RESEP
6 Juli 2019

Ini 6 Jenis Camilan dari Aci yang Selalu Bikin Ketagihan

Cilok dan cimol punya proses memasak yang berbeda.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Indonesia nampaknya memiliki ragam camilan sederhana yang mudah dibuat dan punya rasa yang enak, salah satunya camilan dari bahan aci.

Aci sendiri merupakan nama lain dari tepung tapioka atau tepung kanji. Istilah aci memang kerap digunakan terutama di daerah Jawa Barat.

Karenanya, makanan dari aci punya tekstur yang kenyal. Aci juga banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat makanan tradisional. Apa saja ya jenis camilan dari aci yang selalu bikin ketagihan? Yuk lihat daftarnya di bawah ini!

1. Cireng

makanan aci-cireng.jpg

Foto: instagram.com/cubitcx_

Jenis camilan dari aci yang pertama adalah cireng. Cireng adalah singkatan dari aci digoreng. Seperti namanya, cireng dibuat dengan memadukan aci, daun bawang yang telah diiris, bumbu penyedap seperti garam dan bawang putih, dan air hangat.

Setelah mencampur adonan hingga rata, selanjutnya dibentuk, istirahatkan sejenak di dalam kulkas selama 15 menit, dan bisa langsung digoreng ke dalam minyak panas.

Sekarang, banyak cireng yang diisi oleh beragam isian seperti keju, sosis, atau daging.

Baca Juga: Enak dan Sehat! Ini 5 Camilan Berbahan Dasar Buah

2. Cimol

makanan aci-cimol.jpg

Foto: instagram.com/jajanan_byfrozen

Jenis camilan dari aci yang selanjutnya adalah cimol. Cimol juga merupakan singkatan dari aci digemol. Cimol juga dimasak dengan digoreng. Namun, apa yang membedakan adalah tahap penggorengannya.

Biarkan cimol terendam dulu di dalam minyak goreng, baru setelah itu nyalakan kompor. Cara ini dilakukan agar menghindari timbulnya letupan.

Usai adonan cimol digoreng, Moms bisa memberikan taburan cimol seperti bubuk keju, bubuk cabai, atau bubuk asin biasa.

3. Tahu Aci

makanan aci-tahu aci.jpg

Foto: instagram.com/yudhipuspa

Jenis camilan dari aci yang selanjutnya adalah tahu aci. Tahu Aci merupakan olahan makanan yang berasal dari Kota Tegal tepatnya Slawi.

Camilan yang berbahan tahu ini dipadukan dengan tepung aci lalu digoreng kering sehingga punya tekstur renyah dan kenyal sekaligus. Bumbu-bumbu didalamnya memberikan cita rasa berbeda.

Tahu aci bisanya disajikan hangat dan disantap dengan rawit atau sambal kecap.

4. Cilok

makanan aci-cilok.jpg

Foto: instagram.com/theersyah

Jenis camilan dari aci yang selanjutnya adalah cilok. Cilok adalah singkatan dari aci dicolok. Cilok sendiri tidak berbeda jauh dengan cimol. Apa yang membedakan adalah tekstur dan cara pembuatannya.

Jika cimol dimasak dengan cara digoreng, cilok dimasak dengan direbus. Adonan aci yang sudah dibentuk bulat lalu dimasukkan ke dalam air yang mendidih.

Tunggu hingga cilok mengambang di permukaan, angkat dan tiriskan. Cilok biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang lezat.

Baca Juga: Resep Nagasari, Kue Tradisional Berbahan Pisang

5. Bakso Aci

makanan aci-bakso aci.jpg

Foto: instagram.com/cena99snack_cemilanpalembang

Jenis camilan dari aci yang selanjutnya adalah bakso aci. Bakso aci dibuat dengan mencampur tepung sagu dan sedikit daging. Banyak penjual melakukan ini untuk mengurangi biaya produksi bakso, karenanya harga bakso aci jadi lebih murah.

Bakso aci disajikan seperti bakso biasa, dengan kuah dan ragam rempah-rempah yang menyegarkan. Paling enak disantap saat cuaca sedang hujan ya, Moms.

6. Cilor

makanan aci-cilor.jpg

Foto: instagram.com/the90sfoodie

Jenis camilan dari aci yang selanjutnya adalah cilor. Cilor adalah makanan aci yang mengandung aci dan telor, seperti nama singkatannya. Adonan aci dibentuk bulat memanjang, lalu direbus hingga matang.

Setelah itu, adonan aci yang telah direbus dipotong-potong berbentuk dadu. Lalu, celupkan potongan aci rebus tersebut ke dalam telor, lalu goreng seperti biasa.

Namun, ada beberapa cilor yang digoreng memanjang dan dibentuk seperti sate. Moms bisa pilih bentuk yang disuka.

Baca Juga: Resep: Cilok Keju

Nah, itulah jenis camilan dari aci yang selalu berhasil menggugah selera. Dari enam camilan dari aci ini, mana yang jadi favorit Moms?

Artikel Terkait