DI ATAS 5 TAHUN
18 Maret 2020

Ini 5 Cara Mengajari Anak Mengelola Uang Angpao Lebaran

Jangan sampai uang angpao Si Kecil habis hanya untuk jajan saja ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Lebaran jadi momen yang ditunggu oleh anak-anak. Di hari raya ini, anak-anak akan duduk manis menunggu datangnya angpao dari orang tua.

Memang, bagi-bagi angpao saat Lebaran sudah jadi tradisi di hampir semua keluarga di Indonesia, keluarga Moms mungkin salah satunya.

Bagi Si Kecil, momen itu bisa jadi merupakan momen untuk senang-senang karena bisa mendapatkan banyak uang untuk membeli barang-barang yang mereka inginkan.

Untuk Moms, ini adalah kesempatan yang tepat untuk mengajarkan anak-anak mengenai pengelolaan keuangan.

Baca Juga : 4 Manfaat Mengajarkan Anak Menabung

Dikutip dari Parents.com, penulis buku Kids anda Money: Giving Them the Savvy to Succeed Financially Jayne A Pearl mengatakan bahwa mengajarkan anak tentang keuangan adalah hal mudah. “Buat kegiatan harian mereka menjadi aktivitas untuk belajar berbagai hal,” katanya.

Dia mencontohkan, kunjungan ke bank, toko, atau ATM bisa jadi momen yang aps untuk membuka percakapan tentang nilai dan bagaimana menggunakan uang dengan bijak.

Untuk anak kecil, Moms bisa mengajarkan konsep uang melalui imaginasi Si Kecil. Bisa lewat permainan. Seperti pura-pura membuka toko atau restoran. Carilah permainan yang menyenangkan untuk mereka. Sedikit demi sedikit, sisipkan konsep keuangan.

Cari tahu yuk bagaimana mengajarkan anak mengelola uang angpao Lebaran mereka agar bisa lebih bermanfaat.

1. Ditabung

Salah satu cara bijak untuk memanfaatkan angpao Lebaran adalah dengan menabungnya.

Moms bisa membelikan celengan dengan bentuk menarik. Dengan begitu, Si Kecil akan tertarik untuk mengisinya. Moms juga perlu menjelaskan apa manfaat dari menabung.

2. Buka rekening bank atas nama anak

Selain menggunakan celengan di rumah, Moms juga bisa membukakan rekening bank atas nama Si Kecil.

Ajak dia ikut serta saat membuka rekening. Ajak juga Si Kecil ke bank untuk menabung secara rutin untuk menumbuhkan kebiasaan.

3. Untuk pendidikan

Jadikan pendidikan sebagai prioritas ya Moms. Angpao Lebaran Si Kecil bisa Moms gunakan untuk membeli barang-barang edukatif, seperti buku-buku cerita atau mainan edukatif.

Moms juga bisa menggunakannya untuk mendaftarkan Si Kecil kursus. Pilih kursus-kursus yang menyenangkan ya Moms agar Si Kecil juga mendapatkan kesenangan.

4. Membeli mainan

Ini bonus yang bisa Moms berikan kepada Si Kecil. Moms bisa mengajak Si Kecil untuk membeli mainan yang disukainya. Tapi jangan overbudget ya Moms. Ajarkan juga Si Kecil untuk tidak terlalu boros soal mainan.

Itulah beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk membantu Si Kecil memanfaatkan angpao Lebaran mereka.

Biasanya tidak hanya buah hati yang mendapatkan rezeki saat Lebaran, tapi Moms dan Dads juga akan mendapatkan tunjanga hari raya (THR).

Agar Lebaran semakin meriah, Moms bisa berbelanja berbagai promo THR di Orami, lho! Temukan berbagai produk menarik dengan harga yang terjangkau!

(AND)

Artikel Terkait