiperaktif anak seringkali menjadi penghalang anak untuk memulai pertemanan.

Baca Juga: Ini Tandanya Anak Siap Untuk Masuk Sekolah, Tak Hanya Mengenai Umurnya Saja Lho Moms

Moms harus menjelaskan betapa pentingnya bersosialisasi dengan teman di sekolah. Ceritakan bahwa dengan bersosialisasi, anak bisa bermain dan bercanda dengan temannya.

Jangan lupa untuk ajarkan etika yang baik dalam berteman juga, baik itu dengan teman sebaya, atau teman yang lebih tua. Biasakan ia untuk selalu berucap yang sopan dan berkomunikasi dengan baik.

Itu dia beberapa cara sederhana yang bisa Moms lakukan untuk mempersiapkan anak masuk sekolah pertama kali. Jika dilakukan secara tepat, Moms bisa tenang melepas anak untuk masuk sekolah pertama kali.

(AWD/IRN)

Artikel Terkait