KESEHATAN
3 Oktober 2019

Ini 5 Faktor Penyebab Leukemia yang Kadang Tidak Kita Sadari

Leukemia jelas penyakit yang cukup menakutkan. Karena bisa berujung kematian. Apa saja penyebabnya? Catat, karena banyak yang sering tidak kita sadari!
Artikel ditulis oleh Ryo
Disunting oleh Ryo

Leukemia adalah kanker yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang. Populer juga disebut kanker darah.

Penyakit ini memengaruhi produksi dan fungsi leukosit atau sel darah putih dalam melawan infeksi. Karena DNA darah mengalami kerusakan.

“Kondisi tidak normal ini menyebabkan sumsum tulang belakang memroduksi sel darah putih secara berlebihan. Akibatnya, terjadi penumpukan sel darah putih dalam sumsum tulang, dan mengurangi jumlah sel darah yang sehat,” jelas Kepala medis Leukemia & Limfoma Society, Gwen Nichols, M.D

Moms, berikut faktor penyebab leukimia yang sangat dekat dengan keseharian kita. Yuk disimak!

Baca Juga: Dari Pestisida Hingga Cat Dinding, Ini 5 Faktor Penyebab Leukemia Pada Anak

1. Radiasi

1600_JUNE-COVER-FINAL-ART.jpg

Foto: ONS.com

Sebuah penelitian menemukan bahwa radiasi dalam jumlah rendah tetap bisa meningkatkan risiko seseorang terkena leukimia. Itulah sebabnya wanita yang sedang hamil sangat tidak disarankan untuk melakukan rontgen atau pemeriksaan sinar X. Agar risiko janin terkena leukimia bisa ditekan.

2. Unsur Kimia Radon

Waspada pada unsur kimia bersifat radio aktif tinggi. Berwujud gas tidak berwarna serta tidak berbau ini, ternyata secara alami bisa ditemukan di lingkungan sekitar dan masuk ke dalam rumah. Bila terhirup, partikel alpha yang dipancarkan radon berpotensi menyebabkan kanker leukimia.

Pastikan ventilasi rumah memadai dan udara bisa mengalir dengan baik, karena Radon yang lebih berat dari udara biasanya akan mengendap dekat dengan lantai. Cek juga sumber air di rumah Anda.

Baca Juga: Dari Pestisida Hingga Cat Dinding, Ini 5 Faktor Penyebab Leukemia Pada Anak

3. Benzena

Selain dalam bensin, senyawa kimia organik yang dikenal dengan nama benzena atau benzol ini juga banyak digunakan dalam produksi obat, plastik, bensin, karet buatan, tinta printer, serta pewarna rambut. Bahayanya, senyawa ini bersifat karsinogenik atau bisa menyebabkan kanker!

Moms juga bisa terpapar benzena dalam kadar tinggi bila merokok atau menggunakan shisha dengan tambahan tembakau.

4. Rokok dan Kopi

Penyebab perut buncit - merokok.jpg

Sebuah studi di tahun 2009 menunjukkan bahwa risiko terkena leukimia bukan hanya bagi orang dewasa yang merokok, tapi juga anak dengan orangtua perokok, termasuk bila orangtua sudah merokok sebelum masa kehamilan. Ini dikarenakan karsinogen yang ada dalam rokok diserap oleh paru-paru dan dialirkan melalui pembuluh darah.

Data dari studi French ESCALE tahun 2013 memperlihatkan hasil bahwa meminum lebih dari 2 cangkir kopi setiap hari selama masa kehamilan bisa sedikit meningkatkan risiko bayi terkena leukimia.

5. Obesitas

Obesitas

“Orang yang mengalami obesitas atau berat badan berlebih memiliki risiko terkena kanker leukimia yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang berat badannya normal,” tambah Dr Nichols.

Baca Juga: Kena Leukemia, Ini Rangkaian Pengobatan Panjang yang Harus Dijalani Anak

Itulah 5 penyebab leukemia yang bisa menyerang Moms dan keluarga. Sebisa mungkin, hindari agar kesehatan Moms terjaga, ya.

(RYO/DIN)

Artikel Terkait