BALITA DAN ANAK
8 Januari 2020

Ini 6 Cara Alami Sembuhkan Penyakit Gondok Pada Anak

Ketika gondok masih kecil, Moms bisa mengobatinya dengan cara alami seperti berikut ini
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Gondok adalah kondisi medis yang ditandai dengan pembengkakan kelenjar tiroid. Ini dapat terjadi karena hipotiroidisme (kelenjar tiroid yang kurang aktif), hipertiroidisme (kelenjar tiroid yang terlalu aktif), atau euthyroidisme (fungsi tiroid yang normal).

Singkat kata, kekurangan dan kelebihan hormon tiroid dapat menyebabkan kelenjar membengkak. Ini biasanya bukan penyakit yang menyakitkan tetapi membawa banyak gejala lain yang dapat mengganggu fungsi normal tubuh.

Anak balita juga dapat terkena gondok. Gondok yang belum membesar dapat diobati dengan bahan alami yang bisa di dapatkan di rumah. Moms dapat mengobati atau bahkan mencegah gondok sebelum terjadi pada Si Kecil.

Baca Juga: Penyakit Gondok pada Balita, Berbahayakah?

6 Cara Mengobati Gondok pada Balita

1. Makanan Tinggi Yodium

mengobati gondok pada balita

Foto: medicalnewstoday.com

Dapatkan yodium yang cukup. Makanan tinggi yodium dapat ditemukan dalam garam dapur, makanan laut, rumput laut sekitar dua kali seminggu. Udang dan kerang memiliki kandungan yodium yang tinggi.

Namun, jangan sampai juga anak Moms kelebihan yodium. Terlalu banyak yodium juga terkadang menyebabkan gondok. Jika kelebihan yodium merupakan masalah, hindari suplemen garam, kerang, rumput laut dan makanan yang diperkaya yodium.

2. Virgin Coconut Oil

mengobati gondok pada balita

Foto: echostore.ph

Minyak kelapa murni mengandung asam laurat tingkat tinggi, trigliserida rantai menengah, yang diubah menjadi monolaurin, dan memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi serta meningkatkan metabolisme.

Moms bisa mencampurkannya pada berbagai jenis makanan maupun minuman, atau bahkan meminumkannya langsung pada Si Kecil. Cari VCO yang tidak terlalu kental sehingga nyaman saat diminum langsung.

Baca Juga: 6 Komplikasi Gondongan pada Anak, Waspada!

3. Rumput Laut

mengobati gondok pada balita

Foto: healthyfood.co.uk

Rumput laut adalah sumber yodium baik yang membantu menghasilkan hormon tiroid. Rumput laut juga mengandung tirosin, asam amino pendukung yang membantu produksi hormon tiroid.

Rumput laut enak sekali dicampur dengan berbagai masakan, salad, atau sushi. Konsumsi minimal 2x seminggu untuk membantu tubuh Si Kecil mendapatkan yodium yang cukup untuk tubuh.

4. Bawang Putih

mengobati gondok pada balita

Foto: medicalnewstoday.com

Bawang putih merangsang produksi glutathione dalam tubuh karena mengandung selenium, yang diperlukan untuk fungsi tiroid yang sehat.

Yang terbaik untuk mengobati gondok adalah dengan mengunyah bawang putih mentah. Namun, anak balita tentu tidak menyukai rasanya. Untuk menutupi rasa bawang putih yang kuat, Moms bisa mencampurkan jus bawang putih dengan lemon dan madu. Atau bisa juga dicampurkan dengan jus nanas yang di mix dengan tomat dan wortel.

Baca Juga: Mengenal Virus Gondongan dan 5 Komplikasi Serius yang Dapat Terjadi

5. Moringa / Daun Kelor

mengobati gondok pada balita

Foto: chasorganics.com

Dilansir dari Pharmacological Research, daun kelor dapat membantu mengatur produksi hormon tiroid. Tanaman herbal ini dapat dengan mudah di dapatkan, terlebih sekarang sudah banyak orang yang menjualnya dalam bentuk ekstrak atau teh. Akan lebih mudah untuk Si Kecil untuk mengkonsumsinya.

Moms bisa mencampurkan ekstrak pada makanan atau minuman Si Kecil supaya dapat di konsumsi lebih mudah.

6. Kunyit

mengobati gondok pada balita

Foto: medicalnewstoday.com

Kunyit adalah rempah kuat yang tidak hanya menambah warna dan rasa pada makanan tetapi juga memiliki banyak khasiat bermanfaat yang meningkatkan kesehatan. Studi telah menemukan bahwa kunyit dapat bermanfaat dalam pengobatan gondok.

Moms dapat mencampurkan kunyit dalam berbagai jenis masakan, maupun minuman seperti jamu. Tentu Si Kecil akan menyukainya.

Setelah mengetahui makanan yang bisa mencegah gondok, Moms juga perlu mengetahui ada beberapa makanan yang tidak dianjurkan untuk penderita gondok, antara lain bunga kol, Kubis, Lobak, Sawi hijau, bayam, Brokol, Kacang kedelai, Lobak, Ubi jalar, Stroberi.

Baca Juga: Tak Hanya Karena Gondongan, Ini 10 Penyebab Lainnya Benjolan di Leher

“Makanan goitrogenik adalah makanan yang menghambat fungsi normal kelenjar tiroid. Akibatnya, kelenjar tidak dapat mensintesis yodium dengan baik,” jelas Priyanka Sadhukhan seorang ahli gizi seperti dikutip pada stylecraze.com.

“Untuk menghilangkan efek buruk makanan goitrogenik pada tiroid, Anda bisa memasaknya terlebih dahulu. Anda tidak perlu menghindarinya samasekali, cukup mengkonsumsinya dalam jumlah terbatas saja tidak berlebihan.”

DH

Artikel Terkait