BAYI
26 Februari 2020

Ini 5 Penyebab Bintik Merah pada Bayi yang Umum Terjadi

Cari tahu penyebabnya agar bisa diatasi dengan tepat
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Bintik merah pada bayi adalah kondisi kulit yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Penyebabnya bisa karena kondisi yang tidak berbahaya seperti jerawat atau biang keringat, hingga sesuatu yang lebih serius.

Oleh karena itu, Moms perlu mencari tahu dan mengenali kondisi kulit yang menjadi penyebab bintik merah pada bayi, sehingga, Si Kecil mendapatkan perawatan yang tepat dan efektif.

Penyebab Umum Bintik Merah pada Bayi

Sebagian besar bayi bisa memiliki bintik merah pada suatu waktu, dan banyak dari bintik merah ini yang hilang tanpa perawatan, tetapi ada yang mungkin disertai demam, gatal, dan gejala lainnya.

Berikut ini beberapa kondisi yang bisa menyebabkan timbulnya bintik merah pada kulit bayi.

Baca Juga: Pipi Anak Berbintik Kemerahan? Jangan-jangan Itu Gejala Rosacea

1. Jerawat Bayi

bintik merah pada bayi-jerawat bayi

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip Pregnancy Birth & Baby, beberapa bayi mengalami jerawat di pipi dan hidung mereka dalam beberapa bulan pertama kehidupan. Jerawat ini biasanya hilang tanpa pengobatan dalam beberapa bulan, tetapi kadang-kadang bisa memakan waktu satu tahun.

Jerawat pada bayi umumnya muncul 2-4 minggu setelah kelahiran. Jerawat bisa muncul di pipi, hidung, atau dahi. Hingga saat ini, penyebab jerawat pada bayi belum diketahui.

Tetapi, jangan gunakan produk jerawat untuk kulit dewasa pada bayi, karena kulit Si Kecil masih sangat sensitif. Penggunaan sembarang produk pada bayi bisa menyebabkan iritasi untuk kulitnya.

2. Eksim

bintik merah pada bayi-eksim

Foto: Orami Photo Stock

Bintik merah pada bayi juga bisa disebabkan oleh masalah kulit lain seperti eksim.

Pada Journal of Clinical and Investigative Dermatology, kondisi eksim dapat membuat kulit kepala gatal, mengelupas, radang, dan pruritus (rasa gatal pada seluruh atau sebagian tubuh seseorang yang bisa disertai ruam).

Gejala dari eksim dapat berupa kulit yang memerah dan radang, bersisik, berminyak, sangat gatal atau terasa seperti terbakar, dan memiliki lesi.

Baca Juga: Ketahui 3 Penyebab Eksim pada Bayi

3. Biang Keringat

bintik merah pada bayi-biang keringat

Foto: Orami Photo Stock

Biang keringat juga dapat memberikan bintik merah pada bayi. Kondisi ini termasuk dalam kondisi yang umum terjadi pada Si Kecil.

Mengutip jurnal American Academy of Family Physicians (AAFP), biang keringat pada bayi terjadi karena ketidakmatangan pada struktur kulit. Kondisi ini diduga disebabkan oleh tersumbatnya saluran keringat.

Biang keringat umumnya muncul di leher, bahu, dada, ketiak, lipatan siku, dan pangkal paha, dan biasanya muncul saat cuaca sedang panas.

4. Campak

bintik merah pada bayi-campak

Foto: Orami Photo Stock

Melansir Kids Health, gejala pertama campak pada Si Kecil bisa berupa batuk, pilek, demam tinggi, dan mata merah. Ia juga mungkin memiliki bintik-bintik Koplik (bintik-bintik merah kecil dengan bagian tengah biru-putih) di dalam mulut sebelum muncul ruam.

Campak disebabkan oleh virus, jadi tidak ada perawatan medis khusus untuk mengobatinya. Jika Si Kecil sakit, ia harus minum banyak cairan, banyak istirahat, dan tinggal di rumah untuk mencegah penyebaran infeksi.

Baca Juga: 4 Kriteria Pelembap untuk Kulit Kering Bayi

5. Ruam Popok

bintik merah pada bayi-ruam popok

Foto: Orami Photo Stock

Ruam popok pada bayi juga hal yang umum terjadi pada Si Kecil, dan dapat menimbulkan bintik merah pada bayi. Mengutip Family Doctor, ruam popok biasanya berupa warna kemerahan dan pada kulit di area bagian bawah atau area genital bayi.

Meskipun penyebab ruam popok sering dikaitkan dengan popok yang basah atau jarang diganti, sensitivitas kulit, dan radang. Tetapi, kondisi ini bisa terjadi bahkan pada bayi yang mengganti popok secara teratur.

Itu dia Moms, penyebab umum munculnya bintik merah pada bayi. Dengan mengetahui nama dari kondisi yang sedang dialami Si Kecil, dapat membantu bayi mendapatkan perawatan yang tepat.

Artikel Terkait