PROGRAM HAMIL
5 Februari 2020

Ini 5 Posisi Bercinta Untuk Program Hamil yang Dinilai Efektif

Variasi posisi bercinta untuk program hamil untuk memaksimalkan peluang kehamilan
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tidak ada posisi bercinta yang salah saat berbicara tentang rencana untuk hamil, namun beberapa posisi bercinta mungkin dapat meningkatkan peluang sperma untuk bertemu dengan telur.

Posisi Bercinta untuk Program Hamil

Meski belum ada bukti ilmiah mengenai efektivitas setiap posisi bercinta untuk program hamil ini, namun tidak ada salahnya Moms dan Dads mencoba posisi berikut yang sekaligus dapat menjadi variasi dalam bercinta.

1. Misionaris

1 Misionaris.jpg

Foto: mariefranceasia.com

Rekomendasi posisi bercinta untuk program hamil ini adalah posisi paling umum. Beberapa studi tentang hubungan seksual memberi petunjuk bahwa posisi misionaris memperlihatkan posisi anatomis yang menguntungkan bagi pasagan yang sedang merencanakan kehamilan.

Teorinya, jika posisi Dads di atas, posisi leher rahim lebih memudahkan untuk sampai ke lokasi air mani dalam vagina, sehingga memberi akses sperma ke lendir pelindung serviks.

“Namun, tidak ada data ilmiah mengenai hal tersebut,” ungkap ahli fertilitas di Women & Infants Center for Reproduction and Infertility di Providence sekaligus Profesor di Brown Alpert Medical School, Kelly Pagidas, M. D., seperti dikutip dari parents.com.

Baca Juga: Posisi Bercinta Memengaruhi Jenis Kelamin Bayi?

2. Doggie Style

2 Doggie Style.jpg

Foto: stayathomemum.com.au

Posisi bercinta untuk program hamil ini menempatkan Moms dengan posisi merangkak dan posisi pria masuk dari belakang. Posisi ini memberi penetrasi lebih dalam.

“Setiap posisi yang memungkinkan penetrasi lebih dalam akan membantu sperma lebih dekat ke leher rahim dan membuat pembuahan lebih mungkin terjadi,” ungkap Dokter kandungan dan moderator talk show The Doctors, Nita Landry, MD, seperti dikutip dari thebump.com.

3. Reverse Cowgirl

3 Reverse Cowgirl.jpg

Foto: sheknows.com

Menurut American Pregnancy Association, satu dari lima wanita mengalami rahim miring.

Jika Moms merupakan salah satunya, maka posisi bercinta untuk program hamil ini adalah pilihan yang tepat. Posisi ini menempatkan wanita dengan posisi duduk membelakangi pria.

Sebagian besar wanita mungkin tidak mengetahui dirinya memiliki rahim miring, sehingga menjadikan posisi ini sebagai variasi bercinta mungkin pilihan yang baik.

Baca Juga: 5 Posisi Seks yang Cocok Dilakukan Saat Bercinta Kilat di Siang Hari

4. Posisi Gunting Menyamping

4 Posisi Gunting Menyamping.jpg

Foto: shape.com

Saat melakukan posisi bercinta untuk program hamil ini, Moms dan Dads menatap satu sama lain saat penetrasi dengan posisi menyamping.

Tidak hanya lebih romantis yang tentunya akan semakin meringankan saraf, yang berhubungan dengan seks untuk mencapai kehamilan.

Namun juga memungkinkan penis masuk lebih dalam, sehingga membantu sperma lebih cepat mencapai leher rahim.

5. Rear Entry

5 Rear Entry.jpg

Foto: Vladislav Muslakov – Unsplash.com

Posisi bercinta untuk program hamil ini menempatkan wanita pada posisi berbaring terbalik dengan bagian perut di bawah, lalu penis pria masuk melalui belakang.

Menurut penelitian dalam Journal of Sex & Marital Therapy, posisi ini dapat membantu penis mencapai bagian lebih dalam pada pembukaan vagina daripada posisi misionaris. Hasil dari penelitian ini didasarkan pada pemantauan hubungan seksual yang dilihat melalui MRI.

Baca Juga: Ini Posisi Bercinta Terbaik untuk Moms yang Punya Tubuh Berisi!

Itulah beberapa posisi bercinta untuk program hamil yang dapat Moms dan Dads lakukan sebagai variasi untuk mencapai kehamilan.

Artikel Terkait