KESEHATAN
23 Agustus 2017

Ini 8 Makanan yang Ramah Jantung

Kini, pilihan makanan untuk jantung sehat bisa Mama sisipkan dalam menu setiap harinya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor 1 di Indonesia. Penyakit ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, namun pemicu utamanya adalah pola makan yang tidak sehat seperti mengonsumsi junk food yang tidak diimbangi olahraga rutin.

Meskipun demikian, Mama bisa memulai mengubah pola makan dengan mengonsumsi makanan yang ‘ramah’ jantung seperti berikut:

  1. Blueberry

Buah dari keluarga beri ini mampu mengurangi peradangan dalam dinding arteri yang bisa meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Mama bisa mengonsumsinya secara rutin setiap hari sebanyak 250 gram.

  1. Bit

Umbi-umbian berwarna ungu ini memberikan manfaat dengan melepaskan zat berguna -- nitrit -- pada darah, memperbesar nadi, dan memperlancar aliran darah. Hal ini akan membantu para penderita darah tinggi dan kekakuan arteri.

  1. Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan seperti almon, kenari dan walnut baik untuk dijadikan cemilan. Namun sebaiknya, pilihlah kacang yang belum diberi perisa asin atau masih original sehingga manfaatnya bisa diserap tubuh secara maksimal.

  1. Ikan

Ikan kaya lemak omega seperti salmon, tuna, dan sardin baik untuk kesehatan jantung. Jenis ikan tersebut dipercaya mampu meningkatkan kapasitas jantung saat sedang berolahraga.

  1. Biji-bijian

Mengganti asupan karbohidrat Mama dengan biji-bijian utuh seperti beras merah atau gandum juga baik untuk kesehatan jantung. Biji-bijian utuh ini mengandung banyak serat dan protein yang dibutuhkan tubuh.

  1. Apel

One apple a day keeps the doctor away. Kalimat bijak tersebut tidak sepenuhnya mitos karena dalam apel terkandung quercetin dan pektin yang baik untuk jantung serta kandungan fitonutrien yang mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

  1. Bawang Putih

Bawang putih baik untuk imunitas tubuh. Selain itu, bawang putih membuat makanan semakin gurih sehingga tidak perlu ditambahi garam yang bisa menyebabkan darah tinggi. Mamapun bisa mulai mengurangi konsumsi garam demi kesehatan jantung.

Baca juga: 7 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan
  1. Teh Hijau

Selain sebagai minuman favorit, teh hijau juga terbukti menurunkan risiko penyakit jantung hingga 25 persen. Konsumsi teh hijau maksimal lima gelas selama satu hari atau bisa juga diiringi dengan perbanyak konsumsi air putih agar tidak terjadi batu ginjal.

Kini, pilihan makanan untuk jantung sehat bisa Mama sisipkan dalam menu setiap harinya. Namun, selain makanan, Mama juga wajib mengombinasikannya dengan rutin berolahraga serta menghindari rokok dan asap rokok.

(DNY)

Artikel Terkait