KESEHATAN
13 November 2017

Ini 5 Akibat Buruk Jika Malas Berolahraga

Wajib tahu agar lebih sering berolahraga!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Apa yang terlintas dalam pikiran Moms saat mendengar kata olahraga? Kalau Moms masih berpikiran olahraga adalah aktivitas yang membosankan sekaligus melelahkan berarti Moms belum terbiasa menjalankan pola hidup sehat.

Padahal banyak lho manfaat dari olahraga. Mulai dari membakar kalori, melancarkan peredaran darah, sampai melatih jantung. Manfaat seperti ini pasti akan sangat berpengaruh pada kesehatan Moms. Apa jadinya kalau Moms malas berolahraga? Coba deh simak beberapa efek nya seperti berikut.

1. Obesitas

shutterstock 361749257

Banyak yang beranggapan bergabung di pusat kebugaran atau gym hanya untuk orang-orang yang kelebihan berat badan saja. Padahal olahraga itu kewajiban semua orang lho sebagai ‘maintenance’ tubuh agar tetap sehat.

Semakin Moms jarang bergerak dan melakukan pembakaran lewat olahraga, hati-hati, berat badan bisa bertambah dan bukan tidak mungkin bahaya obesitas menyerang sewaktu-waktu.

2. Mudah lelah

shutterstock 549090286

Kalau Moms merasa akhir-akhir ini mudah sekali merasa cepat lelah dan tidak bertenaga. Besar kemungkinannya ini akibat malas berolahraga. Karena dari aktivitas berolahraga, darah Moms akan banyak mengandung oksigen dan ini yang menjadi ‘power’ untuk Moms tetap segar melakukan aktivitas seharian.

3. Insomnia

shutterstock 237699745

Orang yang mengalami gangguan tidur atau insomnia bukan hanya mengalami gangguan psikologis, tapi juga karena penurunan metabolisme tubuh yang menjadikan fungsi organ tidak bekerja sempurna akibat malas berolahraga.

Kalau Moms mengalami keluhan susah tidur di malam hari, cobalah untuk rutin berolahraga. Jalan cepat 30 menit per hari sudah cukup. Mudah kan?

Baca Juga : Olahraga Sederhana yang Bisa Dilakukan Di Kantor

4. Badan kaku dan sering merasa pegal-pegal

shutterstock 630786098

Jika Moms sering pegal-pegal di area tertentu seperti persendian kaki, pinggang, tegang di area pundak dan yang lainny, jangan langsung minum pain killer. Bisa jadi ini hanya akibat dari Moms yang malas berolahraga.

Berolahraga, menggerakan tubuh, dan melatih otot pada tubuh akan menghilangkan rasa pegal dan tegang, asal Moms rutin menjalankannya.

5. Penumpukan lemak

shutterstock 387061921

Kalori yang tidak terbakar lewat aktivitas fisik akan tertimbun dalam bentuk lemak, ini bukan hanya penyebab Moms bertambah gemuk, penumpukan lemak pada organ vital seperti jantung juga berisiko terkena penyakit jantung koroner, dimana apabila sudah terjadi serangan jantung, akan menjadi penyebab kematian yang tiba-tiba.

6. Sakit kepala

shutterstock 626243477

Penyebab sakit kepala juga bermacam-macam lho, Moms. Maka dari itu, jangan terlalu sering mengambil jalan pintas dengan minum obat sakit kepala. Obat hanya menghilangkan rasa sakit sementara.

Coba deh saat sakit kepala menyerang lakukan aktivitas menggerakan tubuh sampai berkeringat. Karena setelah olahraga aliran darah akan membaik dan bukan tidak mungkin rasa sakit dikepala akan menghilang.

Jadi, cobalah mulai membiasakan diri berolahraga dengan jenis olahraga yang Moms suka. Seperti berenang, senam aerobik, atau lari pagi. Kalau sudah suka dengan jenis olahraganya, pasti Moms tidak akan merasa tersiksa melakukannya.

Mulai sekarang ubah pola pikir Moms, bahwa olahraga bukan untuk kurus! Tapi juga sebagai aktivitas untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan segar. Let’s move!

(LMF)

Artikel Terkait