TREN
15 Oktober 2017

Ini Cara Memasak Ayam Goreng agar Matang Merata

Kendala yang sering dihadapi saat memasak ayam goreng adalah bagian dalamnya belum matang. Coba tips ini.
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Menu ayam goreng seringkali jadi favorit keluarga, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Namun, ada kendala yang sering dihadapi saat memasak ayam goreng, yakni daging bagian dalamnya belum benar-benar matang. Bahkan, terkadang masih ada darahnya. Padahal, mengonsumsi daging ayam setengah matang itu berbahaya, lho, Ma.

Nah, coba lakukan tips ini agar Mama tahu cara memasak ayam goreng hingga matang sempurna:

  1. Sesuaikan Daging Ayam dengan Suhu Ruang

ayam goreng ayam mentah

Sebelum meracik dan menggoreng ayam, pastikan suhu daging ayam sesuai suhu ruang. Jangan menggoreng ayam langsung setelah keluar dari freezer karena akan menyebabkan bagian dalam daging ayam susah matang. Akibatnya, bagian luar gosong, tapi bagian dalamnya masih agak mentah.

  1. Tusuk-tusuk Daging Ayam

ayam goreng tusuk daging

Jika ayam sudah sesuai dengan suhu ruang, tusuk-tusuklah daging ayam dengan garpu. Selain agar bumbu lebih meresap ke dalam daging, proses menusuk daging ayam ini akan membuat panas minyak masuk merata ke dalam daging ayam.

  1. Gunakan Minyak yang Banyak dan Baru

ayam goreng menggoreng ayam

Ketika menggoreng ayam, pastikan setengah bagian ayam sudah terendam minyak. Dengan begitu, proses pematangan ayam akan merata. Jangan gunakan minyak bekas karena selain tidak sehat, minyak bekas akan membuat daging ayam bagian luar lebih cepat berwarna cokelat.

  1. Gunakan Api Kecil

ayam goreng api kecil

Saat menggoreng ayam, sebaiknya gunakan api kecil agar proses pematangan berjalan secara lambat dan sempurna. Jika Mama menggunakan api besar, bagian luar ayam akan gosong terlebih dahulu bahkan sebelum bagian dalam matang.

Dengan cara tadi, Mama akan sukses membuat ayam goreng yang matang merata. Mama punya tips lain terkait memasak ayam goreng? Bagikan di kolom komentar, ya, Ma!

Baca juga: Korean Sweet & Spicy Finger Lickin' Fried Chicken

(SER)

Artikel Terkait