TRIMESTER 3
8 Oktober 2020

13 Cara Mempercepat Pembukaan Persalinan, Yuk Coba!

Ketahui cara-cara mempercepat pembukaan jalan lahir
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Menjelang usia kandungan 40 minggu, Moms pasti makin deg-degan. Kontraksi sudah mulai terasa. Pembukaan persalinan pun sudah dimulai. Ada yang cepat, ada juga yang lambat. Tapi jangan khawatir Moms, ada beberapa cara mempercepat pembukaan yang bisa Moms lakukan.

Bidan dan dokter mengatakan persalinan Moms sebenarnya dimulai ketika kita mengalami kontraksi yang teratur dan menyakitkan dan serviks kita semakin melebar dari 4 cm (1,6 inci) dan seterusnya. Ini adalah tanda-tanda bahwa Moms sedang memulai fase aktif persalinan satu. Apa itu fase 1?

"Persalinan dibagi atas 2 fase, yaitu fase laten dan fase aktif. Fase laten saat pembukaandibawah 4 sentimeter dan fase aktif saat pembukaan 4-10 sentimeter. Tidak ada batas waktu dalam fase laten," jelas dr. Muhammad Fadli, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah – Pondok Indah.

Namun, apabila persalinannya sudah memasuki fase aktif, maka tenaga medis akan menggunakan alat bantu partogram untuk memantau kemajuan persalinan. Kemajuan persalinan yang normal adalah satu cm dalam waktu 1 jam.

Baca Juga: Bocor Air Ketuban Saat Hamil, Pelajari di Sini!

Pada fase pertama mungkin akan agak mengejutkan, karena Moms akan mulai mengalami pengetatan yang cukup menyakitkan jauh sebelum mencapai titik ini. Kita juga mungkin terjaga sepanjang malam dan merasa seolah-olah persalinan telah berlangsung cukup lama. Ini sangat umum terjadi pada kehamilan pertama.

Rata-rata lama persalinan kala satu yang aktif untuk bayi pertama adalah sekitar delapan jam, tetapi bisa lebih pendek atau lebih lama. Bayi pertama biasanya membutuhkan waktu, tetapi tidak mungkin tahap pertama yang aktif akan lebih lama dari 18 jam.

Jika ini bukan bayi pertama Moms, maka mungkin mengalami persalinan yang lebih singkat daripada pertama kali, meskipun ini tidak dijamin. Bagi wanita yang pernah melahirkan sebelumnya, persalinan kala I aktif rata-rata berlangsung selama lima jam. Ini tidak mungkin berlangsung lebih dari 12 jam.

Fase mendorong persalinan (tahap kedua aktif) biasanya tidak boleh lebih dari tiga jam, atau dua jam jika Moms pernah punya bayi sebelumnya.

Ingatlah bahwa persalinan cepat belum tentu lebih baik untuk ibu atau bayi. Pekerjaan yang sangat cepat dapat menjadi tantangan fisik dan emosional. Namun, persalinan yang sangat lambat dapat menyebabkan Moms dan bayi kelelahan.

Menjelang persalinan, mulut rahim akan menjadi lunak dan melebar. Nah, masalahnya adalah tidak semua ibu hamil menjalani proses pembukaan yang cepat atau mudah. Sebagian ibu hamil mengalami proses pembukaan yang lama.

Ya, proses pembukaan mulut rahim setiap ibu berbeda. Setiap persalinan memilki keunikan masing-msing. Biasanya, ibu yang baru pertama kali menghadapi persalinan, proses pembukaan terjadi lebih lama. Berbeda dengan para ibu yang sebelumnya pernah melahirkan.

Lalu, bagaimana cara mempercepat pembukaan jalan lahir? Simak penjelasannya yuk, Moms

Cara Mempercepat Pembukaan

Di bawah ini ada beberapa cara mempercepat pembukaan kelahiran yang bisa Moms lakukan. Simak yuk!

1. Sering Jalan Kaki

Cara Mempercepat Pembukaan

Foto: Orami Photo Stock

Cara mempercepat pembukaan yang pertama adalah dengan sering jalan kaki. Di masa-masa menunggu waktu persalinan, usahakan ibu untuk sering berjalan kaki. Kenapa? Karena gabungan antara gerakan tubuh dan gravitasi akan membantu janin cepat turun ke jalan lahir.

