PROGRAM HAMIL
19 Mei 2020

Ini Batasan Kafein Aman Program Hamil

Ketahui batasannya untuk memperbesar peluang kehamilan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Mengonsumsi kafein mungkin merupakan salah satu kebiasaan Moms dan Dads sehari-hari. Jika biasanya Moms dan Dads bisa menghabiskan beberapa gelas kopi dalam sehari, kini saatnya untuk mengecek kembali asupan kafein harian.

Karena jika Moms dan Dads berencana untuk memiliki keturunan, maka ada baiknya mengikuti batasan kafein aman program hamil.

Berikut ini beberapa hal yang Moms dan Dads perlu ketahui mengenai kafein dan fertilitas.

Penelitian Kafein Terhadap Kesuburan

1 Penelitian Kafein Terhadap Kesuburan.jpg

Foto: StockSnap – Pixabay.com

Sebuah penelitian dalam jurnal Fertility & Sterility, mendata 344 pasangan yang sedang mencoba untuk memiliki keturunan di Texas dan Michigan.

Para subyek dalam penelitian ini perlu menuliskan setiap minuman berkafein, ikan, dan asupan alkohol setiap hari.

Para peneliti juga mendata sample urin, darah, air liur, dan air mani. Subyek wanita juga perlu melakukan tes kehamilan secara berkala.

Hasilnya, wanita yang mengonsumsi tiga atau lebih minuman berkafein sehari mengalami peningkatan keguguran hingga 74%. “Penelitian kami ini juga mengindikasikan bahwa (asupan kafein) pria pun juga sama pentingnya.

Baca Juga: Benarkah Bayi ikut Terpapar Kafein Jika Busui Hobi Minum Kopi?

Pria yang mengonsumsi minuman berkafein sebelum program hamil juga kuat hubungannya dengan keguguran wanita,” ungkap ketua peneliti dari National Institute of Child Health and Human Development, Germaine Buck Louis, seperti dikutip dari today.com.

Menurut penelitian ini, batasan kafein aman program hamil adalah satu hingga dua gelas per hari.

Pengaruh Kafein Pada Pria

2 Pengaruh Kafein Pada Pria.jpg

Foto: StockSnap – Pixabay.com

Selain penelitian di atas, studi lain juga melihat batasan kafein aman program hamil, terutama pada pria.

Dikutip dari fatherly.com, penelitian yang diterbitkan tahun 2010 dalam jurnal American Journal of Epidemiology mencoba meneliti bagaimana kebiasaan mengonsumsi minuman berkafein pria akan berdampak pada jumlah dan kualitas sperma.

Minuman berkafein yang masuk dalam penelitian ini, tidak hanya kopi saja, tapi juga teh, coklat, dan beberapa jenis soda (cola).

Hasilnya, dari 2.500 pria Denmark yang menjadi subyek penelitian, 700 subyek menyebutkan bahwa mereka mengonsumsi delapan atau lebih kopi setiap hari.

Kebiasaan tersebut rupanya menurunkan jumlah serta kualitas sperma, yang pada akhirnya mengganggu fertilitas pria dan menurunkan peluang kehamilan wanita.

Baca Juga: 5 Tipe Kafein dan Pengaruhnya pada Produktivitas Kerja

Batasan Kafein Aman Program Hamil

3 Batasan Kafein Aman Program Hamil.jpg

Foto: Rachel Scott – Pixabay.com

Melihat banyaknya penelitian menghubungkan kafein dengan infertilitas, beberapa pasangan seringkali memutuskan untuk menghindari konsumsi kafein sama sekali.

“Dan yang biasa akhirnya terjadi adalah wanita akan mulai mengalami sakit kepala karena berhenti minum kopi dan minum obat pereda sakit kepala. Padahal, obat-obatan tersebut mungkin berbahaya,” ungkap Dr. Zev Williams dari Albert Einstein College of Medicine sekaligus juru bicara American College of Obstetricians & Gynecologists, seperti dikutip dari today.com.

Sehingga tidak perlu sepenuhnya menghilangkan konsumsi kopi jika hal tersebut sudah menjadi kebiasaan sehari-hari, cukup mengikuti batasan kafein aman program hamil.

Baca Juga: Carob, Alternatif Cokelat Tanpa Kafein

Dikutip dari Mayo Clinic, kesuburan wanita tampaknya tidak akan terpengaruh oleh asupan kafein di bawah 200 mg per hari.

Untuk itu, pertimbangkan batasan kafein program hamil bagi Moms dan Dads hanya satu atau dua cangkir kopi saja setiap harinya, untuk meningkatkan peluang kehamilan.

Artikel Terkait