BAYI
18 September 2019

Ini 5 Hal Yang Harus Moms Tahu Tentang Baju Bayi

Ternyata, mengukur baju bayi bukan dengan umur lho!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Melihat baju bayi berjejer di toko pakaian amat menggemaskan ya Moms? Melihat warnanya yang soft, ukurannya yang mungil dan aksesoris-aksesorisnya membuat Moms terhipnotis dan ingin segera membawanya ke rumah. Eits, tunggu dulu, membeli baju bayi tidak boleh sembarangan lho Moms.

Meski menggemaskan, baju bayi tersebut bisa saja tidak cocok bagi Si Kecil. Jadi, sebelum memutuskan untuk membelinya, pertimbangkan dulu beberapa hal. Misalnya, kenyamanan, keamanan, kepraktisan, dan mungkin harganya.

Ternyata, ada beberapa hal yang harus Moms tahu tentang baju bayi. Apa saja itu? Cek di sini yuk.

1. Minimalkan Aksesoris yang Menempel

Ini 5 Hal Yang Harus Moms Tahu Tentang Baju Bayi -1.jpg

Pict: Etsy.com

Pilih baju bayi yang memiliki sedikit kancing dan tali. Baju bayi dengan kancing kecil, hiasan manik-manik kecil juga bukan menjadi pilihan Moms. Hal itu bisa menimbulkan risiko tersedak jika copot disaat dimainkan kemudian tertelan oleh bayi.

Baju dengan tali yang panjang atau ornamen yang melekat erat di lengan, kaki, atau leher bayi Moms juga tidak aman. Pilih baju bayi yang mudah dipakai dan dilepas. Ini akan sangat membantu Moms.

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Mengorganisir Baju Bayi

2. Belanja Berdasarkan Berat Bayi, Bukan Usia

Ini 5 Hal Yang Harus Moms Tahu Tentang Baju Bayi -2.jpg

Pict: Kinderzeit.org

Saat ini, umur bukan lagi patokan saat hendak membeli baju bayi. Karena ukuran tiap bayi berbeda-beda setiap bulannya dan ukuran setiap merek pun akan berbeda, maka pilihan terbaik Moms adalah mempertimbangkan berat badan Si Kecil.

Berat badan adalah ukuran yang lebih baik. Beberapa bayi tidak cocok dengan ukuran baju newborn. Yang lain bahkan mungkin akan lebih membutuhkan baju berukuran 3 saat berusia 1 bulan. Jadi, beli baju dalam ukuran 6 bulan atau 1 tahun untuk dimiliki.

Bukan ide bagus untuk membeli pakaian musiman, seperti pakaian renang atau mantel musim dingin jauh-jauh hari. Hal ini karena Anda tidak bisa memprediksi ukuran baju bayi Moms.

Baca Juga: Berapa Banyak Jumlah Baju yang Harus Dibeli untuk Bayi Baru Lahir?

3. Pilih Model yang Simpel

Ini 5 Hal Yang Harus Moms Tahu Tentang Baju Bayi -3.jpg

Pict: Netkadinlar.com

Baju bayi dengan leher yang lebih besar akan lebih baik. Ini akan mempermudah Moms saat memakaikan atau membukanya. Namun, saat mau dipakai atau dibuka, lakukan yang cepat, karena bayi akan cepat panik ketika napasnya tersumbat atau ketika mereka tidak dapat melihat Moms.

Pilih juga baju yang memiliki ritsleting di bagian depan, karena akan lebih mudah dikenakan dan dilepas daripada yang ada di belakang. Jumper juga akan selalu jadi pilihan, karena akses membuka dan menutup pakaian dari arah bawah akan lebih cepat digunakan saat mengganti popok.

Selain itu, jumper juga akan menghindari bagian perut bayi terbuka, sehingga meminimalisir terjadinya masuk angin. "Manfaat utama adalah mereka akan tetap berada di tempatnya dan dapat menjaga punggung dan perut bayi Anda tidak terkena angin," kata Suzanne Price, pendiri pakaian anak-anak Sprout.

Baca Juga: Bayi Memiliki Kulit Sensitif? Simak 3 Tips Mencuci Pakaian Ini

4. Pakai Celana Tutup Kaki

Ini 5 Hal Yang Harus Moms Tahu Tentang Baju Bayi -4.jpg

Pict: Yaoota.com

Ini adalah celana dengan kaki bawaan, dia akan menghilangkan kebutuhan kaus kaki atau sepatu bayi. Seperti Moms tahu, kaos kaki akan menjadi PR saat Si Kecil sudah bisa menendang. Apalagi saat Moms akan mengumpulkannya untuk dicuci.

Dengan ini, selama Si Kecil nyaman mereka akan bisa digunakan lebih lama. Setelah itu, Moms dapat memotong bagian kaki dan menjahit bagian bawahnya. Dan voila, Moms memiliki celana baru.

Baca Juga: Harus Tahu, Ini 3 Cara Memilih Pakaian Bayi Berkualitas

5. Selalu Sedia Selimut

Ini 5 Hal Yang Harus Moms Tahu Tentang Baju Bayi -5.jpg

Pict: Markngraham.com

Benda mungil ini akan selalu menjadi penolong Moms. Saat salah kostum, saat cuaca berangin, saat hujan, dan dia akan sangat membantu Moms saat Si Kecil harus keluar di malam hari. Bahkan, dia akan sangat berguna saat harus menyusui di luar ruangan.

Selimut akan membuat bayi merasa nyaman dan terlindungi. “Di musim panas, selimut ringan bisa digunakan. Pilihlah sesuatu yang lebih tebal saat hari semakin dingin. Bagaimana pun kondisinya, tutupi bay dari jari kaki ke leher,” kata Melanie Smith, DO, seorang dokter anak dengan Pediatrics East di Arlington, Tennessee.

Meski menyenangkan, Moms jangan sampai terlena saat masuk ke toko bayi. Jangan sampai ada terlalu banyak baju bayi yang tak terpakai. Sedikit berbelanja namun tept fungsi juga akan membuat Moms irit kan Moms? (FAR)

Artikel Terkait