2-3 TAHUN
8 Maret 2019

Ini 5 Manfaat Yoga Untuk Balita

Bermanfaat untuk fisik, mental, dan spiritual
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan


Selama ini orang mengira yoga hanya cocok dilakukan oleh orang dewasa, padahal manfaat yoga untuk balita tidak kalah banyak loh, Moms.

Latihan yoga yang banyak melibatkan tarikan napas dalam, peregangan, dan pergerakan tubuh yang lembut ternyata bisa memberikan efek positif bagi kondisi mental dan fisik balita.

American Academy of Pediatrics bahkan merekomendasikan yoga sebagai terapi yang efektif dan aman untuk mengatasi anak yang sedang mengalami gangguan kondisi emosional, mental, fisik, dan perilaku.

Moms, mau tahu apalagi manfaat yoga untuk balita?

1. Meningkatkan Kelenturan Fisik

moms, ini 5 manfaat yoga untuk balita 1
Foto : samanyayoga.com

Saat melakukan pose yoga, balita akan belajar untuk menggunakan otot mereka dengan cara yang berbeda.

Selain akan meningkatkan kelenturan fisik, yoga juga akan membuat balita lebih mengenal bagian tubuhnya serta bisa menggunakannya dengan lebih efisien.

Baca Juga : 5 Cara Mendidik Anak Jadi Suka Olahraga dan Mencetak Prestasi

2. Memperbaiki Keseimbangan dan Koordinasi

moms, ini 5 manfaat yoga untuk balita 2
Foto : happybabyla.com

Moms, salah satu elemen kunci dalam yoga adalah keseimbangan. Nah, berbagai pose keseimbangan dalam yoga bertujuan untuk meningkatkan keseimbangan mental dan fisik.

Sebagai contoh, balita akan belajar bahwa dia harus bisa menenangkan diri untuk bisa berdiri dengan satu kaki.

Koordinasi juga berkaitan erat dengan keseimbangan dan akan meningkatkan ketangkasan balita secara menyeluruh, sehingga si kecil akan memiliki koordinasi motorik halus dan kasar yang baik.

3. Mengembangkan Fokus dan Konsentrasi

moms, ini 5 manfaat yoga untuk balita 3
Foto : busylizzy.com

Saat melakukan pose keseimbangan, secara alami balita akan meningkatkan fokus dan perhatiannya, bahkan meski sebelumnya dia mengalami gangguan perhatian seperti ADHD.

Pose keseimbangan yang harus dilakukan dalam keadaan stabil juga akan membantu menenangkan serta menjernihkan pikiran si kecil.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa manfaat yoga untuk balita ini juga bisa dirasakan dari membaiknya fokus dan konsentrasi balita saat belajar di sekolah lho, Moms.

4. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

moms, ini 5 manfaat yoga untuk balita 4
Foto : prestigepreschoolacademy.com

Moms pasti tahu kan kalau pose dalam yoga terkadang tidak mudah dilakukan?

Nah, menguasai pose yoga secara tidak langsung akan mengajarkan balita untuk menjadi pribadi yang gigih, disiplin, sabar, dan bekerja keras untuk mencapai tujuan mereka.

Saat sudah menguasainya, otomatis balita akan merasa lebih yakin dan percaya pada dirinya sendiri kan, Moms?

Baca Juga : 7 Film Indonesia Tema Olahraga yang Bisa Ditonton Bersama Si Kecil

5. Menenangkan Hati dan Pikiran

moms, ini 5 manfaat yoga untuk balita 5
Foto :  youngyokes.org

Bukan hanya orang dewasa saja yang bisa stress, balita juga bisa merasakannya saat menghadapi tekanan dari lingkungan, orang tua, maupun karena pikirannya sendiri.

Gerakan yoga yang lembut bisa membantu balita menenangkan pikiran, meredakan stress, serta merasakan kedamaian di dalam dirinya.

Sebuah survey yang dilakukan oleh National Public Radio bahkan menemukan bahwa melakukan yoga secara rutin bisa mengurangi perilaku agresif, hiperaktif, dan ketertutupan pada balita.

Sedangkan sebuah studi yang dilakukan oleh New York University menyatakan bahwa yoga memberikan efek positif bagi balita penyandang autis dan ADHD.

Manfaat yoga untuk balita bukan hanya berhubungan dengan fisik, tapi juga akan berdampak positif bagi perkembangan pribadi, karakter, serta pola pikirnya.

Bagaimana Moms, mulai tertarik mengajak balita kesayangan berlatih yoga?

(WA)

Artikel Terkait