BAYI
26 April 2020

Ini 4 Manfaat Humidifier untuk Bayi yang Penting Diketahui

Pastikan menjaga humidifier tetap bersih ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tentunya Moms mungkin pernah mendengar tentang humidifier, yang merupakan alat untuk mengeluarkan uap air atau uap agar menaikkan tingkat kelembapan udara.

Moms mungkin bertanya-tanya apakah ada manfaat humidifier untuk bayi. Tetapi, menyiapkan alat humidifier adalah cara terbaik untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan dan pernapasan.

"Ketika udara kering, sistem pernapasan jadi terganggu. Kulit dan hidung menjadi kering, sampai ke paru-paru. Anda bisa bangun dengan mulut kering dan mulai batuk tanpa alasan," jelas ahli paru Kathrin Nicolacakis, MD, mengutip Cleveland Clinic.

Baca Juga: 4 Ciri Kulit Kering pada Bayi

Manfaat Humidifier untuk Bayi

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat, direkomendasikan untuk menjaga tingkat kelembapan dalam rumah antara 30 hingga 50 persen.

Lalu seperti apa manfaat penggunaan humidifier untuk bayi? Berikut ini penjelasannya.

1. Bisa Mengatasi Hidung Tersumbat

manfaat humidifier untuk bayi-4

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip Mayo Clinic, manfaat dari penggunaan humidifier pada bayi dapat menenangkan berbagai kondisi seperti sinus kering, hidung berdarah, dan bibir pecah-pecah, disebabkan oleh udara dalam ruangan yang kering.

Selain itu, humidifier dapat membantu meredakan gejala pilek, perasaan tidak nyaman dan terasa sesak, atau kondisi pernapasan lainnya. Apalagi, hidung bayi yang kecil membuat cepat tersumbat.

Kelembaban yang dihasilkan oleh humidifier membantu menciptakan kondisi optimal untuk Si Kecil bisa bernapas dengan tepat, di saat yang sama ia tetap nyaman dan sehat.

Baca Juga: Hidung Bayi Tersumbat? Lakukan Ini, Moms

2. Membantu Meredakan Gejala Batuk-Pilek

manfaat humidifier untuk bayi-3

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat lain dari pemakaian humidifier untuk bayi adalah dapat membantu meredakan gejala pilek.

Dalam jurnal American Academy of Pediatrics, disebutkan bahwa Badan Pengawasan Obat dan Makanan AS (FDA) dan Asosiasi Produk Kesehatan Konsumen melarang penggunaan obat batuk dan pilek tanpa resep pada anak-anak di bawah 4 tahun.

Melansir Healthy Children, Moms bisa menggunakan cool-mist humidifier atau vaporizer, di kamar anak untuk membantu mengurangi cairan yang membuat hidungnya pengap, sehingga Si Kecil lebih mudah untuk bernapas.

3. Mencegah Kulit Kering pada Bayi

manfaat humidifier untuk bayi-2

Foto: Orami Photo Stock

Karena kulit bayi sangat sensitif dan halus, maka akan mudah menjadi iritasi dan kering, terutama pada iklim yang kering. Dampaknya, menyebabkan kulit kering dan gatal, bahkan bibir menjadi pecah-pecah.

Dalam jurnal Advances in Wound Care, fungsi penghalang kulit bayi masih berkembang, membuatnya lebih rentan terhadap iritasi kimia dan infeksi lokal dibandingkan kulit orang dewasa.

Penggunaan humidifier dapat menghasilkan kelembapan yang bisa menjaga kelembapan alami kulit, sehingga kulit Si Kecil tetap sehat dan lembut.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Kulit Kering pada Bayi Baru Lahir

4. Bayi Tidur Lebih Nyenyak

manfaat humidifier untuk bayi-1

Foto: Orami Photo Stock

Jika Si Kecil memiliki masalah yang sudah dijelaskan di atas seperti hidung tersumbat, kulit kering dan gatal dan batuk-pilek maka bayi akan sulit tidur dengan nyaman baik malam atau siang hari.

Menurut American Sleep Association, mendapatkan jam tidur yang banyak itu penting bagi bayi, serta membantu optimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayi secara fisik dan psikologis.

Oleh karena itu, menggunakan humidifier dapat memberikan manfaat dengan menjadikan bayi tidur lebih nyenyak karena dapat mengatasi ragam kondisi di atas, dan membantu bayi bernapas lebih nyaman.

Tetapi meskipun bermanfaat, humidifier perlu dirawat dengan baik. Jaga humidifier tetap bersih agar terhindar dari jamur atau bakteri. Jangan lupa untuk berkonsultasi ke dokter sebelum menggunakannya ya, Moms.

Artikel Terkait