KESEHATAN
22 Januari 2020

Ini 6 Cara Membersihkan Muka yang Sebaiknya Dilakukan, Tak Sembarangan!

Wajah jadi lebih bersih dan bebas masalah
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Dina Vionetta

Tengok cara membersihkan muka yang disarankan ahli berikut ini yuk, Moms. Setiap orang ingin wajah yang bersih, terawat, dan tampak bercahaya.

Aktivitas di luar ruangan yang padat dan penggunaan makeup membuat wajah terpapar polusi dan debu. Karena itu, Moms perlu rajin membersihkan muka.

Tetapi, cara membersihkan muka tidak hanya sekadar menggunakan sabun muka dan air saja lho, Moms. Jika dilakukan dengan benar, wajah tidak hanya terawat, tetapi akan terhindar dari masalah seperti jerawat.

Membersihkan muka dapat menyapu kotoran, sel-sel kulit mati, makeup, dan hal lain yang dapat menyumbat pori-pori atau menyebabkan kulit tampak kusam.

"Pembersihan wajah yang tepat mencegah jerawat, meningkatkan kesehatan kulit, dan bahkan mengurangi peradangan kulit," jelas Joshua Zeichner, M.D., direktur penelitian kosmetik dan klinis dalam dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City, mengutip SELF.

Tanpa berlama-lama lagi, ketahui seperti apa cara membersihkan muka yang tepat berikut ini.

Baca Juga: 5 Micellar Water Murah di Bawah 50 Ribu untuk Membersihkan Wajah

Cara Membersihkan Muka

1. Cuci Muka Sebelum Tidur

cara membersihkan muka-1

Foto: pixabay.com

Membersihkan muka di malam hari menjadi aturan yang wajib dilakukan dalam hal merawat kulit, dan hal ini berlaku bahkan jika Moms tidak memakai makeup.

"Pada siang hari, minyak alami dan keringat menumpuk di kulit. Wajah terpapar lingkungan, yang berarti kotoran dan polusi menumpuk di lapisan kulit luar," jelas Dr. Joshua.

Ketika muka tidak dibersihkan dengan baik, kotoran tidak dibersihkan dengan baik, dan dampaknya dapat memicu iritasi pada kulit, mengakibatkan peradangan, dan munculnya jerawat.

2. Cuci Wajah di Pagi Hari

cara membersihkan muka-2

Foto: shutterstock.com

Meskipun Moms bangun dengan kondisi kulit yang bersih dari riasan wajah, tetapi membersihkan muka di pagi hari juga perlu dilakukan. Terutama ketika menggunakan produk perawatan kulit malam hari.

"Ketika Anda tidur di malam hari, bakteri dari air liur dan minyak dari rambut dengan mudah menempel ke wajah dan mata Anda," terang Rachel Nazarian, M.D., dokter kulit di Schweiger Dermatology Group di New York dan New Jersey.

Baca Juga: Kenapa Tidak Boleh Langsung Cuci Muka Setelah Panas-panasan?

3. Gunakan Suhu Air yang Tepat

cara membersihkan muka-6

Foto: freepik.com

Menggunakan air panas di kamar mandi untuk mencuci wajah mungkin terasa sangat menyenangkan, tetapi sebenarnya hal ini dapat merusak kulit halus di wajah.

"Suhu ekstrem, seperti ketika mandi uap atau menggunakan air panas, dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah dan kerusakan jaringan halus," kata Dr. Zeichner.

Sebagai cara membersihkan wajah yang tepat, disarankan menggunakan air hangat atau suam-suam kuku, terutama bagi Moms yang memiliki kulit kering atau sensitif yang lebih rentan.

Mengutip

4. Pakai Pembersih Muka Sesuai Jenis Kulit

cara membersihkan muka-1.jpg

Foto: theskincareedit.com

Dalam Indian Journal of Dermatology, sabun pembersih wajah kini berfungsi sebagai agen pembersih untuk menghilangkan sebum, kotoran, sel-sel mati, dan mikroorganisme dari kulit.

Pastikan menggunakan pembersih yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki. Pertimbangkan hal-hal seperti jenis kulitnya, apakah berminyak, kering, normal, sensitif, atau kombinasi.

Mengutip Acne.org, cari istilah "non-comedogenic" saat memilih pembersih wajah, dengan informasi tambahan seperti "ultra-gentle," "mild," "non-irritating," dan/atau "non-overdrying".

Jika Moms memiliki jerawat radang, ketika jerawat muncul dengan warna merah, hindari sabun pembersih wajah dengan scrub. Cukup pilih cairan pembersih lembut tanpa bahan pembersih, atau scrub.

Baca Juga: Cara Membersihkan Muka Untuk Kulit Berjerawat

5. Jangan Menggosok Muka Terlalu Agresif

cara membersihkan muka-5

Foto: shutterstock.com

Mungkin Moms menganggap bahwa semakin lama membersihkan muka berarti pembersihan akan semakin baik. Nyatanya, kedua hal ini tidak saling berhubungan lho, Moms.

Cara membersihkan muka yang disarankan yaitu selama 20-30 detik saja. Mencuci wajah terlalu agresif atau terlalu lama, terutama jika sabun pembersih mengandung bahan pengelupas, dapat menyebabkan kulit merah dan iritasi.

"Pastikan mencuci zona-T dan zona-U (di sekitar garis rahang), karena ini adalah area yang cenderung diabaikan oleh orang," terang Jerome Garden, M.D., direktur Physicians Laser and Dermatology Institute di Chicago.

Untuk membersihkan muka dengan benar, Dr. Garden merekomendasikan membasahi wajah dengan suam-suam kuku, dan aplikasikan sabun pembersih dengan gerakan memutar menggunakan dua ujung jari.

6. Pastikan Handuk Wajah Bersih

cara membersihkan muka-3.jpg

Foto: healthspirit.org

Bila sebelumnya Moms menggunakan handuk yang sama untuk membersihkan tubuh dan wajah, mulai sekarang pisahkan menggunakan handuk yang berbeda ya, Moms.

Selain itu, pastikan juga kebersihan handuk wajah. Jika sudah cukup kotor, cuci handuknya dan ganti dengan yang baru. Penggunaan handuk berulang kali bisa menyebarkan lebih banyak bakteri ke wajah, dan menimbulkan jerawat.

Itu dia Moms, cara yang efektif membersihkan muka agar lebih bersih, terawat, dan bebas dari masalah kulit.

Artikel Terkait