BALITA DAN ANAK
30 Desember 2019

Ini Alasan Mengapa Si Kecil Bisa Mengalami Kelainan Darah

Moms, Si Kecil yang baru lahir juga bisa terkena kelainan darah. Ketahui penyebabnya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Jika berbicara tentang kelainan darah, mungkin yang pertama kali terbayangkan oleh Moms adalah penyakit anemia. Namun Moms, kelainan darah tidak hanya anemia sebab kelainan darah memiliki banyak jenis.

Kelainan darah bisa menyerang siapa saja, termasuk Si Kecil. Kelainan darah pada Si Kecil juga bisa sangat berbahaya karena dapat mempengaruhi komponen utama darah, seperti eritosit, leukosit, trombosit, dan organ tubuh yang bekerja untuk darah.

Berikut ini jenis-jenis kelainan darah dan penyebabnya yang sering terjadi pada Si Kecil.

Apa Itu Kelainan Darah?

Ini Alasan Mengapa Si Kecil Bisa Mengalami Kelainan Darah

Foto: Medical News Today

Menurut Memorial Sloan Kettering Cancer, United State, kelainan darah merupakan gangguan hematologi yang bisa mengganggu kuantitas dan fungsi darah, eritosit, leukosit, trombosit, dan organ tubuh yang bekerja untuk darah.

Baca Juga : Ini Dia Macam-Macam Kelainan Darah yang Umum Terjadi

Apa Saja Jenis Kelainan Darah Pada Si Kecil?

Ini Alasan Mengapa Si Kecil Bisa Mengalami Kelainan Darah

Foto: Lorelll

Anemia

Anemia menjadi salah satu penyakit kelainan darah yang paling umum terjadi pada Si Kecil maupun orang dewasa.

Penyebab penyakit anemia adalah jumlah sel darah merah yang rendah pada tubuh sehingga membuat tubuh Si Kecil mudah lelah, lesu, atau tampak tidak bergairah seperti anak kecil pada umumnya.

Erythroblastosis Fetalis

Kelainan darah ini biasanya diketahui pada bayi yang baru lahir. Frythroblastosis fetasis disebabkan adanya ketidakcocokan jenis golongan darah rhesus Ibu dan bayinya.

Ini juga mungkin terjadi karena rhesus darah Ibu dan Ayah yang berbeda, Ayah yang memilki darah rhesus +, sedangkan Ibu yang memiliki darah rhesus-, dan Si Kecil memiliki darah yang sama seperti sang Ayah.

Baca Juga : Ketahui Gejala dan Langkah Mencegah Anemia Pada Anak

Leukemia

Tidak hanya menyerang darah merah, kelainan darah juga bisa menyerang darah putih. Penyakit leukemia terjadi karena sumsum tulang belakang menghasilkan lebih banyak leukosit abnornal dibandingkan leukosit normal.

Jumlah ini membuat sel darah putih berlebihan dan produksei sel darah merah menurun.

Hipoglikemia

Hipoglikemia merupakan kondisi ketika kadar gula darah lebih rendah dari angka normal. Umumnya terjadi pada bayi yang dilahirkan oleh Ibu yang menderita diabetes.

Selain faktor dari sang Ibu yang memiliki diabetes, Ibu yang mengalami gizi buruk selama kehamilan juga berisiko menyebabkan Si Kecil terlahir dengan hipoglikemia.

Baca Juga : Anak Denada Mengidap Leukemia, Waspadai 5 Gejalanya Pada Anak

Jadi Moms, bisa dilihat kalau penyebab dari kelainan darah pada Si Kecil bisa berbeda-beda, bisa karena keturunan, infeksi, atau kekurangan gizi.

Oleh karena itu Moms perlu menjaga kesehatan diri sendiri dan juga kesehatan Si Kecil dengan tepat, ya.

NA/KM

Artikel Terkait