Selain itu, tekanan pada kepala janin pada mulut rahim akan membantu mempercepat pembukaan. Jalan kaki juga membantu menstimulasi kontraksi yang kemudian mendorong proses pembukaan. Mintalah didampingi atau ditemani selama melakukan aktivitas ini agar lebih aman dan nyaman.

Baca Juga: Ini Cara Menghilangkan Rasa Sakit Kontraksi Melahirkan, Catat!

2. Mengubah Posisi

Cara mempercepat pembukaan selanjutnya adalah dengan mengubah posisi. Tetap di satu tempat tanpa banyak mobilitas mungkin merugikan kita. Moms perlu mengubah posisi atau postur agar bayi dapat bergerak ke posisi yang optimal untuk melahirkan.

Bergerak atau melakukan postur atau posisi tertentu dapat membantu bayi turun ke panggul dan menekan leher rahim.

Menurut jurnal What Factors Influence the Progression of Childbirth? Saat Moms bergerak, bayi menyesuaikan ke posisi terbaik untuk melanjutkan persalinan

3. Gunakan Ball Birth

Cara Mempercepat Pembukaan

Foto: parenting.firstcry.com

Cara mempercepat pembukaan selanjutnya adalah gunakan ball birth. Ball birth dapat membantu Moms mengurangi rasa nyeri pada punggung, saat kontraksi dan saat persalinan.

Selain itu, ball birth juga membantu menyiapkan otot tubuh untuk proses melahirkan nanti, meringankan kecemasan dan mempercepat proses pembukaan.

Cara menggunakan ball birth ini relatif gampang, yaitu posisi Moms duduk atau berjongkok di atasnya. Moms akan merasa otot panggul menjadi rileks. Agar lebih terasa nyaman dan efisien hasilnya, duduklah di atas ball birth dengan kaki terbentang. Lalu, topang punggung Moms dengan dinding atau kursi.

4. Berolahraga Ringan

Cara mempercepat pembukaan selanjutnya adalah berolahraga ringan. Selain melakukan jalan kaki dengan jarak dekat, alternatif lain yang bisa Moms lakukan adalah latihan naik-turun tangga dengan pelan dan langkah panjang.

Kemudian, berjalan lebih lebar dan lambat. Hal-hal tersebut juga membantu mempercepat proses pembukaan karena meregangkan dan melebarkan serviks.

5. Mandi Air Hangat

mempercepat persalinan

Foto: Orami Photo Stock

Cara mempercepat pembukaan selanjutnya adalah mandi air hangat. Mandi dengan air hangat dapat membantu membuat tubuh dan pikiran menjadi relaks. Dengan suasana seperti itu, Moms dapat mengurangi ketegangan tegang dan justru dapat mempercepat kontraksi dan pembukaan jalan lahir.

Selain mandi air hangat, Moms juga dapat berendam atau berbaring di bath tub air hangat. Namun, pastikan ada yang menemani atau membantu Moms ketika masuk dan keluar dari bath tub.

Suasana relaks juga bisa Moms dapatkan dengan mendengarkan musik beirama tenang. Moms juga dapat meminta suami atau seseorang untuk memijat lembut. Cara-cara seperti ini juga menghasilkan manfaat untuk mempercepat proses pembukaan persalinan.

6. Konsumsi Castor Oil

Cara mempercepat pembukaan selanjutnya adalah konsumsi castor oil. Castor oil secara tradisional diberikan untuk memulai persalinan. Campurkan dua ons minyak ini dengan jumlah yang sama dari jus jeruk dan satu sendok teh soda kue.

Minumlah setiap setengah jam, sekaligus kurangi jumlahnya menjadi satu ons. Ini mendorong dilatasi serviks dan dengan demikian merangsang kontraksi.

Mengutip buku The Birth Partner: Everything You Need to Know to Help a Woman Through, cara ini bekerja dalam hubungannya dengan hal-hal lain, seperti stimulasi puting susu, untuk mempercepat persalinan.

