KESEHATAN
23 April 2019

Ini 4 Dampak Meminum Kopi Lebih Dari Sekali dalam Sehari

Lebih banyak baik atau buruknya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Meminum kopi kini menjadi telah bagian dari gaya hidup yang jamak dilakukan oleh masyarakat perkotaan.

Biasanya, meminum kopi dilakukan sambil bersantai dan nongkrong bersama teman-teman dalam waktu cukup lama atau hingga berjam-jam.

Tidak heran jika ada seseorang yang bisa menghabiskan lebih dari satu cangkir kopi setiap harinya demi memenuhi aktivitas sehari-harinya.

Meminum kopi lebih dari sekali atau secangkir dalam sehari tentunya akan memiliki dampak tersendiri bagi kesehatan tubuh.

Kopi sendiri merupakan minuman yang banyak mengandung antioksidan dan sebanyak empat cangkir kopi tanpa gula diketahui bisa mengurangi risiko kanker kulit melanoma hingga 20%.

Namun, pernahkah Moms bertanya apa sih dampaknya bagi tubuh jika meminum kopi lebih dari sekali atau secangkir setiap harinya? Berikut ulasannya.

1. Meningkatkan Risiko Tekanan Darah Tinggi

nurse putting blood pressure cuff on patient 609179909 5a938dc13de4230037781ae6

Foto: verywellhealth.com

Menurut sebuah penelitian di American Journal of Clinical Nutrition, meminum kopi hingga tiga kali dalam sehari disebut-sebut dapat sedikit meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

Meski begitu, seseorang yang meminum kopi tidak lebih dari tiga cangkir dalam sehari juga bisa mendapatkan risiko tersebut.

Selain itu, bagi seseorang yang memang secara genetik memetabolisme kafein dengan lambat bisa mengalami peningkatan risiko gagal jantung hingga sebesar 36%.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kopi Susu Hits di Jakarta, Sudah Coba?

2. Meningkatkan Kadar Gula Darah

kopi dampak ngopi

Foto: gettyimages.com

Bagi penderita penyakit diabetes, meminum kopi hingga empat cangkir dalam sehari mampu meningkatkan kadar gula di dalam tubuh.

Peningkatan kadar gula darah tersebut pun bisa sampai 8%.

Jika hal tersebut terjadi, maka penyakit diabetes yang seseorang derita bisa lebih buruk lagi.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika penderita diabetes bisa mengurangi asupan kafein dari kopi dalam sehari.

Baca Juga: 7 Jenis Minuman Kopi dan Perbedaannya, Mana Favoritmu?

3. Meningkatkan Kadar Lemak Jahat Dalam Tubuh

young business woman holding chest appearing to have heart attack 1024x683

Foto: mayoclinic.com

Satu hal yang perlu diingat terkait dampak meminum kopi adalah jenis kopi itu sendiri.

Menurut penelitian, jenis kopi yang diminum juga akan sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh.

Sebagai contoh, kopi french press brew yang mengandung cafestol bisa meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Hal ini kemudian menjelaskan penelitian yang menyebutkan bahwa meminum lima cangkir kopi Prancis dalam sehari dapat meningkatkan kadar lemak jahat di dalam tubuh sebesar 6% hingga 8%.

Sementara itu, meminum lima cangkir kopi lainnya dalam sehari bisa mengganggu keberhasilan pembuahan in vitro hingga sebesar 50%.

4. Menurunkan Risiko Kematian

healthy woman running on the beach anna omelchenko

Foto: healthline.com

Wanita yang meminum kopi hingga 6 cangkir per hari memiliki risiko kematian lebih rendah 15% dibandingkan wanita yang tidak minum kopi sebanyak itu dalam satu hari.

Fakta tersebut ditemukan dari penelitian yang dimuat dalam New England Journal of Medicine. Adapun kopi yang diteliti dalam riset tersebut adalah jenis kopi tanpa kafein dan tanpa gula.

Melalui fakta tersebut, kita jadi tahu bahwa meminum kopi hingga jumlah sebanyak itu dalam satu hari justru mampu memberikan manfaat lebih besar ketimbang kerugian yang bisa didapat.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Kepribadian Berdasarkan Kopi Favorit!

Berkaitan dengan hal tersebut, Asisten Profesor di Departemen Nutrisi Harvard School of Public Health Rob van Dam Ph.D menjelaskan bahwa pihaknya sampai saat ini belum menemukan fakta ilmiah bahwa meminum kopi hingga 6 cangkir dalam sehari bisa meningkatkan risiko kematian atas suatu penyakit jika dibandingkan dengan orang yang tidak meminum kopi.

Nah, itu dia beberapa dampak yang mungkin bisa terjadi pada tubuh kita jika meminum kopi lebih dari sekali dalam waktu sehari.

Semoga sehat selalu ya Moms!

(TP)

Artikel Terkait