KESEHATAN
25 Juni 2019

Ini 4 Alasan Kenapa Kita Harus Makan Tempe Dibanding Protein Lain

Ternyata manfaatnya banyak lho tempe ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini. Tempe, produk kedelai fermentasi ini kaya akan nutrisi. Setidaknya, satu tempe seberat 3 ons, mengandung 162 kalori, 15gr protein, dan 9gr karbohidrat.

Tak cuma tinggi protein, tempe juga tinggi prebiotik, vitamin, dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan. Memiliki beragam nutrisi, berikut manfaat tempe yang tak pernah diduga.

1. Kaya Akan Prebiotik

Ini alasan kenapa kita harus makan tempe dibanding protein lain - anti kanker.jpg

Foto: natvonbertouch.com

Makanan fermentasi yang tidak dipasteurisasi dapat mengandung probiotik, yang merupakan bakteri menguntungkan yang dapat memberikan manfaat kesehatan saat dimakan.

Tempe dan makanan fermentasi lainnya dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan dalam usus, yang dapat memiliki efek luas pada kesehatan.

Probiotik dapat membantu memecah gula dan karbohidrat sehingga mereka lebih mudah dicerna, mengendalikan bakteri berbahaya dalam tubuh, melawan diare, membantu pencernaan, melawan peradangan kronis dan bahkan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Namun, tempe difermentasi menggunakan jamur dan biasanya dimasak sebelum makan.

Baca Juga: Resep Makanan Serba Simpel untuk Sahur Berbahan Tempe dan Brokoli

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Ini alasan kenapa kita harus makan tempe dibanding protein lain - kaya akan prebiotik.jpg

Foto: rd.com

Manfaat tempe lainnya adalah dapat menguatkan tulang, karena kalsium juga ada di dalam tempe lho Moms. Kalsium, bersama dengan mineral penting lainnya seperti vitamin K dan vitamin D sangat diperlukan tubuh untuk menjaga kepadatan mineral tulang dan mencegah tulang patah dan rapuh.

Ini membantu membentuk bagian dari hidroksiapatit, kompleks mineral yang membuat tulang dan gigi kita keras, mempertahankan kepadatan tulang dan membantu tulang pulih. Orang dengan kekurangan kalsium lebih rentan memiliki tulang yang lemah dan lentur sehingga meningkatkan risiko patah tulang.

Tembaga, mineral lain yang ada di tempe, juga memainkan peran penting dalam pertumbuhan tulang. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Biological Trace Elements Research, konsumsi tembaga dapat meningkatkan laju penyembuhan tulang dan juga dapat memainkan peran kunci dalam pemeliharaan dan perbaikan jaringan.

3. Mengurangi Tingkat Kolesterol

Ini alasan kenapa kita harus makan tempe dibanding protein lain - kesehatan tulang.jpg

Foto: rd.com

Tempe secara tradisional dibuat dari kedelai, yang mengandung senyawa tumbuhan alami yang disebut isoflavon. Isoflavon kedelai telah dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol.

Sebuah tinjauan yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition mengevaluasi 11 penelitian dan menemukan bahwa isoflavon kedelai, yang ditemukan dalam tempe dan produk kedelai lainnya, dapat membantu secara signifikan menurunkan kadar total dan kolesterol LDL.

Dibandingkan dengan protein hewani, protein kedelai dapat menurunkan kolesterol LDL sebanyak 5,7% dan kolesterol total 4,4%. Selain itu manfaat tempe lainnya juga dapat menurunkan trigliserida sebesar 13,3%.

Baca Juga: Resep Tempe Orek untuk Sahur, Praktis!

4. Mengurangi Risiko Kanker

Ini alasan kenapa kita harus makan tempe dibanding protein lain - kurangi kolesterol.jpg

Foto: rd.com

Isoflavon yang ditemukan dalam tempe telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Selain mengurangi kolesterol, isoflavon dalam tempe juga mengurangi risiko kanker.

Hal dikarenakan isoflavon dalam kedelai sangat kaya akan zat antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dan membantu mencegah peradangan untuk melindungi sel dari kerusakan.

Antioksidan diyakini memainkan peran penting dalam kesehatan dan penyakit, dengan beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan bahkan dapat membantu mengurangi risiko kondisi kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Nah itu dia Moms manfaat tempe yang perlu diketahui. Mulai dari sekarang yuk lebih rajin makan tempe untuk anggota keluarga di rumah.

(SA/IRN)

Artikel Terkait