GAYA HIDUP
4 Agustus 2019

Ini 4 Tips Mudah Mendaur Ulang Barang di Rumah

Ini Cara Menghindari Sampah yang Menumpuk
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Kata daur ulang atau recycle sekarang sudah tidak asing. Semangat menghijaukan lagi bumi kini bergema di seluruh dunia.

Banyak cara bisa lakukan seperti kampanye yang sering digaungkan, seperti reuse, reduce, recycle. Tapi, apakah hal tersebut juga berlaku di rumah Anda, Moms?

Jika belum melakukannya, Moms tidak perlu khawatir. Bahkan orang-orang di negara selevel Amerika Serikat saja, 92 persen dari mereka tidak yakin tentang bagaimana memilah sampah.

Hal tersebut merupakan hasil dari studi yang dilakukan oleh Grocery Manufacturers Association pada April 2019 yang lalu.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa hanya 9 persen plastik yang benar-benar dapat didaur ulang. Salah satunya adalah adanya perbedaan kebijakan pemerintah tentang sampah.

Baca Juga: Jaga Kebersihan Rumah Supaya Asma Tidak Kumat

Jika di sebuah kota, pemilahan sampah diberlakukan, maka di tempat lain, semua disatukan dan baru akan diurai di tempat pembuangan akhir, yang jelas akan lebih memberatkan.

Pete Keller, wakil presiden daur ulang di Republic Services, salah satu perusahaan pengelola limbah terbesar di Amerika Serikat mengatakan, orang-orang bermaksud baik.

“Mereka mampu menempatkan sampah sesuai jenisanya akan banyak memberi bantuan,” katanya sebagaimana dikutip dari huffpost.com

Untuk mempermudah, kami bagikan tips mudah mendaur ulang barang di rumah, layak dicoba Moms.

1. Ubah Pola Pikir

Ini 4 Tips Mudah Mendaur Ulang Barang di Rumah -1.jpg

Foto: Well.org

Banyak dari kita yang menganggap proses daur ulang itu sulit, memakan waktu dan tidak efisien.

Memiliki banyak tempat sampah untuk disesuaikan jenis sampah yang kita gunakan, apalagi membungkusnya dan memasukkannya ke penampungan memerlukan wakru dan tenaga yang sedikit. Yang pasti, kita tidak terbiasa melakukannya.

Mulai dari sekarang, ubahlah pola pikir tersebut. Mulai dari diri sendiri sebagai pengatur rumah untuk mulai memilah sampah.

Hal itu akan menular kepada anggota keluarga lain. Bisa dimulai dahulu dengan memisahkan sampah organik, anorganik, dan plastik.

2. Pisahkan Barang-barang yang Akan Didaur Ulang

Ini 4 Tips Mudah Mendaur Ulang Barang di Rumah -2.jpg

Foto: Pinterest.com

Jika Moms memiliki ruang, bisa juga membuat wadah khusus untuk kaca, tempat sampah untuk kertas, untuk kaleng dan untuk plastik.

Akan membutuhkan waktu lebih lama untuk diisi sebelum Moms dapat membuangnya, namun hal tersebut tidak masalah karena barang-barang tersebut tergolong kering dan tidak menimbulkan bau yang menyengat.

Ini juga akan menjadi cara yang bagus untuk mengajar anak-anak tentang daur ulang.

Mungkin Anda bisa membuat menara tempat sampah dengan mengisi botol dengan pasir, lalu menumpuknya sehingga tampak seperti menara. Atau yang lebih dikenal dengan nama Eco-Brick.

Sekarang yang Moms butuhkan hanyalah tas belanja plastik untuk sisa daging, sayuran dan bahan-bahan yang tidak dapat didaur ulang seperti bungkus plastik.

Hal ini tentu akan menjadi perhatian Moms saat berbelanja agar meminimalisir penggunaan plastik.

Baca Juga: Ini 5 Cara Mengajari Anak Mengurangi Penggunaan Plastik

3. Bilas

Ini 4 Tips Mudah Mendaur Ulang Barang di Rumah -3.jpg

Foto Trashisfortossers.com

Bilas dengan cepat kaleng atau plastik dari noda makanan sebelum dimasukkan ke dalam kotak penampungan.

Selain agar tidak menimbulkan bau, hal ini juga akan membantu para pengangkut sampah yang akan menyortir sampah.

Pembilasan dan pengumpulan plastik bisa sangat rumit. Barang-barang yang memiliki simbol daur ulang dicap di atasnya (segitiga dengan nomor di tengah) tidak harus didaur ulang.

Cody Marshall, ahli strategi di The Recycling Partnership, sebuah organisasi nirlaba yang menyalurkan uang perusahaan ke dalam infrastruktur limbah lokal mengatakan, hal tersebut pada akhirnya tidak berguna.

“Jumlah pada wadah itu benar-benar bagi orang untuk mengidentifikasi jenis resin itu. Itu tidak membantu konsumen awam," kata Cody kepada HuffPost.

4. Pengomposan

Ini 4 Tips Mudah Mendaur Ulang Barang di Rumah -4.jpg

Foto: Forestgrove-or.gov

Tips mudah mendaur ulang barang di rumah yang terakhir adalah dengan memisahkan bahan organik. Sisa-sisa makanan sayur Anda dapat diubah menjadi kompos.

Buatlah sebuah komposter kecil yang memiliki filter untuk menjaga agar bau tidak sedap tidak menyebar. Hasil kompos Anda akan berguna bagi tanaman favorit Anda.

Sampah-sampah organik , kertas bekas, tisu, dedaunan, rumput, bumbu dapur kedaluwarsa, debu-debu yang menggumpal, hingga potongan rambut dapat didaur ulang dan dimasukkan dalam komposter.

Bahan-bahan itu dapat Moms pisahkan secara langsung setelah dipisahkan dari barang lain.

Baca Juga: Hemat Uang dan Menyehatkan, Yuk Tanam Sayuran Sendiri di Rumah

Langkah awal memang akan terasa sulit. Tapi sebuah kebaikan jika terus dilakukan, akan menular kepada orang lain. Bukan tidak mungkin kan Moms akan menginspirasi para tetangga yang lain?

(FAR)

Artikel Terkait