JALAN-JALAN
28 Desember 2019

Ini 5 Tempat Wisata di Solo yang Patut Dikunjungi Saat Liburan

Si Kecil bisa puas bermain air di Pandawa Water World
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms mungkin salah satu dari sekian banyak keluarga yang merencanakan liburan akhir tahun dengan pergi ke luar kota. Di Indonesia sendiri, ada banyak pilihan daerah berwisata, salah satunya Solo.

Jika Moms dan keluarga sedang berwisata atau masih merencanakan pergi ke Solo tetapi belum memiliki lokasi untuk dikunjungi, berikut ini beberapa tempat wisata di Solo yang bisa menjadi rekomendasi menarik.

Tempat Wisata di Solo yang Perlu Dicoba

1. The Lawu Park

wisata di solo.jpg

Foto: instagram.com/ema_pramasari

The Lawu Park adalah destinasi wisata di kaki Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar. Tempat wisata di Solo ini sangat pas untuk wisata alam, karena ada beberapa aktivitas seperti hiking, forest walk, flying fox, dan sky walk.

Menawarkan pemandangan yang asri dan menyejukkan, Moms dan Si Kecil juga dapat berfoto dengan dekorasi latar yang Instagram-able.

Untuk harga tiket masuk ke The Lawu Park yaitu Rp15.000, dan tiap aktivitas outdoor-nya juga dikenakan biaya sendiri. The Lawu Park buka Senin-Minggu pada pukul 09.00-18.00 WIB.

Baca Juga: 5 Hotel Ramah Anak di Bogor untuk Liburan Akhir Tahun

2. The Heritage Palace

wisata di solo-2.jpg

Foto: instagram.com/dianroma2006

The Heritage Palace adalah tempat wisata di Solo yang berlokasi di Honggobayan, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo. Tempat ini dibuka sejak 9 Juni 2018.

Di sini, Moms bisa melihat beberapa bangunan bersejarah, mobil antik, museum 3D serta Omah Walik. Selain itu, kawasan wisata ini cocok untuk Moms dan keluarga mengambil potret liburan yang seru.

The Heritage Palace buka setiap hari, Senin-Kamis pada pukul 10:00-18:00 WIB, Jumat-Minggu buka pukul 09:00-21:00. Harga tiket masuk Rp55.000 per orangnya.

3. Pandawa Water World

wisata di solo-3.jpg

Foto: instagram.com/fanny_nh

Tentunya liburan keluarga tidak lengkap tanpa sempat berkunjung ke lokasi wisata air di Solo. Moms bisa ajak Si Kecil bermain di Pandawa Water World yang berlokasi di Solo Baru.

Pandawa Water World merupakan salah satu tempat wisata air yang terbesar di Indonesia. Terdiri dari 27 wahana air, Si Kecil pasti akan puas bermain air di sini lho, Moms.

Pandawa Water World buka setiap hari, kecuali hari Selasa, dengan jam buka 12.00-18.00 (weekday), dan jam 08.00-18.00 (weekend/hari libur).

Baca Juga: 10 Tempat Liburan Akhir Tahun yang Cocok untuk Balita

4. Museum Batik Danar Hadi

wisata di solo-4.jpg

Foto: instagram.com/arsuktraveler

Moms tentu sudah sering mendengar tentang batik Danar Hadi. Nah, di Solo, Moms bisa mengunjungi Museum Batik Danar Hadi yang berlokasi di Jalan Brigjend Slamet Riyadi, Sriwedari No. 261, Laweyan, Surakarta.

Tempat wisata di Solo ini menampilkan aneka macam koleksi batik dalam berbagai corak yang ada di Indonesia. Mulai dari corak batik klasik hingga kontemporer.

Lokasi wisata ini sangat cocok sebagai cara untuk mengedukasi aneka ragam budaya yang ada di Indonesia pada Si Kecil.

Baca Juga: Jangan Lupa Ajak Si Kecil ke 5 Tempat Wisata Anak di Bandung Ini

5. Keraton Surakarta Hadiningrat

wisata di solo-5.jpg

Foto: instagram.com/diena.saraswaty

Keraton Surakarta Hadiningrat adalah tempat wisata di Solo yang sudah sangat populer dan terkenal bagi para wisatawan dalam maupun luar negeri. Moms dapat berkunjung ke tempat wisata ini saat pergi berlibur ke Solo.

Daerah Keraton Surakarta Hadiningrat ini dibagi menjadi Alun-alun Lor, Alun-alun Kidul, Sasana Sumewa, Siti Hinggil Lord an Kidul, Kemandungan Lord an Kidul, Sri Manganti Lord an Kidul, Kedaton, serta Kamagangan.

Ada lokasi di keraton juga digunakan sebagai museum. Museum ini menampilkan benda-benda koleksi peninggalan kerajaan. Cocok untuk wisata edukasi budaya Si Kecil.

Itu dia Moms, rekomendasi tempat wisata di Solo yang bisa dikunjungi saat berlibur ke sana. Selamat menikmati liburan!

Artikel Terkait