TRIMESTER 1
4 Oktober 2019

Ini 4 Perbedaan Tentang Melahirkan Anak Pertama dan Kedua yang Tidak Terduga!

Melahirkan anak kedua berbeda dibanding anak pertama, ternyata mitos ini ada benarnya! Cek datanya di sini!
placeholder

Foto: https://journal.sociolla.com/

placeholder
Artikel ditulis oleh Ryo
Disunting oleh Ryo

Katanya Moms, persalinan anak kedua sering dianggap lebih mudah. Konon, karena Moms sudah pernah melahirkan sebelumnya. Jadi, sudah ada jalurnya.

Tapi, hal itu nggak benar juga. Soalnya, tubuh mulai mengalami perubahan dan penyesuaian kembali selepas persalinan pertama. Jadi, ada kemungkinan persalinan kali kedua pun bisa terasa sama sulitnya.

Wah, kalau soal itu saja sama, apa dong bedanya? Yuk kita lihat sama-sama!

Baca Juga: 4 Manfaat Luar Biasa Menyusui Bagi Ibu yang Baru Melahirkan

1. Jumlah Kontraksi Palsu

322308_1100.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

“Kontraksi palsu atau Braxton-Hicks contractions adalah momen di mana terjadi rasa kram di perut, yang mirip seperti kontraksi aslinya. Padahal sebenarnya kondisi ini tak berpengaruh dalam proses persalinan,” kata Jane Yeh, MD, seorang dokter di Overlake Hospital di Bellevue, Wash.

Moms, karena otot sudah berpengalaman dengan kontraksi, hasilnya malah lebih sensitif dengan kondisi kontraksi. Jadilah kontraksi palsu akan lebih banyak terasa di proses melahirkan anak kedua. Jadi, siap-siap ya!

Baca Juga: Bisa Dipakai Setelah Melahirkan, 1 dari 5 Tips Cerdas Membeli Baju Hamil

2. Persiapan Lebih Matang

top image barang yang wajib ada di tas untuk persiapan melahirkan

Moms akan lebih efisien menyiapkan tas perlengkapan untuk dibawa ke rumah sakit. Tidak berlebihan atau kekurangan seperti saat anak pertama lahir.

Moms juga sudah tahu hal dan dokumen apa yang diperlukan selama proses persalinan atau setelahnya. Dan, kapan harus meletakkan “tas melahirkan” di mobil. Intinya, sepertinya yang ini sudah jauh lebih matang dibanding sebelumnya. Setuju?

3. Proses Melahirkan Lebih Cepat

Ketahui Mengenai Kontraksi Rahim Pasca Melahirkan 2.jpg

Saat melahirkan anak kedua, Moms biasanya sudah tahu soal kontraksi dan proses lainnya. Bahkan, pernah mengalami, seperti apa cairan ketuban saat keluar.

Karena tanda-tanda persalinan sudah dikenal, maka Moms bisa lebih sigap. Selama hari persalinan, Moms bisa lebih menikmati kontraksi, serta tahu kapan harus mengejan dan menarik napas lebih teratur.

Baca Juga: Pertanyaan Seputar Kehamilan dan Persalinan yang Banyak Diajukan ke Dokter Kandungan

4. Pemulihan Paska Persalinan Lebih Lama

importance-mom-heal-after-birth-2160x1200.jpg

Foto: thebump.com

Kebalikan dari saat melahirkan, proses pemulihan biasanya agak lebih lama. Ini karena segera setelah melahirkan, rahim akan mulai menyusut kembali ke ukuran normal. Proses ini seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman.

“Semakin banyak jumlah persalinan yang pernah dilewati oleh perempuan, maka semakin terasa sulit proses ini akan dilewati. Namun kembali semua bergantung pada kondisi dan ambang nyeri setiap orang,” ungkap Dr Yeh.

Nah, itulah 4 perbedaan melahirkan anak pertama dan melahirkan anak kedua. Kalau Moms, mengalaminya juga, tidak?

(RYO/DIN)

Artikel Terkait