KESEHATAN
1 Agustus 2019

Ini Alasan Kenapa Es Krim Bisa Sebabkan Brain Freeze di Tubuh Kita

Berbahayakah brain freeze karena es krim?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Siapa yang tidak suka dengan es krim? Makanan satu ini selalu menjadi favorit, terlebih ketika sedang musim panas. Makan sesuatu yang dingin seperti es krim rasanya sungguh menyegarkan.

Namun, tak jarang juga banyak orang yang mengalami brain freeze atau otak terasa membeku ketika sedang makan es krim.

Pembekuan otak ini juga dikenal dengan ice cream headache atau sakit kepala es krim. Hal tersebut terjadi ketika kita mengonsumsi sesuatu yang dingin lebih cepat daripada yang bisa diproses oleh tubuh kita.

Baca Juga: Bikin Mood Anak Lebih Bahagia dengan Makan Es Krim

Mengapa Kita Mengalami Brain Freeze Saat Makan Es Krim?

brain freeze

Foto: pixabay.com

"Pembekuan otak adalah benar-benar jenis sakit kepala yang onsetnya cepat, tetapi juga cepat sembuh," Ahli Saraf Pusat Medis Wake Forest Baptist, Dwayne Godwin, Ph.D.

"Mulut kita sangat vaskularisasi, termasuk lidah. Itu sebabnya kita mengukur suhu kita di sana. Tetapi, minum minuman dingin dengan cepat tidak memberi waktu pada mulut untuk menyerap dingin dengan baik."

Baca Juga: 4 Manfaat Es Krim Untuk Anak Yang Banyak Tak Disadari Orang Tua

Ketika kita meneguk minuman yang benar-benar dingin, atau makan es krim terlalu cepat, kita dengan cepat mengubah suhu di belakang tenggorokan kita, yakni di persimpangan arteri karotis internal yang memasok darah ke otak dan arteri serebral anterior yang merupakan tempat jaringan otak.

Dr. Jorge Serrador, seorang peneliti elektronik kardiovaskular, mencatat dalam The FASEB Journal bahwa penderita migrain lebih mungkin menderita pembekuan otak setelah mengonsumsi makanan atau minuman dingin daripada orang yang tidak pernah menderita migrain.

"Beberapa hal dari apa yang terjadi selama pembekuan otak mungkin mirip dengan apa yang menyebabkan migrain," ujar Dr. Jorge.

Penyebab brain freeze tak hanya berasal dari es krim saja. Tetapi, juga dikarenakan oleh setiap rangsangan dingin yang menyebabkan nyeri saraf yang mengakibatkan sensasi otak membeku.

Baca Juga: Ternyata Kepribadian Orang Bisa Dilihat Dari Rasa Es Krim Favorit!

Menyembuhkan Brain Freeze

brain freeze

Foto: jack943.com

Walaupun tak memiliki risiko serius terhadap tubuh, brain freeze yang ditimbulkan ketika kita makan es krim akan membuat kita tak nyaman.

Brain freeze juga dapat sembuh atau hilang dengan cepat. Namun, kita bisa menyembuhkan brain freeze dengan hal yang mudah.

Artikel Terkait