PROGRAM HAMIL
11 September 2018

Ini 7 Jenis Keju yang Aman Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil!

Amankah keju yang dijual di pasaran untuk dimakan bumil?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla


Moms merupakan pecinta keju? Tapi khawatir mengonsumsinya saat hamil? Tenang, Moms tidak sendirian. Banyak kok ibu hamil lain yang ragu mengonsumsi keju saat hamil.

Keju memang merupakan salah satu jenis makanan yang dipercaya mengandung banyak bakteri, baik bakteri baik maupun jahat.

Proses pembuatan keju yang umumnya dipasteurisasi sehingga tingkat keasaman dan kadar airnya cukup tinggi membuat keju jadi tempat ideal bagi bakteri untuk berkembang biak.

Tidak terkecuali bakteri berbahaya seperti salmonella, listeria, dan E. Coli yang dikhawatirkan akan memberikan dampak buruk pada janin.

Tapi, jangan terburu-buru mengambil kesimpulan Moms. Keju juga ternyata punya banyak manfaat untuk ibu hamil lho.

Kandungan bakteri baik dan kalsium yang tinggi dalam keju sangat baik untuk pertumbuhan janin. Keju juga ternyata mengandung vitamin A, lemak, dan berbagai mineral yang baik untuk Moms dan si jabang bayi.

Baca Juga : Mengapa Ibu Hamil Sering Ngidam Aneh?

Dilansir dari Motherandbaby.co.uk, banyak juga lho Moms jenis keju yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Apa saja? Berikut daftarnya!

Cheddar

shutterstock 285411977

Keju cheddar merupakan keju yang paling banyak beredar di pasaran. Keju cheddar juga cukup banyak digunakan sebagai bahan pembuat kue dan roti.

Nah, Moms yang sangat menyukai keju cheddar tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsinya. Aman kok Moms!

Feta

shutterstock 508432381

Di Indonesia, keju feta memang tidak seumum keju cheddar. Tapi, beberapa menu di restoran memasukkan keju feta sebagai bahan baku.

Keju feta yang berasal dari Yunani ini terbuat dari susu kambing atau domba. Keju feta mengandung banyak vitamin B12 yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

Mozzarella

shutterstock 155541956

Keju satu ini memang sangat menggoda secara visual. Lelehan keju mozzarella di atas pizza atau di lapisan lasagna selalu berhasil membuat orang tergoda.

Meskipun mozzarella masuk kategori keju yang aman dikonsumsi ibu hamil. Tapi, ternyata tidak semua keju mozzarella aman lho Moms.

Selalu pastikan keju mozzarella yang Moms konsumsi terbuat dari susu pasteurisasi.

Baca Juga : Selain Mozzarella, Ada 5 Jenis Keju Lain Yang Tak Kalah Lezat

Soft cheese

shutterstock 122590777

Moms suka mengoles roti dengan keju oles? Moms tidak perlu khawatir. Soft keju yang jadi bahan utama keju oles terbilang aman dikonsumsi ibu hamil karena terbuat dari susu yang dipasteurisasi.

Mascarpone

shutterstock 774255310

Pecinta tiramisu atau cheese cake pasti kenal betul jenis keju satu ini. Ya, mascarpone.

Keju lembut asal Italia ini umumnya digunakan sebagai bahan kue. Keju bercita rasa manis gurih ini juga masuk kategori aman asalkan dibuat dari susu pasteurisasi.

Edam

shutterstock 218008810

Moms yang hobi membuat kue kering pasti sering sekali bergelut dengan keju edam ini.

Di supermarket besar, keju asal Belanda ini juga dijual dalam kemasan kecil yang bisa jadi teman sarapan di pagi hari. Keju ini juga masuk kategori aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Parmesan

shutterstock 152999969

Bagi penikmat pasta, rasanya belum lengkap jika belum ada taburan keju parmesan. Keju bertekstur agak keras ini juga aman lho Moms untuk dikonsumsi ibu hamil.

Makin keras tekstur kejunya, makin sedikit juga risiko terkena listerianya. Dan tentunya makin aman juga dikonsumsi oleh ibu hamil.

Itulah tujuh keju yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Nah, sudah tidak khawatir lagi kan Moms? Selamat menikmati kejunya!

(AND)

Artikel Terkait