Baca Juga: 5 Tips Menyiapkan Diri Sebelum Persalinan

7. Minum Teh Daun Raspberry

minum teh untuk mempercepat pembukaan

Foto: Orami Photo Stock

Cara mempercepat pembukaan selanjutnya adalah minum teh daun blueberry. Teh daun raspberry segar adalah metode tradisional untuk merangsang kontraksi dan menginduksi persalinan.

Studi juga menemukan bahwa ini membantu mempersingkat persalinan kala dua. Jika Moms tidak bisa mendapatkan daun segar, coba gunakan kapsul daun raspberry.

8. Buang Air Kecil Teratur

Cara mempercepat pembukaan selanjutnya adalah buang air kecil teratur. Kandung kemih yang penuh dapat menghambat kontraksi. Hal ini menyebabkan adanya tekanan pada serviks yang bisa memperlambat pembukaan jalan lahir. Karena itu, pastikan Moms untuk secara teratur buang air kecil.

9. Duduk di Toilet

induksi persalinan cepat

Foto: momjunction.com

Cara mempercepat pembukaan selanjutnya adalah duduk di toilet. Meskipun terdengar aneh, nyatanya bisa berhasil lho Moms. Apakah Moms benar-benar menggunakan toilet untuk mengosongkan kandung kemih untuk memberi ruang bagi bayi untuk turun atau hanya duduk di atasnya, posisi ini membantu mempercepat persalinan.

10. Stimulasi Puting Susu

Cara mempercepat pembukaan selanjutnya adalah stimulasi puting susu. Salah satu cara efektif untuk melebarkan mulut rahim adalah stimulasi puting susu. Ya, cara alami ini terbukti bisa membantu proses persalinan lebih cepat karena memicu pelepasan oksitosin yang menimbulkan kontraksi rahim.

Memang tak berhubungan langsung dengan pembukaan serviks, akan tetapi stimulasi atau perangsangan untuk persalinan ini akan sangat membantu.

Stimulasi puting susu dapat dilakukan secara manual, menggunakan pompa payudara atau minta partisipasi suami. Cukup lakukan stimulasi satu puting setiap lima menit sekali, lalu istirahat sela kontraksi. Jadi, tak perlu stimulasi secara berlebihan.

11. Berhubungan Intim

seks membantu mempercepat pembukaan

Foto: Orami Photo Stock

Cara mempercepat pembukaan selanjutnya adalah berhubungan intim. Selain stimulasi puting, bisa juga dilakukan stimulasi seks atau berhubungan intim.

Ya, orgasme membuat tubuh melepasan oksitosin sehingga membantu kontraksi rahim. Zat kimia prostaglandin yang terkandung di dalam air mani ternyata membantu pelebaran serviks lebih cepat.

Baca Juga : Mengenal Gentle Birth Sebagai Metode Alternatif Melahirkan

12. Tindakan Akupresur

Cara mempercepat pembukaan selanjutnya adalah dengan akupresur. Metode akupresur berupa penekanan dengan ibu jari pada titik tertentu, yaitu di sela antara telunjuk dan ibu jari.

Titik tekanan ini membantu pelebaran serviks. Lakukan penekanan selama satu menit atau kurang, lalu istirahat selama dua menit. Kemudian, ulangi lagi hingga Moms rasa cukup.

13. Metode Medis

Cara Mempercepat Pembukaan

Foto: Orami Photo Stock

Cara mempercepat pembukaan selanjutnya adalah dengan metode medis. Bila pembukaan tak kunjung maju atau perkembangan pembukaan ternyata lama, dokter akan menyarankan konsumsi obat untuk melebarkan dan melembutkan leher rahim.

Berikut di antaranya:

  • Misoprostol merupakan prostaglandin yang mampu membuat leher rahim menjadi lembut. Misoprostol ini relatif aman dan murah.
  • Dinoprostone serupa dan juga prostaglandin. Obat ini disemprotkan ke dalam lubang leher rahim atau dimasukkan ke dalam vagina dalam bentuk supositoria.
  • Enzim hyaluronidase. Caranya, disuntikkan ke dalam leher rahim untuk melembutkan dan melebarkannya.
  • Moms juga dapat berbicara dengan dokter tentang kemungkinan pengobatan intravena (infus atau suntikan).

Nah, itulah beberapa cara mempercepat pembukaan persalinan. Semoga proses persalinan Moms berlangsung lancar dan nyaman!

Artikel Terkait