NEWBORN
14 Agustus 2019

Ini 5 Perlengkapan Bayi untuk Tidur Agar Si Kecil Tidur Nyaman dan Aman

Jangan gunakan bantal bila usia Si Kecil masih di bawah 1 tahun
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Tidak ada salahnya untuk menyiapkan kamar bayi sembari menantikan Si Kecil yang masih berada di dalam kandungan.

Tentu saja, saat Si Kecil lahir ke dunia, Moms ingin agar ia bisa tidur dengan nyenyak dan tenang. Namun, jangan lupa juga bahwa penting membuat bayi tidur dengan aman.

Ada beberapa perlengkapan bayi untuk tidur yang sebaiknya perlu Moms miliki untuk memastikan Si Kecil tidur dengan aman dan nyaman, dan tidak membutuhkan perlengkapan bayi yang banyak.

Berikut ini beberapa perlengkapan bayi untuk tidur yang perlu dimiliki, dikutip dari Baby Centre.

Baca Juga: Lebih Baik Beli Atau Sewa Perlengkapan Bayi?

1. Matras

perlengkapan bayi tidur-1.jpg

Kasur bayi harus memiliki tebal minimal 8-10 cm untuk membantu menopang bayi yang sedang tidur. Keranjang atau boks akan membutuhkan kasur yang panjangnya tidak lebih dari 5 cm.

Terlepas matrasnya terbuat dari busa, serat alami, atau memiliki pegas melingkar, pastikan matras tersebut kuat, penuh terisi dan tanpa celah, serta tidak kendur.

2. Seprai dan Selimut

perlengkapan bayi tidur-2.jpg

Moms dapat memilih seprai dari tenunan kapas, kain flanel yang terasa hangat saat disentuh, katun bahan terry atau katun kaus. Cukup beli 2-3 lembar sudah cukup.

Moms bisa membeli selimut yang berlapis (cellular blanket), sehingga bisa menjaga bayi pada suhu yang tepat dengan melepas atau menambahkan selimut sesuai kebutuhan.

Jika bayi tidur di kamar yang dingin, coba gunakan selimut akrilik. Bila hendak memilih selimut wol, periksa apakah selimut tersebut bisa dicuci dengan mesin.

Jangan gunakan duvet (sejenis bed cover untuk bayi) atau bantal sampai bayi berusia 12 bulan. Barang-barang ini dapat membatasi gerakan bayi dan mungkin membuat suhu tubuhnya jadi panas.

Selimut, seprai, dan kantung tidur adalah peralatan yang cukup dan bisa digunakan sampai bayi bisa tidur ke tempat tidur yang lebih besar.

3. Kantung Tidur Khusus Bayi

perlengkapan bayi tidur-3.jpg

Banyak orang tua lebih suka menggunakan kantung tidur daripada selimut, karena bayi tidak bisa menendang, kedinginan dan bisa bangun di malam hari.

Penggunaan kantung tidur juga dapat menghentikan bayi menggeliat di bawah selimut.

Kantong tidur dapat digunakan saat bayi lahir. Tapi, pastikan pilih yang dibuat untuk bayi baru lahir sehingga ukuran lehernya benar. Ini akan menghentikan bayi tergelincir ke dalam kantung saat ia tidur.

Baca Juga: Ini Manfaat dan Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak

4. Monitor Bayi

perlengkapan bayi tidur-4.jpg

Monitor bayi mungkin tidak terlalu berguna untuk membantu bayi tidur lelap, tetapi alat ini bisa memberikan Moms ketenangan pikiran karena dapat mengawasi Si Kecil jika ia tidur di ruangan terpisah.

Ada monitor audio menangkap suara-suara yang dikeluarkan bayi, Moms dapat mengawasi bayi dari ruangan mana saja di rumah dan mendengar setiap tangisannya.

Baca Juga: Tanda Dot dan Botol Susu Bayi Harus Diganti dengan yang Baru

5. Dot Bayi

perlengkapan bayi tidur-5.jpg

Pertimbangkan untuk memberikan dot bayi saat ia tidur, ini dapat membantunya membuka saluran pernapasan dan mengurangi risiko mati lemas. Tapi jangan memaksanya jika bayi menolak.

Jika Moms menyusui Si Kecil langsung, cobalah untuk tetap melakukannya.

Mengutip What to Expect, menyusui selama 2-4 bulan mengurangi risiko SIDS hingga 40 persen, dan menyusui 4-6 bulan dapat mengurangi risiko SIDS hingga 60 persen.

Nah, itu dia beberapa perlengkapan bayi untuk tidur yang perlu Moms miliki untuk bayi yang baru lahir.

Artikel Terkait