PERNIKAHAN & SEKS
22 Januari 2019

Ini 7 Tanda Pasangan Suami-Istri Butuh Konseling Pernikahan

Pasangan saling takut berbicara jadi salah satu tanda butuh konseling pernikahan
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Setiap pasangan yang menikah pasti berharap pernikahannya akan berjalan dengan harmonis seperti pernikahan ala negeri dongeng. Sayangnya, pada kenyataannya, pernikahan yang happily ever after tersebut tidak selalu ada.

Dalam rumah tangga, ada saja masalah yang membuat pasangan cek-cok. Beberapa pertengkaran bisa diselesaikan dengan baik. Tapi, ada juga pertengkaran yang tidak pernah usai bahkan membuat suami istri menjadi renggang.

Jika sudah seperti ini, konseling pernikahan bisa jadi salah satu solusi. Meskipun hal tersebut belum lazim terjadi di Indonesia, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Konseling pernikahan hadir untuk membantu Moms dan pasangan memecahkan masalah.

Baca Juga : Ini Alasan Mengapa Calon Ibu Jangan Bertengkar dengan Suami Saat Hamil

Sebenarnya, apa saja tanda-tanda pasangan butuh konseling pernikahan? Yuk kita cari tahu Moms!

Ketika Tidak Lagi Bicara

Komunikasi adalah inti dari hubungan. Ketika komunikasi sudah tidak berjalan lancar, hubungan pun akan sulit dipertahankan. Ketika pasangan sudah tidak berbicara, sebaiknya segera lakukan konseling pernikahan.

Ketika Bicara Selalu Negatif

Komunikasi negatif juga jadi salah satu tanda bahwa Moms dan pasangan harus segera melakukan konseling pernikahan. Komunikasi yang dimaksud, antara lain saling menghakimi, mempermalukan, mengabaikan, dan yang lainnya.

Terkadang, komunikasi negatif terjadi bukan karena apa yang dibicarakan. Melainkan karena cara membicarakannya. Ini masuk kategori kekerasan emosional.

Ketika Takut Berbicara dengan Pasangan

Ketika Moms atau pasangan terlalu takut untuk membicarakan sebuah masalah, itu artinya Moms dan pasangan butuh melakukan konseling pernikahan.

Menghukum Pasangan

Terkadang, secara sadar, pasangan bermasalah punya tujuan untuk menghukum pasangan. Misalnya dengan mendiamkannya, menjauhkan dari anak-anak, tidak melibatkannya dalam hal tertentu, atau yang lainnya.

Baca Juga : 4 Jenis Perselingkuhan Suami yang Patut Diwaspadai

Ketika Berencana atau Sudah Berselingkuh

Berfantasi melakukan selingkuh dengan orang lain bisa jadi sinyal bahwa hubungan Moms dan pasangan sudah tidak sehat. Apalagi kalau perselingkuhan tersebut sudah terjadi.

Perubahan Kebiasaan Seks

Jika Moms dan suami yang biasanya aktif melakukan hubungan seksual berubah jadi tidak seaktif dulu, pasti ada yang salah.

Begitu juga sebaliknya, jika Moms tidak terlalu aktif melakukan hubungan seksual tapi kemudian berubah jadi sangat aktif, pasti ada yang salah.

Meributkan Hal Kecil yang Sama Terus Menerus

Ketika Moms dan pasangan terus menerus meributkan hal kecil yang sama, inilah saatnya untuk melakukan konseling keluarga.

Itulah beberapa tanda jika Moms dan pasangan sudah membutuhkan konseling pernikahan.

(AND)

Artikel Terkait